Tuesday, July 10, 2018

Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli, Fungsi, Tujuannya

Kenapa ada Manajemen, apa tujuan dan fungsi dari administrasi ? Itulah mungkin ada sebagian yang hanya memandang sebagai urusan orang-orang yang bergelut di bidang ekonomi. Orang awam pada umumnya tidak perlu tahu akan hal tersebut. Padahal apa salahnya kalau semua orang mengetahui mengenai pengertian administrasi dan peranan utama manajemen. Secara etimologi, Kata Manajemen berasal dari Bahasa Inggris  yaitu Manage yang artinya yaitu mengelola, mengendalikan, mengusahakan, dan juga mengurus atau memimpin. Ada pula yang menyampaikan bahwa Kata administrasi berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare artinya  “mengendalikan,”. Sebenarnya dalam konteks ini maksud mengendalikan yaitu mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti “tangan”. Selanjutnya, Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang mempunyai arti seni melakukan dan mengatur.


Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada dua pengertian umum manajemen. Pengertian manajemen yang pertama yaitu penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran. Pengertian kedua mengandung arti pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Bisa dilihat ya, dari pengertian-pengertian secara asal kata maupun KBBI bahwa memahami administrasi dan peranan utamanya sangat penting bagi kehidupan, apalagi kalau melihat pengertian pertama administrasi menurut KBBI.


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


 Itulah mungkin ada sebagian yang hanya memandang sebagai urusan orang Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuannya


Untuk lebih meyakinkan lagi mengenai pengertian manajemen, mari kita lihat definisi administrasi yang dikemukakan oleh para ahli. Pada goresan pena ini akan ditampilkan lima orang ahli.



  1. George R. Terry : Manajemen yaitu adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan memakai insan dan sumber daya lainnya.

  2. Koontz : Manajemen yaitu suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu,  ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing masing saling melengkapi.

  3. Stoner : Manajemen yaitu sebuah proses dalam menciptakan suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin aneka macam perjuangan dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

  4. Lawrance A Appley : Manajemen yaitu sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilaksanakan dengan perjuangan orang yang lain

  5. Wilson: Manajemen yaitu sebuah rangkaian tindakan tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Prosess merupakan suatu rangkaian acara yang dijalankan dengan sistematis.


Setelah kita memahami arti-arti manajemen, kemudian apa bahwasanya fungsi administrasi itu sendiri dalam kehidupan? Ada empat fungsi utama administrasi yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), directing (pengarahan) dan controlling (pengendalian). Planning yaitu sebuah acara menyusun rencana-rencana guna mencapai sasaran yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan dari awal memulai acara yang lain. Tanpa perencanaan matang suatu kegiatan akan berjalan tanpa hukum yang jelas.


Baca juga : Pengertian malwar dan cara mengatasinya


Selanjutnya pengorganisasian sumber daya insan yang ada. Masing-masing individu mempunyai kemampuan yang bebeda, dengan hal ini akan terang garis kewenangan masing-masing orang. Setelah ada pembagian kiprah dari masing-masing individu, untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja harus ada sebuah pengarahan entah dari atasan maupun orang yang lebih ahli. Selanjutnya dikala individu tersebut sudah jago pengendalian atau kata lain dari pengawasan suatu kinerja dilakukan. Pengawasan bukan hanya bisa dilakukan oleh orang lain namun pada diri masing-masing individu juga sangat diharapkan alasannya yang bahwasanya mengetahui kemampuan langsung seseorang yaitu ia sendiri. Makara sebelum orang lain mengevaluasi kita, evaluasilah diri kita sendiri.


Baca juga : Pengertian Router dan Fungsinya


Mudahnya, administrasi berperan sangat penting alasannya dengan cara tersebut segala hal sanggup diatur lebih baik. Segala kegiatan akan dirasa lebih efektif dan efisien. Pada dasarnya pekerjaan yang berat akan terasa ringan kalau dikerjakan bersama-sama. Agar tidak ada bentrokan pembagian kerja antara satu orang dengan yang lain, tentu dilakukan pembagian tanggung jawab kerja dengan melihat kinerja dan potensi yang dimiliki dan dalam hal ini kiprah administrasi berjalan. Tentunya sehabis itu akan mengurangi bahkan menghindari pemborosan baik pemborosan waktu, tenaga maupun materi.


Semoga pembahasan di artikel ini mengenai pengertian administrasi dan peranan utama administrasi sanggup menciptakan pembaca lebih paham mengenai manajemen. Selamat mengaplikasikan di kehidupan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com