Sunday, July 15, 2018

Pengertian Dns Server Dan Fungsinya

Ketika menggunakan internet, mungkin kita tidak pernah memikirkan semua sistem didalamnya. Padahal untuk menghasilkan jaringan internet yang bagus, ada banyak pengaturan yang harus dilakukan. Salah satunya ialah DNS atau Domain name system. DNS membantu kita lebih gampang dalam terusan jaringan internet. Seperti membuka browsing, web server, email dan masih banyak lainnya. Supaya anda lebih paham, kita akan membahas perihal pengertian DNS server dan fungsinya dengan lengkap.


Pengertian DNS Server


Dalam kerjanya DNS server harus bekerjasama dengan IP address. Akhirnya DNS server juga bekerjasama dengan DHCP server. Lalu apa itu dns server? DNS merupakan sistem yang dipakai untuk menyimpan nama host atau nama domain yang berbentuk basis data di jaringan komputer. DNS juga sanggup diartikan sebagai distribusi sistem database yang berfungsi untuk mencari nama perangkat pada jaringan internet yang menggunakan TCP/IP.


 mungkin kita tidak pernah memikirkan semua sistem didalamnya Pengertian DNS Server Dan Fungsinya


Sedangkan DNS server merupakan sistem server yang berperan mendapatkan usul dari client untuk tahu alamat IP yang dipakai domain. Misalnya pada domain google. Com. Dengan menggunakan tool ipadress.com ditemukan IP address google ialah 172.217.21.206.


Fungsi DNS Server


Setelah membahas perihal pengertian DNS server, kita bahas perihal fungsi dari DNS server. DNS dan DNS server mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini :




  • Fungsi DNS (domain name sistem)




o  DNS dipakai untuk menerjemahkan hostname jadi alamat IP atau sebaliknya. Hal ini dipakai supaya, kita lebih gampang untuk mencari alamat website. Tak perlu memasukkan IP tapi cukup menggunakan hostname.


o  DNS berfungsi mengetahui isu lengkap perihal hostname. Seperti alamat lokasi server, alamat IP, waktu dipakai dan lainnya.




  • Fungsi DNS Server




DNS server dipakai untuk database server daerah menyimpan alamat IP, yang nantinya untuk penamaan hostname. Misalnya kita mengetik google.com, DNS server eksklusif menerjemahkan alamat ip address dan dihubungkan ke google,com. Kaprikornus anda tak perlu memasukkan alamat IP, hanya untuk mencari website tertentu. Cukup masukan hostnamenya saja.


 mungkin kita tidak pernah memikirkan semua sistem didalamnya Pengertian DNS Server Dan Fungsinya


Kelebihan DNS (domain Name server)


Sudah banyak orang yang menggunakan dns, sebab memang membantu dalam penggunaan jaringan internet. Berikut ini kelebihan dns yang harus anda ketahui:


o  Dns gampang dipakai sebab pengguna tidak harus mengingat ip address di komputer. User cukup mengingat hostname saja.


o  Lebih konsisten, sebab jikalau menggunakan alamat ip gampang berubah sedangkan hostname tidak sanggup di ubah.


o  Konfigurasi lebih mudah, tidak perlu menggunakan langkah rumit atau mengingat angka yang panjang


Selain kelebihan dns juga mempunyai kekurangan. Kekurangannya pengguna tidak sanggup menggunakan nama yang banyak untuk mencari domain di internet. Tapi kekurangan ini, tidak menciptakan kelebihan dns hilang. Banyak orang yang memakainya untuk mempermudah berselancar di dunia maya.


Cara Membuat DNS Server Sendiri


Mungkin anda bertanya, apakah kita sanggup menciptakan DNS server sendiri? Jawabanya bisa. Caranya dengan menggunakan modem atau router milik sendiri. Anda sanggup melaksanakan pengaturan DNS server di internet protocol. Untuk melaksanakan pengaturan, anda harus tahu alamat IP dari LAN dan subnet masknya. Anda sanggup mengecek alamat IP dibagian belakang router atau modem anda. Misalnya subnet mask 255.255.255.0 dan ip address 192.168.20.1


o  Masuk ke pengaturan internet protocol versi aon 4 (TCP/Ipv4) properties


o  Isi pecahan ip address dan subnet masknya


o  Klik advance.


o  Pilih sajian DNS dan klik add


o  Masukan 192.168.20.1 dan klik ok


Jika sudah dilakukan pengaturan, cobalah untuk mengetes di laptop lain. Jangan lupa untuk melaksanakan pengaturan diperangkat client juga, dengan cara yang sama. Jika sudah terhubung, cobalah melaksanakan browsing. Jika muncul alamat website menyerupai pada umumnya berarti pengaturan anda berhasil.


Dulu sebelum ada dns, penamaan dilakukan secara manual oleh klien dengan menggunakan HOSTs. Tapi dengan adanya dns, semuanya lebih mudah. Proses pencarian pun lebih cepat, sanggup dengan cara rekursif atau iterative. Itulah sedikit klarifikasi yang sanggup kami berikan perihal pengertian dns server dan fungsinya. Semoga sanggup menunjukkan isu yang bermanfaat buat anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com