Friday, June 29, 2018

Pengertian Https, Fungsi Dan Kelebihannya

Hypertext Transfer Protocol Securre atau disingkat HTTPS; merupakan kombinasi dari sistem HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dengan teknologi SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Dengan penggunaan SSL/TLS sebagai sublayer dibawah layer aplikasi HTTP; sistem HTTPS yang ditemukan oleh Netscape Communication Corporation ini mempunyai kelebihan fungsi dalam bidang keamanan. Untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan pengertian dan fungsi HTTPS secara lebih rinci.


Pengertian HTTPS


Seperti telah disebutkan diatas, pengertian HTTPS merupakan kombinasi antara HTTP dengan teknologi SSL atau TLS. Pengertian HTTP sendiri merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang memakai hipermedia untuk mendistribusikan sistem infomasi secara kolaboratif. HTTP mengatur komunikasi antara client dengan web server dalam suatu jaringan, sehingga sanggup saling berinteraksi dan melaksanakan pertukaran data dan informasi. HTTP merupakan format standar yang umum dipakai dalam menciptakan situs, biar sanggup diakses melalui browser komputer client.


HTTPS juga mempunyai pengertian yang sama dengan HTTP, namun dikombinasikan dengan SSL/ TSL. Sehingga komunikasi antar client dengan web server yang dilakukan melalui HTTPS, akan dienkripsi dan dideskripsi untuk tujuan keamanan. Dengan demikian data-data yang dikirim atau diterima oleh client atau server akan kondusif dan sulit dibaca oleh h4ck3r. Selain itu kerahasiaan serta integritas data juga akan terjamin.


Fungsi HTTPS


Secara umum HTTPS mempunyai fungsi yang sama menyerupai HTTP yaitu mengatur komunikasi atara client dengan server dalam suatu jaringan. Secara khusus, fungsi HTTPS ialah untuk menjaga keamanan data, baik data yang dikirimkan/ diterima oleh client maupun data yang diterima/ dikirimkan oleh server. HTTPS mencegah pencurian data-data tersebut dari para h4ck3r yang berusaha mendapatkannya secara ilegal. Selain itu, HTTPS juga berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya error atau kerusakan data, yang disebabkan oleh penggagalan koneksi data yang dilakukan h4ck3r.


Baca juga :



Contoh pengaplikasian fungsi https contohnya saat mengakses situs jual beli atau toko online. Ketika anda melaksanakan transaksi pembelian barang, maka semua data yang anda inputkan ke halaman situs yang memakai protokol https tersebut akan terjammin keamanannya. Contohnya username serta password yang anda masukkan akan dienskripsi, diacak menjadi suatu isyarat yang tidak akan sanggup dibaca insan tanpa deskripsi yang tepat.  Demikian pula data yang dikirimkan oleh situs kepada kita, akan dienskripsi sehingga tidak akan sanggup dicuri oleh h4ck3r. Namun kita sanggup membacanya, alasannya ialah protokol telah melaksanakan deskripsi pada data tersebut sebelum diterima oleh kita.


Kelebihan memakai HTTPS


Seperti disebutkan dalam pengertian dan fungsi https sebelumnya, penggunaan protokol https menjamin keamanan data dan isu yang dikomunikasikan antara client server dalam suatu jaringan.  Sebab data  yang dikirimkan/ diterima oleh client/ server akan dienskripsi/deskripsi oleh protokol ini sebelum ditransmisikan. Dengan demikian h4ck3r tidak akan sanggup mencuri data tersebut dan transaksi online yang dilakukan pun menjadi lebih aman.


Hypertext Transfer Protocol Securre atau disingkat HTTPS Pengertian HTTPS, Fungsi dan Kelebihannya


Selain itu browser akan menyematkan ikon keamanan pada situs yang memakai protokol https, dengan demikian akan meningkatkan doktrin penggunanya.  Google juga lebih mengutamakan situs yang memakai protokol https dalam menampilkan hasil pencarian melalui mesin pencari google.


Untuk mengetahui apakah suatu situs memakai protokol https atau tidak, sanggup kita lihat melalui ulr  situs tesebut dalam web browser. Ketika memakai protokol https, maka url-nya akan tertulis: https://namadomain. Beberapa pola situs yang memakai http secure contohnya media umum menyerupai Facebook (https://facebook.com), situs perbankan menyerupai BRI (https://ib.bri.co.id), dan lain sebagainya. Demikian artikel mengenai pengertian https dan fungsi https ini, semoga bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com