Thursday, June 21, 2018

√ Gangguan Kesehatan Yang Diturunkan Secara Genetik

Gangguan kesehatan sanggup terjadi dari beberapa faktor salah satunya genetik. Gangguan kesehatan genetik disebabkan oleh gangguan gen yang diturunkan dari orangtua kepada anak.  Jenis gangguan genetik mencakup hemofilia, penyakit huntington, anemia sel sabit, down syndrom dan lainnya.


Go DokGangguan kesehatan sanggup berfaktor dari mana saja, termasuk dari genetik. Gangguan kesehatan genetik disebabkan oleh keanehan dalam DNA seseorang yang mengalami mutasi atau perubahan.


Mutasi gen ini diturunkan dari salah satu atau kedua orangtua. Mari kita kenali apa saja gangguan kesehatan yang diturunkan secara genetik di bawah ini!


Gangguan Gen


Gangguan kesehatan genetik disebabkan oleh gangguan gen yang diturunkan dari orangtua kepada anak. Terdapat tiga jenis gangguan gen, yaitu:


1. Gangguan Gen Tunggal


Gangguan gen ini disebabkan oleh kecacatan dalam satu gen tertentu. Gangguan gen tunggal terbagi lagi menjadi tiga jenis:



  • Gangguan gen dominan, yaitu gangguan gen tunggal yang terjadi saat seseorang mempunyai satu gen sehat dan satu gen yang berubah dari gen sebelumnya

  • Gangguan gen resesif. Gangguan ini terjadi jikalau seseorang mempunyai dua salinan gen yang berubah dari gen sebelumnya

  • Gangguan gen tautan kromosom X, yaitu gangguan yang terjadi lantaran adanya perubahan gen dalam kromosom X. Laki-laki, yang hanya mempunyai satu kromosom X, lebih umum mengalami gangguan ini.


2. Gangguan Kromosom


Gangguan gen ini disebabkan oleh hilangnya kromosom atau bagian-bagian dari kromosom, menciptakan perubahan nomor dan struktur kromosom itu sendiri. Contohnya ialah gangguan kesehatan Down’s syndrome.


3. Gangguan Multifaktorial atau Gangguan Kesehatan Kompleks


Perubahan dalam banyak gen sanggup menjadikan gangguan gen ini. Biasanya, gangguan ini juga dipengaruhi oleh lingkungan dan gaya hidup, menyerupai contoh makan dan asap rokok.


Gangguan Kesehatan Genetik


Berdasarkan pemaparan di atas, penyebab utama dari gangguan kesehatan genetik ialah gangguan pada gen. Apa sajakah jenis-jenis gangguan kesehatan genetik tersebut? Mari kita simak di bawah ini.



  • Hemofilia


Hemofilia ialah penyakit darah yang menjadikan pendarahan abnormal, lantaran proses pembekuan darah yang cenderung buruk. Gejalanya ialah pendarahan yang berlebihan, serta kulit yang gampang memar. Gangguan kesehatan ini, selain sanggup diturunkan oleh orangtua kepada anak, juga sanggup disebabkan oleh mutasi spontan, yaitu perubahan dalam gen.



  • Penyakit Huntington


Gangguan kesehatan ini ialah gangguan kemunduran kerja otak yang menjadikan hilangnya kemampuan berjalan, berbicara, berpikir, dan beralasan. Kapasitas ingatan jangka pendek penderita akan terganggu. Penderita pun akan rentan terjangkit depresi, sulit berkonsentrasi dan mengumpulkan fokus. Biasanya, gangguan kesehatan ini terjadi di kitaran usia 30 sampai 45 tahun; paling mungkin diturunkan dari keturunan yang memang membawa  gangguan gen penyebab penyakit ini.



  • Anemia Sel Sabit


Anemia sel sabit ialah gangguan pada darah yang menjadikan seluruh sel darah berubah bentuk saat berada dalam kondisi tertekan, serta memengaruhi molekul hemogoblin. Hemoglobin yang terjangkit gangguan ini menjadi defektif. Sel darah para pengidap gangguan ini tidak sanggup mengalir melalui pembuluh darah yang kecil; menggumpal dan menyumbat organ dan jaringan yang dialiri darah pembawa oksigen.



  • Down’s Syndrome


Gangguan ini ialah salah satu gangguan kromosom yang paling sering ditemukan. Penderita Down’s syndrome memiliki kelebihan satu sel dalam kromosom mereka, yang harusnya 46, menjadi 47 kromosom, serta mengalami banyak sekali disabilitas. Selain itu, gangguan kesehatan ini juga menjadikan dilema bagi perkembangan dan sikap anak yang mengidapnya. Ciri fisik penderita Down’s syndrome adalah kepala kecil dan leher pendek, serta posisi mata miring ke atas.


Itulah beberapa jenis gangguan kesehatan yang diturunkan secara genetik. Semoga bermanfaat, ya!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


VD/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm