Tuesday, August 28, 2018

√ Manfaat Baking Soda Untuk Meredakan Rematik

Manfaat baking soda untuk kesehatan khususnya untuk meredakan rematik tidak semua orang mengetahuinya. Namun, ternyata baking soda sanggup meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit inflamasi, salah satunya yakni artritis rematoid atau rematik.


Go DokPasti indera pendengaran anda sudah tidak absurd dengan penyakit rematik. Penyakit yang umum diderita oleh masyarakat Indonesia ini seringkali menyerang persendian tangan dan kaki.


Tidak sedikit yang menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang cukup menjengkelkan. Pasalnya, para penderita rematik akan mencicipi  sensasi kaku, tidak nyaman, dan nyeri di area tertentu.


Hal ini tentu akan menghambat acara sehari-hari. Pada beberapa kasus, rematik juga sanggup menjadi lebih parah dan menyerang kepingan sensitif menyerupai mata, dan bahkan organ dalam menyerupai paru-paru.


Apa yang menyebabkan rematik? Mitos dan fakta


Banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa rematik dipicu oleh kebiasaan seseorang mandi pada malam hari. Lalu, apakah itu benar?


Faktanya, hal ini hanyalah mitos belaka. Rematik atau yang dekat disebut sebagai artritis rematoid tidak ada hubungannya sama sekali dengan kebiasaan mandi seseorang pada malam hari.


Mitos tersebut muncul dari rasa kaku yang dirasakan sebagian orang pada zaman dulu sehabis mandi di malam hari. Padahal hal ini bukanlah tanda-tanda rematik, melainkan sensasi kaku pada otot seseorang dikala tidak tahan terhadap cuaca dingin.


Artritis rematoid muncul alasannya ialah sistem kekebalan badan yang berbalik menyerang sel normal badan di kawasan persendian, yang lalu mengakibatkan peradangan sendi. Penyebab lain artritis rematoid yang diketahui ialah faktor genetik, merokok, banyaknya timbunan hasil metabolisme purin di kawasan persendian, dan obesitas.


Nah, ini beliau alasan mengapa banyak orang yang kegemukan mengeluhkan rasa sakit di persendiannya. Kelebihan berat yang ditumpu oleh persendian sanggup mengakibatkan peradangan pada area sendi.


Penjelasan manfaat baking soda untuk meredakan rematik


Baking soda atau soda camilan bagus merupakan salah satu materi masakan yang biasa dipakai untuk berbagi kue. Namun ternyata baking soda mempunyai manfaat lebih bagi kesehatan.


Penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh Paul O’Connor, peneliti dari Medical College of Georgia, Augusta University, mengatakan bahwa dengan mengonsumsi larutan baking soda sanggup meningkatkan kekebalan badan terhadap aneka macam penyakit inflamasi, salah satunya yakni artritis rematoid atau rematik.


Demi mendapat hasil yang pasti, O’Connor dan koleganya bereksperimen pada tikus dan eksklusif pada manusia. Dalam eksperimen tersebut ditemukan suatu perubahan. “Perubahan profil inflamasi ke anti-inflamasi sedang terjadi dimana-mana. Kami melihatnya di ginjal, limpa, sekarang kami melihatnya di darah perifer.” ujar Paul O’Connor.


Terbukti sehabis partisipan eksperimen meminum larutan baking soda, terdapat penurunan jumlah makrofag pro-inflamasi pada ginjal. Hal ini disertai dengan meningkatnya sel anti-inflamasi pada organ tersebut. Dengan kondisi demikian sistem imun badan sanggup melawan penyakit inflamasi, menyerupai rematik, dengan lebih baik.


Aturan Konsumsi


Setelah mengetahui manfaat baking soda untuk meredakan rematik, tentunya ada hukum konsumsi yang harus Anda patuhi. Anda tidak perlu khawatir. Baking soda atau sodium bikarbonat yang dipakai dalam eksperimen ini ialah standar yang dijual secara bebas di aneka macam toko kue. Harganya pun sangat terjangkau. Makara anda tidak akan kesulitan untuk mencoba cara ini.


Cara mengonsumsi baking soda untuk meredakan rematik bergotong-royong sangat sederhana. Cukup larutkan 1 sendok teh baking soda ke dalam 1 gelas air minum. Namun pada tahap awal, dimulai dengan takaran terkecil dahulu, yaitu ¼ sendok teh, dan sanggup ditingkatkan perlahan sampai mencapai 1 sendok teh.


Dengan konsumsi rutin maka tanda-tanda rematik akan segera berkurang. Rasa nyeri dan kaku akan menghilang. Aktivitaspun akan kembali lancar.


Nah, itu tadi klarifikasi lengkap seputar manfaat baking soda untuk meredakan rematik yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya, supaya bermanfaat!


 


Baca juga:



Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm