Sunday, August 5, 2018

√ Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beri Anak Finger Food

Finger food bisa mulai diberi ke anak sehabis ia berusia 6 bulan. Apalagi, ketika berlatih mengonsumsi finger food pada dasarnya ada kemampuan anak yang sedang berkembang, Bun. Boleh-boleh saja Bunda mencoba mengenalkan anak finger food, tapi perhatikan dulu beberapa hal ini ya.


Seperti dirangkum HaiBunda, berikut ini 5 hal yang perlu Bunda perhatikan ketika hendak beri si kecil finger food. Mari disimak, Bun.


1. Tanda anak siap sanggup finger food


Ahli nutrisi Crystal Karges menyampaikan bayi disebut sudah siap menerima finger food ketika mereka sudah bisa duduk berdikari dan tegak untuk menghindari risiko tersedak. Kemudian, mereka bisa mengambil sesuatu menggunakan tangannya dengan baik kemudian memasukkan ke mulut. Bahkan, kadang anak yang sudah siap mendapat finger food terlihat ingin sekali ketika melihat orang tuanya makan, Bun.


“Kadang orang bau tanah khawatir. Sebagai orang bau tanah percayalah pada insting kita. Ketika kita memperlihatkan anak finger food dan mereka belum siap biasanya mereka akan mendorong masakan itu dengan pengecap mereka,” tutur Crystal.


2. Apa finger food terbaik?


Crystal merekomendasikan pisang, kentang kukus, alpukat bahkan scrambled egg sebagai finger food. Jangan lupa beri anak finger food yang bervariasi untuk menekan kemungkinan anak menjadi picky eater. Kita juga bisa lho, memberi finger food pada bayi berupa buah yang dipotong-potong. Jangan lupa untuk menghindari risiko tersedak beri masakan dengan penggalan yang nggak terlalu kecil.


“Hindari anggur utuh, tomat ceri utuh, kacang, roti kering keras dan masakan berbentuk koin utnuk mengurangi risiko tersedak,” ujar Crystal.


3. Ingat nutrisi finger food


Ingat, Bun, finger food hanyalah masakan pelengkap. Artinya, kita tetap perlu memastikan si kecil menerima nutrisi seimbang yakni mengandung 4 bintang ialah kacang-kacangan, protein hewani, karbohidrat dan buah serta sayur. Apalagi, ketika awal makan finger food anak cenderung nggak menghabiskan masakan yang diberikan kan, Bun?


4. Nggak melulu diberi dikala usia anak 6 bulan


Ketika anak berusia di atas 6 bulan dan belum bisa diberi finger food, nggak masalah, Bun. Biasanya di umur 9 bulan si kecil sudah bisa memegang sesuatu sampai ia mulai bisa memegang makanannya sendiri.


Di usia 9 bulan bayi sudah menyebarkan keterampilan motorik halus sehingga mempunyai kemampuan untuk menciptakan gerakan kecil yang sempurna menyerupai memegang penggalan kecil masakan dan makan sendiri.


Bayi akan memegang masakan antara jari telunjuk dan juga jempolnya dengan cara menjepit. Cara makan ini juga sekaligus menyebarkan kemampuan motorik serta kemandirian bagi bayi.


5. Tetap awasi bayi


“Jangan pernah tinggalkan bayi tanpa pengawasan dan pastikan mereka selalu duduk tegak,” jar Crystal. Bagaimanapun, dikala makan finger food bayi sedang dalam proses belajar, Bun. Sehingga, akan lebih kondusif ketika kita menghindari risiko yang bisa berbahaya bagi anak.


Sumber: haibunda.com


Content partner pada dasarnya ada kemampuan anak yang sedang berkembang √ Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beri Anak Finger Food


Sumber https://www.go-dok.comm