Sunday, August 19, 2018

√ Manfaat Dan Ancaman Sering Konflik Dengan Pasangan

Sering konflik dengan pasangan? Ternyata ada manfaat dan ancaman dari kondisi ini tergantung perdebatan yang Anda alami termasuk ke dalam perdebatan yang sehat atau tidak sehat. Biasanya konflik yang sehat disertai dengan harapan untuk menuntaskan masalah.


Go DokKonflik dan perdebatan sering kali dikaitkan dengan hal-hal tidak baik dan sesuatu yang harus dihindari dalam suatu kekerabatan khususnya percintaan. Banyak orang yang berpandangan bahwa banyaknya konflik merupakan menunjukan ker2etakan dalam suatu kekerabatan yang memperlihatkan bahwa kekerabatan tersebut sedang dalam persoalan atau bahkan perlu diakhiri. Benarkah demikian?


Berikut klarifikasi manfaat dan ancaman sering konflik dengan pasangan yang harus Anda tahu!


Namun penelitian menyatakan bahwa terjadinya konflik dan perdebatan justru sanggup memfasilitasi percakapan antara dua eksklusif disertai dengan meningkatnya kesadaran diri dari masing-masing pihak. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui bahwa terkadang sering konflik dengan pasangan sanggup jadi malah berakibat baik bagi kedua belah pihak yang terkait.


Perlu diperhatikan juga bahwa intinya konflik sanggup terbagi atas dua kategori utama yaitu konflik yang sehat dan yang tidak sehat. Dilansir dari Refinery29, berdasarkan Dr. Jane Greener PhD,  spesialis dalam bidang kekerabatan berbasis di New York, konflik atau perdebatan yang sehat mempunyai alasan utama mengapa hal tersebut sanggup terjadi, dan biasanya justru melibatkan lebih sedikit perasaan murka sebab yang dipertentangkan ialah nilai-nilai tertentu dari masing-masing eksklusif ibarat bagaimana cara hidup, bagaimana cara membesarkan anak dan lain sebagainya.


Konflik yang sehat juga biasanya disertai harapan untuk menuntaskan persoalan dari kedua belah pihak. Penyelesaian sanggup dicapai dengan melaksanakan kompromi atas nilai masing-masing eksklusif tadi, yang berarti adanya rasa menyerah serta empati atas pasangan.


Sebaliknya konflik yang tidak sehat lebih banyak dikuasai perasaan murka serta tidak ada harapan dari kedua belah pihak untuk menuntaskan kontradiksi tersebut. Dr. Greener juga beropini bahwa konflik yang tidak sehat juga sering kali disertai kata-kata berangasan yang merendahkan dan saling tunjuk-menunjuk kesalahan pasangan masing-masing dengan banyak memakai pernyataan “Karena kau melaksanakan ini, kau melaksanakan itu.” Serta pernyataan lainnya, bahkan pada kasus yang lebih parah konflik juga sanggup disertai kekerasan.


Sering Konflik yang tidak sehat sangat berbahaya bagi semua pasangan, sebab kecenderungannya yang tidak terselesaikan, konflik ini sanggup jadi terbawa-bawa atau kembali diungkit jikalau dikemudian hari terdapat konflik lainnya meskipun antara satu konflik dengan konflik lainnya sangat tidak berhubungan. Untuk mengatasinya dibutuhkan janji atau kerelaan salah satu pihak untuk menghentikan bundar perdebatan tersebut.


Penyelesaian konflik sanggup dimulai dengan duduk bersama pasangan dan pikirkanlah ulang mengapa perdebatan bahu-membahu terjadi. Jangan memaksakan pasangan untuk menyetujui semua hal yang Anda setujui atau inginkan namun cobalah melihat dari sisi pasangan Anda dan ingat bahwa sesungguhnya kebahagiaan pasangan Anda sama pentingnya dengan kebahagiaan Anda sendiri.


Bagi pasangan yang tetap tidak menemukan jalan keluar bahkan sehabis diskusi panjang, ada baiknya untuk mencari pertolongan melalui pihak luar. Pilihlah pihak-pihak yang sekiranya mumpuni dalam memperlihatkan solusi ibarat konselor atau bahkan terapis hubungan. Tidak ada salahnya untuk mencoba semoga kekerabatan Anda dan pasangan sanggup lebih langgeng dikemudian hari.


Jika sumbangan dari pihak luar ternyata juga tidak sanggup membantu memperbaiki hubungan, maka Anda boleh mempertimbangkan untuk mengakhiri kekerabatan Anda dengan pasangan. Terlebih lagi jikalau kekerasan sudah mewarnai konflik dan atau kontradiksi yang ada alami.


Nah, itu manfaat dan ancaman dari sering konflik dengan pasangan. Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm