Wednesday, July 11, 2018

√ Manfaat Daun Afrika Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Manfaat daun afrika untuk kesehatan sangatlah bermacam-macam mulai dari menjaga berat badan, mengontrol kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit kronis, mengobati penyakit ringan, mengobati problem kesehatan kulit dan meningkatkan kesuburan pada wanita.


Go Dok Kebanyakan dari Anda tentunya masih abnormal akan nama Daun Afrika. Sebab, tumbuhan ini memang bukan orisinil dari Asia. Meski begitu, harus Anda tahu bahwa Daun Afrika, yang mempunyai nama latin Vemonia amygdalina, mempunyai bermacam-macam manfaat kesehatan.


Kandungannya yang kaya akan antioksidan, vitamin, serta mineral memberinya banyak kemampuan untuk mendukung kesehatan Anda.


Nah, apa saja sih manfaat daun Afrika?


1. Menjaga berat badan


Anda punya berat tubuh berlebih? Daun Afrika bisa menjadi salah satu cara mengatasinya.  Pasalnya, daun Afrika bisa membantu dalam mempercepat proses metabolisme tubuh. Hasilnya, lebih gampang bagi Anda untuk menurunkan dan menjaga berat badan.


2. Mengontrol kadar kolesterol


Kadar kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat, merupakan suatu kondisi yang bisa membahayakan kesehatan jantung Anda. Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa menjadi pemicu penyakit stroke dan Alzheimer.


Nah, pada Journal of Vascular Health and Risk Management edisi bulan Februari tahun 2008,  disebutkan bahwa daun Afrika sanggup mengurangi jumlah kolesterol jahat dan jumlah total kolesterol secara keseluruhan, sehingga menjaganya pada kadar yang aman.


3. Mengurangi risiko penyakit kronis


Berdasarkan laporan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas, menambahkan daun Afrika sebagai bumbu atau racikan dalam sajian makan Anda sanggup mengurangi risiko penyakit kronis, menyerupai Diabetes Tipe 2 dan kanker payudara.


Lebih lanjut, berdasarkan peneliti dari Jackson State University, manfaat daun Afrika mempu menghalangi pertumbuhan sel-sel kanker payudara pada wanita.


4. Meningkatkan asupan antioksidan


Salah satu manfaat daun Afrika tercermin pada kandungannya yang kaya akan antioksidan. Sel-sel tubuh Anda secara konstan bisa berada dalam ancaman yang disebabkan oleh suatu proses berjulukan oksidasi di dalam tubuh. Oksidasi yang tidak diatasi sanggup meningkatkan risiko Anda dalam membentuk sel-sel pra-kanker.


Nah, daun Afrika mengandung antioksidan yang merupakan musuh besar dari proses okisdasi tubuh. Berdasarkan laporan penelitian yang dimuat dalam Food Chemistry di tahun 2006, para peneliti juga menambahkan bahwa kandungan antioksidan pada daun Afrika bisa menambah kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.


5. Mengobati penyakit ringan


Di daerah asalnya, ialah Afrika, daun Afrika umum dipakai untuk mengobati penyakit batuk dan pilek. Tak hanya itu, ramuan obat tradisional dari daun ini juga dipercaya sebagai obat anti-malaria, laksatif, obat enema, dan obat cacing.


 Jus yang dibentuk dari daun Afrika juga dipercaya sanggup dipakai dalam mengobati mual, diabetes, disentri, dan gangguan jalan masuk pencernaan lainnya.


6. Mengobati problem kesehatan kulit


Tak banyak yang tahu bahwa mengatasi problem kesehatan pada kulit merupakan salah satu manfaat daun Afrika. Ya, daun ini dipercaya sanggup menyembuhkan kelainan kulit, menyerupai kurap, eksim, ruam-ruam, dan penyakit kulit lainnya.


Untuk mendapat manfaat tersebut, Anda cukup memeras daun Afrika segar, menampung sarinya pada telapak tangan, dan mengoleskannya pada area tubuh yang terkena penyakit kulit. Meski begitu, hindari melaksanakan hal ini pada luka terbuka, ya!


7. Mengobati artritis


Suatu laporan penelitian oleh Okoli et al. pada tahun 2007, menemukan bahwa ekstrak daun Afrika mempunyai khasiat menenangkan pada syaraf-syaraf tubuh, yang sanggup dipakai untuk menghilangkan nyeri otot terkait rematik dan artritis. Ekstrak daun ini sanggup pula menguatkan otot dan menjaga kesehatan serta kekuatan tulang Anda.


8. Meningkatkan kesuburan pada wanita


Terakhir, daun Afrika juga banyak dipakai oleh masyarakat Afrika untuk meningkatkan fertilitas wanita. Para perempuan yang mandul atau tengah berusaha untuk hamil sanggup mengonsumsi ekstrak daun Afrika untuk meningkatkan kesuburan.


 Pasalnya, daun Afrika mengandung karoten, yang membantu dalam menyeimbangkan hormon secual pada wnaita.


Nah, itu ia 8 manfaat daun Afrika yang bisa jadi pengetahuan menarik untuk Anda. Semoga bermanfaat, ya!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm