Sunday, August 11, 2019

Berapa Bandwidth Internet Yang Cukup?

Mulai banyaknya ISP yang mengatakan koneksi internet berkecepatan tinggi (broadband) memanfaatkan Fiber Optic kadang malah menciptakan kita resah memilih mana yang tepat. Apalagi jika sudah bicara bandwidth yang kira – kira cukup alasannya semakin besar akan semakin tinggi juga langganannya.


Nah… disini aku akan mengatakan info kasarnya berapa bandwidth yang bisa dikatakan bisa memenuhi kebutuhan untuk streaming video dengan lancar tanpa adanya buffering. Tergantung kualitasnya juga, jika HD tentu naik lagi konsumsi bandwidthnya. Saya mendasarkan dari kualitas video di YouTube, dan mungkin bisa diterapkan pada Netflix juga Viki.


Mulai banyaknya ISP yang mengatakan koneksi internet berkecepatan tinggi  Berapa bandwidth internet yang cukup?


Berapa bandwidth minimal untuk menjamin kelancaran menonton video online?



  • 240p – 0.2-0.5 Mbps

  • 360p – 1 Mbps

  • 480p – 1.5 Mbps

  • 720p – 3 Mbps

  • 720p (60FPS) – 5 Mbps

  • 1080p – 5Mbps

  • 1080 (60FPS) – 6 Mbps


Satuannya aku samakan dengan yang digunakan oleh ISP supaya gampang memahaminya. Angka diatas aku dapatkan dari mengamati trafik internet aku memakai aplikasi. Dan video dengan kualitas sama (misal 720p) belum tentu sama penggunaan bandwidthnya. Misal film dokumenter binatang dan kartun akan jauh lebih kecil yang kartun untuk kebutuhannya. Ini alasannya berbeda pada detail objek dan animasinya, kompresi video juga berpengaruh, sederhananya begitu.


Sedangkan jika doyan d0wnl0ad… hati – hati kena FUP (Fair Usage Policy) ISP masing – masing. Kalau hanya untuk digunakan browsing atau media umum maka tidak perlu besar – besar, kecuali satu koneksi dibagi menjadi banyak pengguna.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com