Thursday, October 24, 2019

Arti Lampu Merah Los Di Modem

Hari ahad kemarin saya mengalami persoalan koneksi internet, jadi tidak bisa online sama sekali dan sesudah beberapa usang gres sadar jikalau pada modemnya lampu LED indikator berlabel LOS kelap – kelip berwarna merah. Ini lain dari biasanya yang berwarna hijau jikalau normal. Saya sempat salah mengartikan jikalau LOS ini ialah Line Of Sight hasil pelajaran jaringan sewaktu kuliah dulu, alasannya ialah itu jadi galau apa hubungannya. Haha. 😀


Modem saya ialah FiberHome AN5506-04-FG/F2 proteksi MyRepublic sebagai referensinya. Kembali ke fokus pembicaraan, jikalau yang muncul ialah LED Merah singkatnya ialah kehilangan sinyal fiber optic (signal lost), tapi tergantung bagaimana tampilannya bisa diperkirakan masalahnya dimana ketika melaporkan kasusnya ke customer service ISP atau teknisinya.


Hari ahad kemarin saya mengalami persoalan koneksi internet Arti lampu merah LOS di modem


Semisal polanya:



  • Lampu merah mati: berarti tidak ada persoalan dan perangkatnya bisa mendapatkan sinyal optik.

  • Lampu merah hidup: modemnya tidak berhasil tersambung dan mendapatkan sinyal.

  • Lampu merah berkedip: terjadi error ketika proses koneksi jaringan optik atau tidak mendapatkan akhir data.


Lebih gampang lagi anda sanggup mengerucutkan masalahnya ini menjadi 3 macam:



  1. Dari modem anda. Kalau ini sebaiknya anda coba ganti dengan modem lain dulu, jikalau tidak punya cadangan pinjam milik tetangga. Ini yang saya lakukan kemarin.

  2. Cek kabel Fiber Opticnya. Karena saya berhasil pinjam modem tetangga dan ternyata muncul lampu yang sama saya berani memvonis jikalau ini bukan dari daerah saya penyebabnya.

  3. Masalah ISP. Langsung saya konfirmasi ke tetangga lain dan ke customer service. Ternyata benar ada kabel backbone yang terputus jadi terpaksa menunggu perbaikan hingga selesai.


Gara – gara persoalan ini selain tidak bisa online hampir 2 hari juga saya jadi agak jengkel alasannya ialah customer service ISP saya sulit dihubungi hingga pulsa saya habis, mungkin alasannya ialah hari Minggu kejadiannya tidak ada yang standby. Semoga lebih baik lah kualitasnya kedepannya.



Sumber gurupintar.com