Friday, August 16, 2019

Membatasi Jarak Sinyal Wifi

Beberapa kali aku mendapat pertanyaan mengenai modem WiFi dan ada satu hal yang cukup menarik yaitu bagaimana membatasi jangkauan sinyal WiFi supaya tidak terlalu luas sehingga orang di luar rumah atau kantor dapat menggunakannya. Kadang alasannya password yang dipakai kurang kuat atau mode keamanannya lemah seringkali dibobol.


Mengurangi jarak sinyal WiFi bergotong-royong bukanlah hal yang sulit tapi memang tidak ada fiturnya dalam modem atau router. Tapi bergotong-royong ketika anda mengakses halaman setting WLAN/WiFi/Hotspot seharusnya akan menemukan opsi Transmit Power/Signal Power/ atau istilah semacamnya. Ini silahkan anda ganti nilainya ke tingkatan yang lebih rendah.


Beberapa kali aku mendapat pertanyaan mengenai modem WiFi dan ada satu hal yang cukup  Membatasi jarak sinyal WiFi


Setelan ini fungsinya ialah memilih seberapa kuat sinyal WLANnya dan tentu saja besar lengan berkuasa terhadap seberapa luas jarak WiFinya. Sayangnya fitur ini belum tentu ada dan kadang pada modem gratis derma ISP malah dihilangkan susukan kita terhadap pengaturan ini.


Solusi alternatifnya ialah menggunakan cara ndeso. Hehe. 😀 Yaitu dengan menghalangi antena atau perangkatnya dengan panci, wajan, wadah plastik atau apapun semacamnya. Ini akan mengganggu distribusi sinyal dan kadang malah harus dalam kamar gres dapat menggunakan susukan hotspot dengan normal. Tapi paling ampuh juga. Haha. 😀


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com