Thursday, May 9, 2019

Dimana Sebaiknya Komplain Ke Isp?

Entah anda pakai IndiHome, MyRepublic, First Media, MNC Play Media dan sebagainya tentu pernah mengalami dilema pada koneksi internetnya. Antara yang ringan dan sanggup ditoleransi menyerupai terputus sesaat atau ngelag sebentar, sampai sanggup saja mati total seharian atau cuma sanggup mengunjungi situs – situs tertentu. Kalau begini terperinci kita harus komplain kan?


Dari pengalaman aku berurusan dengan customer service beberapa ISP di Indonesia (Telkom, MyRepublic, First Media) kadang yang bikin jengkel itu cuma dibalas akan ditampung dan kita diperlukan menunggu followupnya. Kalau cuma sekali saja tidak masalah, tapi bayangkan kalau internetnya bermasalah setiap ahad dan cukup lama.


 MNC Play Media dan sebagainya tentu pernah mengalami dilema pada koneksi internetnya Dimana sebaiknya komplain ke ISP?


Nah… ada satu jalur yang sanggup anda gunakan dan sering terlupakan. Yakni gunakan sales/marketing daerah anda mendaftar berlangganannya. Saya sarankan anda pakai sales semoga nanti kalau ada apa – apa sanggup dibantu komplainnya, atau anda sekedar tanya saja apa ada dilema koneksi satu wilayah. Maintenance mendadak mungkin.


Dan satu lagi, bila anda minta teknisi tiba untuk mengecek pribadi ke rumah maka tidak ada salahnya anda minta kontaknya. Kadang dengan ongkos capek sanggup dipercepat birokrasinya. Walaupun ini secara mekanisme ialah dilarang. Saya cuma menyampaikan bahwa opsi ini ada kalau teknisinya mau, kadang ada yang menolak langsung. Cocok kalau masalahnya kambuhan.


Terakhir ialah lewat jalur resmi, ya lewat call center atau tiba pribadi ke kantornya. Saya sarankan anda minta case id (kode identifikasi laporannya), dan apabila masih belum sanggup solusi sanggup anda kabarkan ke csnya bahwa sudah ada keluhan dengan instruksi sekian – sekian. Kaprikornus akan diupdate dan difollowup statusnya, bukan dianggap gres lagi. Dan kita tidak perlu berbelit lagi menjelaskan dari awal masalahnya bagaimana.


Yang paling sering aku pakai ialah ngobrol dengan salesnya. Asal kita ngobrolnya baik – baik mereka juga mau kok membantu, walaupun secara insentif pribadi tidak ada tapi sanggup jadi contoh rekomendasi salesnya.



Sumber gurupintar.com