Tuesday, October 8, 2019

Mengoptimalkan Ping Di Windows

Membahas mengenai game online dengan sobat menciptakan saya ingat trik usang untuk mengoptimalkan ping di Windows dan beberapa tips umum lainnya. Ya, memang ada 2 setting di Windows yang dapat diaktifkan untuk mengurangi latensi sehingga – jikalau berhasil – akan mengurangi nilai respon ping juga.


Tapi saya jelaskan dulu – supaya tidak salah paham – bahwa cara berikut fungsinya ialah mematikan meningkatkan secara optimal koneksi protokol TCP Windows biar tidak dikompresi, keunggulannya ialah ukuran paket data yang ditransfer lebih kecil tapi latency bertambah. Anda dapat membaca lebih lanjut algoritmanya di Wikipedia. Efeknya hanya terasa jikalau game online koneksinya berbasis TCP, jikalau UDP tidak akan terasa bedanya.


Membahas mengenai game online dengan sobat menciptakan saya ingat trik usang untuk mengoptimalk Mengoptimalkan ping di Windows
Ilustrasi nilai ping rendah (15an ms). Ini memakai Fiber Optic dari MyRepublic.

Langsung saja ya, ikuti langkah – langkah berikut secara urut:



  1. Panggil registy editor. Tekan tombol Windows+R dan ketikkan regedit lalu ENTER.

  2. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\services\Tcpip\Parameters\Interfaces.

  3. Nah… disini agak merepotkan, anda perlu mengecek satu per satu registry didalamnya untuk mencari mana yang sedang digunakan Windows dikala ini.

    Membahas mengenai game online dengan sobat menciptakan saya ingat trik usang untuk mengoptimalk Mengoptimalkan ping di WindowsPerhatikan isi IPAddress jikalau diset statis alamat IPnya, tapi jikalau otomatis disetting dari modem/router maka lihat DhcpIPAddress. Pastikan isinya ialah alamat IP komputer dikala ini.

  4. Sudah ketemu? Maka didalamnya klik kanan New > DWORD (32-bit) Value dan isikan TcpAckFrequency untuk yang pertama, dan buat lagi yang kedua dengan nama TCPNoDelay. Isikan persis karakter besar kecilnya.

  5. Kemudian ubah nilai keduanya menjadi 1. Double-click saja jikalau bingung.

    Selesai, simpan dan restart komputer anda.


Ini dulu saya terapkan di Windows 7 dikala kecanduan main game online. Haha. 😀 Dulu sih pingnya dari 300an ms ke Google turun menjadi 150an ms. Parah untuk ukuran kecepatan internet kini memang dimana dengan Fiber Optic normalnya dibawah 50an ms. Tapi untuk kabel tembaga (ADSL) sungguh membantu. Oh ya, akan lebih akurat lagi jikalau yang diping ialah server gamenya.


Terakhir saya ingatkan lagi, ini efeknya tidak dapat dijamin dan hanya berlaku pada jenis TCP. Kalau anda terasa gunanya berarti antara ini performa maksimal ISP anda atau gamenya memakai UDP. Tapi tidak ada salahnya mencoba kan?


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com