Sunday, October 6, 2019

Cara Mengganti Dns Server Di Fiberhome

Misal kualitas DNS server dari ISP yang kita gunakan kurang anggun maka ada baiknya kita memanfaatkan layanan DNS server pihak ketiga yang lebih stabil. Nah… bila modem yang anda gunakan bermerek FiberHome maka sanggup mencoba untuk mengganti DNS servernya, jadi setiap perangkat yang tersambung akan menggunakan setting barunya.


Disini aku menggunakan FiberHome AN5506-04 FG. Mari dimulai dengan mengakses halaman administrasinya di alamat IP 192.168.1.1, bila merasa belum pernah merubah username dan password defaultnya maka gunakan admin & admin.


Misal kualitas DNS server dari ISP yang kita gunakan kurang anggun maka ada baiknya kita me Cara mengganti DNS server di FiberHome


Kemudian pindahkan ke sajian Network dan didalamnya anda akan menemukan opsi DHCP Server, klik saja. Nanti ubah alamat IP yang terdapat dalam baris DHCP Primary DNS dan DHCP Secondary DNS ke alamat IP DNS server yang ingin digunakan. Klik Apply untuk menyimpan dan menerapkan perubahan konfigurasi. Saya mencontohkan menggunakan Google Public DNS.


Misal kualitas DNS server dari ISP yang kita gunakan kurang anggun maka ada baiknya kita me Cara mengganti DNS server di FiberHome


Oh ya, di FiberHome ini ada opsi DNS Relay, nonaktifkan biar setiap komunikasi DNS lookup tidak diforward ke relaynya. Sama saja tidak ganti DNS server bila masih aktif. Lokasinya di Network > Lan Settings atau Network > Broadband Setting — Internet Setting (trims mas Ibrahim atas koreksinya).


Semisal anda melaksanakan ini untuk melewati blokir konten dan gagal berarti ISP anda menerapkan Transpararent DNS Proxy, dan solusinya cuma sanggup menggunakan VPN atau DNSCrypt.



Sumber gurupintar.com