Wednesday, November 14, 2018

Domain Dan Hosting (Pengertian Dan Istilah Didalamnya)

Bagi sebagian orang yang gres mencar ilmu internet belum mengetahui apa itu domain dan hosting, ntah itu pengertian domain itu sendiri ataupun pengertian hosting itu sendiri dan beserta istilah-istilah yang ada dalam domain maupun hosting. Saya yakin bagi sebagian besar sahabat ilmuonline sudah tahu mengenai domain dan hosting itu sendiri, namum aku merasa perlu menciptakan artikel ini sehabis di tanyai temen-temen aku mengenai domain dan hosting, jadi aku pikir perlu untuk mengembangkan artikel ini semoga temen-temen yang belum tahu wacana hosting dan domain sanggup mengerti.


Daftar Domain dan Pengertian Domain


Pengertian Domain itu sendiri merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer menyerupai web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.


Adapun Fungsi Domain ialah untuk mempermudah pengguna di internet pada ketika melaksanakan kanal ke server, selain juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.


Untuk lebih jelasnya sanggup lihat citra mengenai domain berikut


Bagi sebagian orang yang gres mencar ilmu internet belum mengetahui apa itu  Domain dan Hosting (Pengertian dan Istilah didalamnya)


Adapun domain itu sendiri memiliki banyak nama nama domain yang sanggup digunakan, tentunya di sesuaikan dengan kegunaan masing-masing.



  1. .Com : biasanya di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan dan umum. domain ini sering digunakan oleh semua orang di dunia, termasuk para blogger.

  2. .Net : biasanya di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur dan seputar komputer. Namun tidak menutup kemungkinan di pakai untuk keperluan lain menyerupai blog, jualan, dan sebagainya. tergantung si pengguna/user

  3. .Org : biasanya di gunakan untuk kepentingan forum/organisasi. tapi tidak menutup kemungkinan di gunakan untuk keperluan lain

  4.  .Info : biasanya di gunakan untuk kepentingan informasional website.

  5.  .Name : biasanya digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal. jarang dipakai

  6.  .Edu : biasanya digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.

  7.  .Mil : biasanya di gunakan untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, terbatas hanya untuk Militer Pemerintahan.

  8.  .biz : biasanya di gunakan untuk kepentingan Bisnis. toko online, affiliate, dan bisnis lainnya.

  9.  .travel : biasanya di gunakan untuk Bisnis Pariwisata / travelling.

  10.  .tv : biasanya di gunakan untuk Entertainment menyerupai Televisi, Radio, majalah.

  11. dan ekstensi domain lain yang penulis tidak sanggup sebutkan satu per satu, tapi yang terang untuk kini ini hampir setiap kategori bidang sudah memiliki ekstensi domain sendiri-sendiri.


Baca Juga : Apa Itu Hosting ? Bagaimana Cara Kerjanya ?


Mengenai domain negara khususnya Indonesia memiliki ektensi TLD (Top Level Domain) sendiri, contohnya menyerupai :



  1. .id : Domain dengan ekstensi dot (.id) merukapan domain ekstensi Indonesia yang mulai banyak digunakan pada tahun 2016 hingga sekarang, domain dengan ekstensi .id ini paling gampang di inget dan simpel.

  2. .sch.id : biasanya untuk Sekolah “selain universitas”

  3. .net.id : biasanya digunakan untuk Internet Provider

  4. .web.id : biasanya digunakan untuk umum, tapi lebih condong ke blogging atau website

  5. .or.id : biasanya untuk Organisasi

  6. .co.id : biasanya untuk Komersial/perusahaan

  7. .go.id : biasanya untuk Pemerintahan

  8. .ac.id : biasanya untuk Pendidikan Tinggi (universitas)


Pengertian Hosting dan Kegunaan Hosting


Berdasarkan info yang aku dapatkan pengertian Hosting ialah layanan internet yang menyediakan jasa penyewaan server yang didalamnya sudah di instalkan services-services umum menyerupai http, email, FTP, addon domain, dan layanan sejenis yang masih ada kaitannya dengan website.


Mengenai kegunaan hosting itu sendiri banyak, yang salah satunya merupakan kawasan penyimpanan website anda semoga website anda selalu online 24 jam. Oleh alasannya ialah itu, web hosting biasanya dilengkapi dengan software pendukung menyerupai Apache, PHP, CGI, Perl dan lainnya.


Jadi pengertian dan kegunaan hosting secara sederhana ialah media untuk menyimpan file dan data yang ada di website kita, layaknya sebuah hardisk bagi website kita. dengan begitu domain kita butuhkan untuk alamat unik website/blog, sedangkan hosting kita butuhkan untuk media penyimpanan data blog/website.


Dan mungkin klarifikasi terakhir seputar hosting dan domain ialah kawasan untuk order atau membeli domain dan hosting yang murah dan anggun dimana ? mungkin itu pertanyaan selanjutnya yang mungkin akan sahabat ajukan. Untuk mendapat domain dan hosting sahabat sanggup membelinya eksklusif dari web hosting yang sahabat percaya (maaf ndak sanggup nyebutin) atau sanggup juga membeli domain dan hosting secara terpisah. contohnya beli domainnya di godaddy, atau namecheap terus kemudian hostingnya di penyedia hosting lain yang kau percaya.


Gampangnya untuk menemukan daftar web hosting yang baik di Indonesia kau juga sanggup mengunjungi situs pembanding web hosting dan domain pada laman webhostingterbaik.id. Disana diulas (review) secara terang mana-mana penyedia web hosting dan domain yang anggun menurut analisa tim mereka.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com