Saturday, July 7, 2018

Pengertian Database Beserta Contohnya

Dalam setiap acara komputer baik itu acara desktop maupun website, tentu mempunyai data – data yang penting dan sering keluar masuk dari acara tersebut. Kamu perlu tahu apa itu maksud database, pengertian database berdasarkan para hebat dan contohnya. Data – data tersebut tersimpan dalam memori dan mempunyai ciri berbeda satu sama lain. Agar data – data tersebut sanggup diorganisasikan dengan baik dan tersususn secara sistematis data – data tersebut perlu dikumpulkan secara sistematis dan terorganisir. Data tersebut disebut dengan database atau basis data.


Database atau basis data ketika ini niscaya ada dalam setiap program komputer, baik itu yang berbasis desktop, website mirip sistem isu maupun website pada umumnya, bahkan sampai aplikasi android pun sudah mempunyai database nya masing – masing. Keberadaan database sangat vital bagi acara komputer alasannya yaitu disinilah semua data diorganisir dan diolah secara sistemik, baik itu ditambahkan, diubah, atau dihapus (istilah lain yaitu CRUD/Create Read Update Delete). Dalam goresan pena kali ini kami akan membahas mengenai database beserta contohnya dalam kehidupan sehari – hari di dunia komputer / teknologi informasi.


Pengertian Database Menurut Para Ahli


Berdasarkan beberapa pendapat ahli, kami merangkum pengertian database dalam poin berikut:



  • Database Menurut Jogiyanto


Database yaitu adalah kumpulan isu dan data yang saling berafiliasi satu sama lain, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer dan diharapkan software tertentu untuk memanipulasinya.



  • Database Menurut Abdul Kadir


Database atau basis data yaitu satu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan acara untuk memperoleh informasi.



  • Database Menurut S. Atte


Database atau basis data yaitu sebuah koleksi data-data yang saling berafiliasi yang ada dalam suatu organisasi atau enetrprise dengan banyak sekali penggunaan.



  • Database Menurut Ramon A Matta – Toledo & Pauline K. Chusman


Database atau basis data yaitu sekumpulan data yang berafiliasi secara logika dan mempunyai beberapa arti yang saling berpautan


Pengertian Database Secara Umum


Dari sekian pendapat banyak para hebat yang mendefinisikan apa itu database, dari sini sanggup diambil satu pengertian umum mengenai database, yakni yaitu kumpulan data yang tersusun  dan disimpan secara sistemik dan terorganisir dalam komputer. Atau dengan kata lain database yaitu kumpulan data yang diintegrasikan dan diatur sedemikian rupa sehingga data-data yang ada didalamnya sanggup dimanipulasi, dicari, dan diambil.


Baca juga : Cara menciptakan database dan tabel gres dengan access


Database ibaratnya yaitu sebuah pangkalan data yang di dalamnya data – data tersebut sanggup diatur baik itu ditambah, dikurangi/dihapus, maupun diubah nilainya. Dalam database terdapat beberapa komponen, jenis, dan operasi tertentu dengan tujuan semoga pengguna sanggup memperoleh data dengan gampang dan cepat.


Jenis – Jenis Database


Ada beberapa jenis database yang paling umum digunakan, yang sanggup dikelompokkan menjadi beberapa jenis dengan fungsi dan kegunaan masing – masing, yang diantaranya :


1. Operational Database


Database jenis ini sanggup menyimpan data dengan rinci semoga sanggup dioperasikan dari seluruh organisasi. Dalam hal ini mereka juga sanggup disebut Subject Area Database (SADB), transaksi database atau produksi database. Contoh dari Operational Database yaitu database yang dipakai pelanggan, database akuntansi dan lain – lain.


2. Distributed Database


Sesuai dengan namanya database yang satu ini sanggup mendistribusikan data – data secara tersebar namun saling berafiliasi serta sanggup diakses secara bersama – sama. Database jenis ini biasanya dipakai pada suatu forum atau perusahaan yang terdiri dari beberapa cabang, semoga sanggup memudahkan user mengakses data dari daerah satu ke daerah lainnya.


3. Relational Database


Jenis database yang satu ini bisa dibilang paling popular, hal ini dikarenakan dengan memakai Relational Database, user sanggup mengakses atau mencari isu dalam tabel yang berbeda – beda. Query yang dilakukan juga sanggup melibatkan beberapa tabel alasannya yaitu fungsi kekerabatan ini.


4. External Database


Database ini bisa menyediakan saluran ke bab eksternal, data yang disimpan nantinya akan dipakai untuk keperluan komersial. Akses ke dalam database ini akan lebih gampang alasannya yaitu diperuntukkan bagi publik dan disamping itu juga lebih efisien alasannya yaitu tidak perlu mencari isu dari internet.


Contoh Tabel Database Sederhana


Dalam setiap acara komputer baik itu acara desktop maupun website Pengertian Database Beserta Contohnya


Dalam database tentu ada beberapa yang perlu diperhatikan, biasanya database terdiri dari tabel dan dalam tabel tersebut terdapat atribut yang menyertainya. Kami memberi rujukan sebuah tabel database mengenai data siswa berikut ini.



































Field NameData TypeSizeKeterangan
NamaText30
NISNumber12Primary Key
AlamatText50
Jenis KelaminText12

Pada rujukan di atas, tabel tersebut mempunyai beberapa nama field berisi data siswa secara umum, tipe data dipakai untuk mengidentifikasi jenis data dari field yang ada, contohnya nama harus goresan pena (text) dan NIS harus nomor (number). Selain itu juga perlu diperhatikan terdapat berapa ukuran maksimal (size) dari field ini serta apakah perlu diberi key pada tiap fieldnya. Primary key di atas menunjukan bahwa NIS yaitu kunci utama dalam tabel database tersebut.


Adapun rujukan lainnya kami tidak bisa menjelaskan secara rinci alasannya yaitu jenis database cukup banyak dan mempunyai isi yang berbeda pula, namun rujukan tabel database di atas sudah cukup mewakili rujukan database pada umumnya.


Dalam setiap acara komputer baik itu acara desktop maupun website Pengertian Database Beserta Contohnya


Contoh Aplikasi Pengolah Database (DBMS)


Database tidak akan sanggup diakses kalau tidak ada perangkat lunak yang sanggup mengolah database tersebut, perangkat lunak ini disebut aplikasi DBMS (Database Management System). Contoh acara tersebut yaitu sebagai berikut :



  • MySQL

  • Oracle

  • Titan

  • SQ Lite

  • SyBase

  • Haadop

  • Postgre

  • Dll


Dalam setiap acara komputer baik itu acara desktop maupun website Pengertian Database Beserta Contohnya


Demikian klarifikasi singkat mengenai pengertian database beserta contohnya, anda bisa membaca buku atau referensi lain kalau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai database. Namun semoga artikel kami sanggup menambah dasar wawasan anda mengenai database tersebut.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com