Tuesday, July 17, 2018

√ Gerakan Yoga Yang Aman Bagi Ibu Hamil, Yuk Pelajari!

Gerakan yoga yang kondusif bagi ibu hamil salah satunya gerakan lunge keuntungannya sanggup melatih otot paha depan. Otot ini akan berperan besar dalam proses persalinan. Kemudian, gerakan Pose Bound Angle yang bermanfaat untuk melatih dan menstabilkan kawasan pelvis dan gerakan yoga lainnya.


Go DokYoga merupakan jenis olahraga yang sangat bermanfaat, baik bagi kesehatan tubuh maupun jiwa. Manfaat tersebut antara lain; meredakan stres, kekhawatiran, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kualitas hidup, memperbaiki fungsi pernafasan, menyehatkan jantung mengurangi sakit kronis, meringankan migrain, melatih kekuatan, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan keseimbangan, membiasakan tumpuan makan sehat, dan sanggup melawan depresi.


Dengan sederet manfaat tersebut, tak heran jikalau banyak orang baik laki-laki maupun perempuan yang menentukan yoga untuk menjaga kesehatannya. Namun gerakan yoga yang menekuk tubuh ke banyak sekali posisi memunculkan perkiraan bahwa yoga tidak kondusif bagi perempuan hamil. Bahkan, melaksanakan yoga ketika hamil dikatakan sanggup membahayakan janin. Benarkah?


Bagaimana yoga membantu ibu hamil?


Sebelum mengenal gerakan yoga yang kondusif bagi ibu hamil, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana aktivitas yoga dalam membantu ibu hamil. Peregangan dalam yoga bahwasanya sanggup sangat membantu proses persalinan ibu hamil.


Latihan peregangan bermanfaat untuk relaksasi, meningkatkan kondisi kesehatan, dan membantu ibu hamil dalam mempersiapkan diri menyambut persalinan. Selain itu, latihan yoga secara teratur juga sanggup mengurangi rasa sakit yang dialami dalam proses persalinan. Sangat berguna, bukan?


Mungkin Anda akan merasa jikalau sendi-sendi lebih gampang untuk ditekuk mengikuti posisi yoga yang sulit ketika sedang mengandung. Hal ini disebabkan oleh tingginya produksi hormon relaxin dalam tubuh pada masa kehamilan. Relaxin sendiri merupakan hormon yang berfungsi membantu tubuh melemaskan serviks dan ligamen, sehingga proses persalinan sanggup berjalan lancar.


Namun bukan berarti Anda sanggup melaksanakan gerakan-gerakan yoga semaunya. Tubuh seorang perempuan pada masa kehamilan sangatlah rentan. Sebaiknya lakukanlah gerakan-gerakan ringan dan hindari melaksanakan yoga setiap hari.


Apa saja gerakan yoga yang kondusif bagi ibu hamil?


Penasaran dengan gerakan yoga yang kondusif bagi ibu hamil? Baca lanjutannya di bawah ini, yuk.


1. Lunge


Berlututlah dengan mengangkat satu kaki dan menekuknya 90o di depan tubuh. Ambil nafas bersamaan dengan mencondongkan tubuh ke depan, alihkan tumpuan berat tubuh pada kaki depan dan angkat tangan ke atas secara perlahan. Buang nafas dan kembalilah ke posisi semula. Lakukan bergantian dengan kaki yang lain.


Manfaat: melatih otot paha depan. Otot ini akan berperan besar dalam proses persalinan


2. Pose bound angle


Duduk di atas matras dan tekuk kedua kaki di depan tubuh dengan posisi lutut menghadap ke luar. Pusatkan tumpuan tubuh di atas tulang duduk, luruskan tulang punggung, dan ambil nafas.


Buang nafas sembari menekuk tubuh ke depan bawah secara perlahan sejauh yang anda bisa, tahan selama 3-5 nafas kemudian kembali ke posisi semula.


Manfaat: melatih dan menstabilkan kawasan pelvis


3. Bridge


Gerakan yoga yang kondusif bagi ibu hamil ini bermanfaat untuk melatih otot fleksor, punggung bawah, perut, dan bokong (gluteus).  Berbaringlah dengan menekuk kedua lutut ke atas dan letakkan kedua tangan di samping badan.


Ambil nafas dan angkatlah punggung pecahan bawah perlahan-lahan. Lalu kembali ke posisi semula sembari membuang nafas. Ulangi selama 10 kali.


Manfaat: sanggup membantu mengurangi sakit di pecahan pelvis ketika persalinan


4. Pose Cat-Cow


Mulailah dengan meletakkan kedua lutut di atas matras, perut lurus menghadap lantai, dan kedua tangan tegak lurus menyangga berat badan. Sembari mengambil nafas, lekukkan tulang punggung ke bawah, angkat dagu sedikit, dan jaga bahu tetap berada di posisi normal.


Kemudian buang nafas sembari menekuk punggung ke atas dan tundukkan kepala dengan mata melihat ke arah perut. Ulangi 5 kali.


Manfaat: merangsang produksi pelumas sehingga membantu pergerakan tulang punggung, meringankan sakit punggung, dan menguatkan otot punggung bawah.


Perlu diingat, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melaksanakan gerakan yoga diatas ya. Lakukan gerakan-gerakan yoga tersebut secara perlahan dan hati-hati. Jangan samakan rutinitas yoga biasanya dengan yoga yang kondusif untuk ibu hamil, ya. Karena kondisi Anda perlu penanganan spesial. Selamat mencoba!


 


Baca juga:



Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm