Monday, July 16, 2018

√ Fungsi Usus Halus Di Dalam Badan Anda

Fungsi usus halus untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari masakan dan minuman Anda. Apapun yang tidak dicerna oleh usus Anda kemudian akan melanjutkan perjalanan makin ke bawah, hingga disingkirkan melalui pergerakan usus  dan keluar melalui anus. 


Go DokUsus halus merupakan nama suatu organ badan yang tentunya sudah tak ajaib lagi bagi Anda. Bagaimana tidak, Anda mempelajari cuilan pencernaan yang satu ini semenjak di sekolah menengah. Tentunya, ketika terkadang mengalami duduk kasus pencernaan, dokter juga akan menjelaskan sekilas mengenai kerja masing-masing anggota pencernaan Anda, termasuk usus halus.


Nah, tapi banyak dari Anda yang belum tahu secara detail perihal cara kerja dan fungsinya. Karena itu, tak ada ruginya kalau Anda menyimak klarifikasi lengkap mengenai cara kerja dan fungsi usus halus berikut ini!


Apa itu usus halus?


Sebelum mengetahui fungsi usus halus alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu pengertian usus halus. Usus halus merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan Anda, yang secara garis besar mempunyai kiprah untuk menyerap nutrisi dari masakan dan minuman yang Anda konsumsi. Organ ini berbentuk terowongan halus, yang berlipat-lipat dengan diameter sekitar 25 cm dan panjang sekitar 6 – 7 meter.


Lebih lanjut, usus halus terdiri atas 3 bagian, yakni duodenum, jejunum, dan ileum. Dinding usus halus Anda dilapisi oleh jaringan yang mempunyai struktur menyerupai jari, dan disebut villi. Masing-masing villi ini kemudian dilapisi pula oleh jaringan serupa dalam ukuran yang lebih kecil, dan disebut microvilli. Nah, jaringan-jaringan inilah yang meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk menyerap nutrisi ke dalam tubuh.


Di mana letaknya?


Usus halus merupakan salah satu organ yang termasuk dalam sistem pencernaan, dan terletak di area perut cuilan bawah. Lokasinya persis di bawah lambung, sehabis dibatasi dan dikelilingi oleh usus besar dan persis di atas rektum.


Lalu, apa saja fungsi usus halus?


Keseluruhan organ dalam sistem pencernaan Anda berhubungan untuk memenuhi suatu tujuan, yakni memproses masakan dan minuman yang Anda konsumsi dan merubahnya menjadi energi.


Fungsi usus halus secara spesifik  untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari masakan dan minuman Anda. Apapun yang tidak dicerna oleh usus Anda kemudian akan melanjutkan perjalanan makin ke bawah, hingga disingkirkan melalui pergerakan usus  dan keluar melalui anus.


Terakhir, bagaimana cara kerjanya?


Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan hingga ke usus halus sehabis melewati lambung, melalui cuilan paling atas usus halus. Bagian paling atas ini disebut duodenum, yang bertugas mendapatkan endapan semi-padat dari masakan yang telah dicerna lambung sebagian. Selain itu, empdu dan enzim dari hati, pankreas, dan kantong empedu Anda juga berperan dalam membantu masakan dipecah lebih lanjut di dalam duodenum.


Selanjutnya, ada cuilan tengah usus halus yang disebut jejunum, dan cuilan paling simpulan usus halus yang disebut ileum. Masing-masing dari cuilan ini mempunyai kiprah utama untuk menyerap nutrisi ke dalam anutan darah Anda. Baik jejunum maupun ileum memiliki lapisan dengan banyak lipatan-lipatan yang melebarkan luas permukaan usus halus guna memaksimalkan perembesan nutrisi. Lapisan-lapisan inilah yang dikenal dengan nama villi dan mikrovilli.


Setelah masakan yang sudah dicerna usus halus kemudian meninggalkan area ileum, maka lebih dari 95% nutrisi -vitamin, mineral, karbohidrat, protein- sudah diserap oleh tubuh. Sisanya (yang tidak terserap) akan melanjutkan perjalanan ke usus besar Anda.


Nah, di sinilah fungsi usus halus Anda berakhir. Pekerjaan selanjutnya akan diteruskan oleh usus besar, yang kemudian membawa masakan yang tak tercerna ke rektum dan mengeluarkannya melalui anus.


Itu beliau fungsi usus halus secara lengkap dan detail yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat, ya!


 


Baca juga:



Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm