Monday, April 9, 2018

√ Metode Transportasi Vam (Vogel's Approximation Method)

 yakni salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal  √ Metode Transportasi VAM (Vogel's Approximation Method)

Metode transportasi VAM (Vogel's Approximation Method) yakni salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal (Initial Solution).

Perbedaan antara metode VAM dengan 2 metode transportasi lainnya yakni dalam metode VAM, distribusi yang dilakukan biasanya sudah mendekati biaya minimum. Sehingga, biasanya hanya diharapkan satu kali perhitungan solusi tamat (Terminal Solution).

Untuk lebih terang perihal 2 metode transportasi yang lainnya, sanggup dilihat di :
Metode Transportasi NWCR
Metode Transportasi Least Cost

Langkah Pengerjaan

  1. Hitung selisih antara dua biaya terkecil dari setiap baris dan kolom. Dinamakan dengan biaya penalti atau opportunity cost.

  2. Pilih baris atau kolom dengan biaya penalti terbesar. Jika biaya penalti pada baris atau kolom yakni sama, pilih biaya penalti yang memiliki nilai biaya transportasi paling rendah.

  3. Dari sel yang sudah dipilih, alokasikan jumlah barang sejumlah dengan nilai maksimum dari kapasitas maupun seruan kolom atau baris.

  4. Ulangi langkah diatas dengan menghilangkan barus atau kolom yang sudah terpenuhi, sampai seluruh seruan dan kapasitas terpenuhi.

Contoh Soal

Corp. sedang merencanakan untuk mengalokasikan produk yang dihasilkan ke kota A, B, dan C. Berikut tabel transportasi yang sudah disusun oleh manajer Corp. (Biaya dalam $, seruan dan kapasitas dalam unit).

Tabel transportasi Corp.
 yakni salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal  √ Metode Transportasi VAM (Vogel's Approximation Method)

Jawab


Tahap Pertama

  1. Menghitung biaya penalti (opportunity cost) dari masing-masing kolom dan baris. Biaya penalti dihitung dengan mengurangi 2 biaya terkecil pada masing-masing baris atau kolom.

  2. Memilih 1 biaya penalti yang paling besar dari baris atau kolom.

  3. Alokasikan sebanyak mungkin ke sel dengan biaya termurah, sesuai dengan kapasitas dan permintaan.

  4.  yakni salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal  √ Metode Transportasi VAM (Vogel's Approximation Method)

  5. Dari hasil perhitungan, diketahui bahwa seruan dari kota A telah dipenuhi sebanyak 175 unit dari kapasitas pabrik 2.

  6. Karena kapasitas pabrik 2 telah habis, sehingga baris pabrik 2 sanggup diabaikan pada perhitungan biaya penalti berikutnya.

Tahap Kedua

  1. Menghitung kembali masing-masing biaya penalti dengan mengabaikan baris dari pabrik 2.

  2. Memilih 1 biaya penalti yang paling besar dari baris atau kolom.

  3. Alokasikan barang sebanyak mungkin ke sel dengan biaya termurah sesuai dengan kapasitas dan permintaan.
  4.  yakni salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal  √ Metode Transportasi VAM (Vogel's Approximation Method)

  5. Dari hasil perhitungan, diketahui bahwa seruan kota B telah terpenuhi yaitu sebesar 100 unit, dan kapasitas dari pabrik 3 sudah dipakai sebanyak 100.

  6. Kolom kota B yang telah terpenuhi permintaannya sanggup diabaikan pada perhitungan biaya penalti berikutnya.

Tahap Ketiga

  1. Menghitung kembali masing-masing biaya penalti dengan mengabaikan kolom B dan lanjutkan menyerupai langkah-langkah sebelumnya.
  2.  yakni salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal  √ Metode Transportasi VAM (Vogel's Approximation Method)

  3. Dengan demikian, seruan di kota A telah terpenuhi seluruhnya sebesar 200 unit, begitu pula dengan seruan kota B yang telah terpenuhi seluruhnya sebanyak 100 unit.

  4. Sehingga, sisa kapasitas yang belum terpenuhi yakni dari pabrik 1 sebesar 150 unit dan dari pabrik 3 juga sebesar 150 unit.

  5. Sisa seruan yang belum terpenuhi dari kota C sebesar 300 unit, sehingga kekurangan di kota C akan dipenuhi oleh sisa kapasitas di pabrik 1 dan 3. Sehingga didapatkan :
 yakni salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal  √ Metode Transportasi VAM (Vogel's Approximation Method)

Tahap Keempat

Menghitung biaya transportasinya.
Pabrik 1 ke kota C : 150 unit x $ 10 = $ 1.500
Pabrik 2 ke kota A : 175 unit x $ 7 = $ 1.225
Pabrik 3 ke kota A : 25 unit x $ 4 = $ 100
Pabrik 3 ke kota B : 100 unit x $ 5 = $ 500
Pabrik 3 ke kota C : 150 unit x $12 = $ 1.800

Total biaya = $ 1.500 + $ 1.225 + $ 100 + $ 500 + $ 1.800
Total biaya = $ 5.125

Total biaya transportasi yang didapat dalam metode VAM (Vogel's Approximation Method) bukanlah total biaya minimum. Karena metode VAM merupakan solusi awal (Initial Solution), sehingga diharapkan perhitungan lebih lanjut dengan solusi tamat (Terminal Solution) berupa :
  1. Metode MODI (Modified Distribution Method)
  2. Metode Stepping Store



Sumber http://www.dounkey.com