Friday, February 2, 2018

√ Soal-Soal Respirasi Aerob Kelas Xi

Setelah melaksanakan praktikum perihal Respirasi Aerob dimana kami diminta mengamati hal-hal yang terjadi pada ketika percobaan dengan memakai kecambah, kristal KOH dan respirometer. Berikut hasil diskusi kelompok kami;

1.      Faktor apakah yang menimbulkan pergeseran kedudukan air pada pipa berskala?
JAWAB:
v  Ketersediaan substrat
Tersedianya substrat pada tumbuhan merupakan hal yang penting dalam melaksanakan respirasi. Tumbuhan dengan kandungan substrat yang rendah akan melaksanakan respirasi dengan laju yang rendah pula. Demikian sebliknya jikalau substrat yang tersedia cukup banyak maka laju respirasi akan meningkat.

v  Ketersediaan Oksigen
Ketersediaan oksigen akan menghipnotis laju respirasi, namun besarnya efek tersebut berbeda bagi masing-masing spesies dan bahkan berbeda antara organ pada flora yang sama. Fluktuasi normal kandungan oksigen di udara tidak banyak menghipnotis laju respirasi, lantaran jumlah oksigen yang diharapkan flora untuk berrespirasi jauh lebih rendah dari oksigen yang tersedia di udara.

v  Suhu
Pengaruh faktor suhu bagi laju respirasi flora sangat terkait dengan faktor Q10, dimana umumnya laju reaksi respirasi akan meningkat untuk setiap kenaikan suhu sebesar 10oC, namun hal ini tergantung pada masing-masing spesies.

v  Tipe dan umur tumbuhan
Masing-masing spesies flora mempunyai perbedaan metabolisme, dengan demikian kebutuhan flora untuk berespirasi akan berbeda pada masing-masing spesies. Tumbuhan muda mengatakan laju respirasi yang lebih tinggi dibanding flora yang tua. Demikian pula pada organ flora yang sedang dalam masa pertumbuhan.

2.      Apa fungsi Kristal KOH dan plastisin?
JAWAB:
v  Fungsi Kristal KOH : sebagai pengikat CO­2 biar kecambah tidak menghirup CO­2 yang dikeluarkan sehabis kecambah bernapas, sehingga pergerakan dari air benar-benar hanya disebabkan konsumsi oksigen dari kecambah tersebut.
KOH + CO2                K2CO3 + H2O
v  Fungsi plastisin : biar udara didalam tabung tidak sanggup keluar dan udara dari luar tidak sanggup masuk melalui celah-celah antara verbal tabung dengan penutup.

3.      Apa alasan dipakai eosin? Apa boleh memakai yang lainnya?
JAWAB:
Karena warna yang dihasilkan dipakai sebagai indicator oksigen yang dihirup oleh kecambah pada respirometer maka gampang untuk mengamati pergerserannya. Bisa, memakai air murni.

4.      Jelaskan tujuan penutupan dengan ujung jari sebelum dilakukan percobaan!
JAWAB:
Mengatur kadar O2 yang ada di dalam tabung, ialah biar kadar O2 yang berada didalam tabung berkurang lantaran dipakai oleh kecambah untuk respirasi atau menciptakan kondisi hampa udara di dalam tabung.

5.      Mengapa air dalam pipa berskala berjalan?
JAWAB:
Air dalam pipa berjalan lantaran kecambah didalam tabung membutuhkan oksigen untuk bernapas atau respirasi, lantaran ketika lubang ditutup dengan ujung jari, Kristal KOH mengikat CO2 sedangkan tidak ada oksigen yang masuk ke dalam tabung. Dan kesannya air dalam pipa berskala sanggup berjalan.

6.      Jelaskan variable bebas dan variable tetap pada percobaan tersebut!
JAWAB:
v  Variable Bebas : Jumlah kecambah
v  Variable Tetap : Pergerakan air pada pipa berskala

7.      Jelaskan hubungan besar/jumlah kecambah dengan kecepatan air pada pipa berskala!
JAWAB:

Semakin banyak besar/jumlah kecambah, maka kecepatan air pada pipa berskala akan semakin cepat. Karena semakin banyak besar/jumlah kecambah yang ada, maka kebutuhan kecambah akan O2 akan bertambah sehingga kecepatan air dalam pipa akan bertambah lantaran dalam air terkandung O2.

Sumber http://moonlightrocks.blogspot.com