Saturday, December 2, 2017

√ Pengertian Cerpen (Cerita Pendek) | Arti Dan Definisi Cerpen [Lengkap]

Pengertian cerpen – Cerpen yaitu abreviasi dari kisah pendek. Kita sering membaca contoh-contoh cerpen di majalah, koran atau buku. Namun tahukah kau apa arti cerpen secara umum? Apa definisi cerpen dan pengertian cerpen berdasarkan para andal bahasa dan sastra?


Secara umum pengertian cerpen yaitu sebuah karangan pendek yang mengisahkan seorang tokoh dengan sebuah duduk kasus beserta penyelesaiannya. Sesuai namanya, cerpen haruslah pendek dan ringkas sehingga diberi nama kisah pendek. Kurang lebih cerpen harus kurang dari 10 ribu kata, jikalau lebih maka sudah termasuk kategori novel.


Ciri-ciri cerpen yaitu jumlah katanya kurang dari 10 ribu, ceritanya bersifat fiktif, hanya terdapat 1 alur kisah saja, kata-katanya gampang dimengerti serta penokohannya cenderung sederhana dan umum. Struktur cerpen terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda.


Unsur-unsur instrinsik cerpen antara lain yaitu tema, plot atau alur, penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan pesan. Sementara unsur-unsur ekstrinsik cerpen yaitu latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang serta nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen.


Ada banyak fungsi cerpen, salah satunya untuk tujuan hiburan dan estetis. Nah kali ini akan dibahas mengenai apa itu pengertian cerpen baik secara umum maupun berdasarkan KBBI dan para ahli.


(baca juga pengertian syair)


 Cerpen yaitu abreviasi dari kisah pendek √ Pengertian Cerpen (Cerita Pendek) | Arti dan Definisi Cerpen [Lengkap]


Pengertian Cerpen


Berikut akan dijelaskan pengertian cerpen dan definisinya secara umum berdasarkan KBBI dan berdasarkan para andal secara lengkap dan detail.


Pengertian Cerpen Secara Umum


Pengertian cerpen atau kisah pendek secara umum yaitu jenis karya sastra yang berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan kisah yang dialami oleh tokoh secara ringkas dan pendek disertai dengan aneka macam konflik dan terdapat penyelesaian atau solusi dari duduk kasus yang dihadapi. Cerpen disajikan secara pendek, ringkas dan singkat.


Arti Cerpen Menurut KBBI


Pengertian cerpen berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memperlihatkan kesan tunggal yang mayoritas dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika).


Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli


Di bawah ini akan dibagikan beberapa definisi dan pengertian cerpen berdasarkan para andal beserta klarifikasi lengkapnya.


Menurut Nugroho Notosusanto


Definisi cerpen berdasarkan pendapat Nugroho Notosusanto merupakan sebuah kisah yang panjang ceritanya berkisar 5000 kata atau asumsi hanya 17 halaman kuarto spasi rangkap serta terpusat pada dirinya sendiri.


Menurut Sumardjo dan Saini


Pengertian cerpen berdasarkan Sumardjo dan Saini yaitu kisah fiktif atau tidak benar-benar terjadi, tetapi sanggup saja terjadi kapanpun serta dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek dan singkat.


Menurut Priyatni


Pendapat dari Priyatni mengungkapkan bahwa pengertian kisah pendek yaitu bentuk karya fiksi yang memperlihatkan sifat yang serba pendek, baik insiden yang diungkapkan, jumlah pelaku, isi kisah dan jumlah kata yang digunakan. Perbandingan ini dikaitkan dengan bentuk prosa lain, yakni novel.


Menurut Hendy


Menurut pendapat Hardy, pengertian cerpen secara umum yaitu suatu karangan yang berkisah pendek yang mengandung kisahan tungal.


Menurut Aoh. K.H


Pengertian kisah pendek berdasarkan Aoh K.H. merupakan salah satu karangan fiksi yang biasa disebut juga dengan kisahan prosa pendek.


Menurut Sayuti


Menurut Sayuti, teks cerpen memperlihatkan kualitas yang bersifat pemadatan, pemusatan dan pendalaman, yang semuanya berkaitan dengan panjang kisah dan kualitas struktural yang diisyaratkan oleh panjang kisah itu.


Menurut Tarigan


Pengertian cerpen berdasarkan pendapat Tarigan yaitu kisah rekaan yang masalahnya singkat, terperinci dan padat dan terkonsentrasi pada suatu insiden atau kejadian.


Menurut Allan Poe


Menurut Allan Poe, kisah pendek merupakaan bacaan singkat yang sanggup dibaca sekali duduk dalam waktu setengah hingga dua jam, genrenya mempunyai imbas tunggal, karakter, plot dan setting yang terbatas, tidak bermacam-macam dan tidak kompleks.


Menurut J.S. Badudu


Pengertian teks cerpen berdasarkan J.S. Badudu merupakan sebuah kisah yang hanya menjurus serta terfokus pada satu insiden saja.


Menurut Turayev


Pengertian cerpen berdasarkan Turayev merupakan sebuah bentuk karya sastra naratif yang menampilkan cerminan sebuah episode dalam kehidupan seorang tokoh.


Menurut Suharianto


Cerpen berdasarkan Suharianto yaitu kisah fiksi yang bentuknya pendek dan ruang lingkup permasalahannya disuguhkan sebagian kecil saja dari kehidupan tokoh yang menarik perhatian pengarang/penulis, dan keseluruhan kisah memberi kesan tunggal.


Menurut H. B. Jassin


Menurut pendapat H. B. Jassin, arti cerpen ialah sebuah kisah yang singkat yang harus mempunyai bab terpenting yakni perkenalan, pertikaian serta penyelesaian.


Menurut Suyanto


Pengertian teks cerpen berdasarkan Suyanyo diartikan sesuai dengan namanya, yakni sebagai kisah yang berbentuk prosa pendek. Ukuran pendek di sini bersifat relatif.


Menurut A. Bakar Hamid


Pengertian cerpen berdasarkan A. Bakar Hamid seharusnya dilihat dari kuantitas kata yang digunakan, yaitu antara 500 hingga 20.000 kata, terdapat plot, terdapat satu karakter, dan adanya kesan.


Menurut Saini


Definisi cerpen berdasarkan Saini adalah cerita pendek fiksi atau tidak benar-benar terjadi, tetapi sanggup terjadi kapan saja dan dimana saja dimana kisah ini relatif singkat.


Menurut Jacob


Jacob beropini bahwa arti cerpen yaitu kisah fiksi pendek yang simpulan dibaca dalam sekali duduk. Cerita pendek hanya mempunyai satu arti, satu krisis dan satu imbas untuk pembacanya. Pengarang cerpen hanya ingin mengemukakan suatu hal secara tajam.


Menurut Stanton


Definisi cerpen haruslah berbentuk padat, di dalamnya pengarang membuat karakter-karakter, semesta mereka, dan tindakan-tindakannya sekaligus secara bersamaan. Pendapat ini dikemukakan oleh Stanton.


Menurut The Liang dan A. Widyamartaya


Cerpen yaitu kisah khayal berbentuk prosa yang pendek, biasanya di bawah 10.000 kata, tujuannya menghasilkan kesan berpengaruh dan mengandung unsur-unsur drama. Oleh alasannya yaitu itu alurnya pun disebut konflik dramatik.


Menurut Kosasih


Cerpen yaitu karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam kisah pendek dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh dengan pertikaian, insiden yang mengharukan atau menyenangkan dan mengandung kesan yang tidak gampang dilupakan pembaca.


Nah demikian acuan pengertian teks cerpen secara umum dan berdasarkan pendapat para andal bahasa. Secara umum cerpen yaitu kisah pendek. Kita pun sanggup menemui contoh-contoh cerpen di koran, majalah, buku atau jurnal lainnya. Sekian acuan cerpen kali ini.




Sumber https://www.zonareferensi.com