Saturday, December 16, 2017

√ Pengertian Majas Berdasarkan Para Jago Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian majas berdasarkan para ahli – Apa yang dimaksud dengan majas? Secara umum pengertian majas yaitu gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah karya tulis. Macam-macam majas ada banyak mulai dari majas perbandingan sampai majas penegasan. Apapun jenisnya, asalkan sesuai dengan arti majas maka sanggup disebut sebagai majas.


Majas menjadi instrumen penting dalam karya tulis menyerupai puisi atau prosa. Penggunaan majas akan memperkaya pemilihan kata dan bahasa dalam karya. Majas sanggup digunakan secara tulis atau verbal dan sanggup diartikan tergantung pada konteks penggunaannya.


Ada banyak macam-macam majas yang ada. Secara umum pembagian jenis-jenis majas dibagi menjadi empat kategori yakni majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran dan majas penegasan. Tiap jenis macam mempunyai banyak pola majas yang lain yang sanggup ditemukan di banyak sekali karya sastra.


Sebagai bentuk gaya bahasa, fungsi majas memang penting semoga sebuah karya sastra menjadi lebih elok dan indah dalam aspek pemilihan kata. Di bawah ini akan dijelaskan pengertian majas secara umum dan arti majas berdasarkan para andal selengkapnya.


(baca juga pengertian bahasa)


 Secara umum pengertian majas yaitu gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah karya tulis √ Pengertian Majas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya [Lengkap]


Pengertian Majas


Berikut merupakan pengertian majas secara umum termasuk arti majas berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan berdasarkan Wikipedia Indonesia.


Pengertian Majas Secara Umum


Pengertian majas secara umum yaitu gaya bahasa yang digunakan penulis untuk memberikan sebuah pesan secara imajinatif dan kias. Penggunaan majas sanggup dalam bentuk goresan pena atau verbal dan dipergunakan dalam suatu karya sastra dengan tujuan untuk mewakili perasaan dan pikiran penulis.


Majas sanggup diartikan sebagai bahasa kias atau bahasa yang digunakan untuk membuat suatu pengaruh tertentu. Arti majas meliputi bentuk retoris yang penggunaanya untuk memunculkan sebuah kesan imajinatif dari pendengar maupun pembaca.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Arti majas berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain atau sebuah kiasan.


Menurut Wikipedia


Majas sanggup diartikan sebagai pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam memberikan pikiran dan perasaan, baik secara verbal maupun tertulis.


Pengertian Majas Menurut Para Ahli


Berikut merupakan pengertian dan definisi majas berdasarkan pendapat para andal bahasa dan sastra, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.


Menurut Aminuddin


Pengertian majas berdasarkan Aminuddin yaitu sebuah gaya bahasa dan cara yang digunakan oleh pengarang dalam memeparkan gagasannya sesuai dengan tujuan dan pengaruh yang ingin dicapai.


Menurut Prof. Dr. H. G. Tarigan


Definisi majas berdasarkan Prof. Dr. H. G. Tarigan yaitu cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang menunjukkan jiwa dan kepribadian penulis.


Menurut Goris Keraf


Arti majas berdasarkan Goris Keraf yaitu pengertian majas yaitu suatu majas dikatakan baik jikalau mengandung tiga dasar, yaitu kejujuran, sopan-santun dan menarik.


Menurut Luxemburg dkk


Menurut Luxemburg dkk, pengertian majas yaitu sesuatu yang menunjukkan ciri khas pada sebuah teks. Teks pada giliran tertentu sanggup bangun semacam individu yang berbeda dengan individu yang lain.


Nah demikianlah rujukan pengertian majas beserta ciri-ciri majas dan klarifikasi lengkapnya. Majas memang menjadi unsur penting dalam karya sastra dan bahasa, entah itu majas retorika, majas hiperbola, majas alegori, majas paradoks, majas ironi atau macam-macam majas yang lainnya.




Sumber https://www.zonareferensi.com