Wednesday, October 4, 2017

√ Fungsi Administrasi Berdasarkan Para Mahir Beserta Definisi Dan Penjelasannya


Fungsi manajemen – Manajemen merupakan proses yang dalam pelaksanaan tujuanya ,direncanakan, dilaksanakan serta diawasi. Terdapat kiprah dan fungsi manajemen yang penting baik dalam bidang ekonomi, bisnis, organisasi, politik, sosial, budaya, dan sebagainya.





Secara singkat pengertian manajemen ialah ilmu pengetahuan yang sistematis untuk sanggup memahami proses insan saling bekerja sama supaya bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, golongan tertentu maupun masyarakat luas.





Definisi manajemen juga bisa diartikan sebagai seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan. Manajemen bisa diterapkan dan diaplikasian dalam banyak sekali bidang, baik ekonomi, pemerintahan, industri, pendidikan, dan lain-lain.





(baca juga fungsi administrasi)





 Manajemen merupakan proses yang dalam pelaksanaan tujuanya  √ Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli Beserta Definisi dan Penjelasannya




Fungsi Manajemen Secara Umum





Fungsi manajemen secara umum ada 4 (empat), yakni planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), directing (pengarahan), dan controling (pengendalian).





1. Planning (Perencanaan)





Fungsi manajemen yang pertama ialah fungsi perencanaan atau planning. Definisi fungsi planning ialah dikala sebuah perusahaan atau organisasi memutuskan tujuan yang diinginkan dan menyusun planning taktik bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.





Perencanaan menjadi proses terpenting dari semua fungsi manajemen yang ada. Tanpa adanya perencanaan yang sempurna dan benar, maka fungsi-fungsi lainnya tak akan sanggup berjalan, dan akhirnya keseluruhan operasional perusahaan akan terganggu.





Kegiatan dan acara dalam fungsi perencanaan :





  • Menetapkan arah tujuan dan sasaran bisnis yang ingin dicapai oleh perusahaan atau organisasi.
  • Menyusun strategi dalam upaya untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Membuat rancangan planning kegiatan untuk mencapai target.
  • Menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai target.
  • Menyusun anggaran biaya untuk kegiatan operasional.
  • Menetapkan standar kesuksesan dalam pencapaian suatu tujuan dan sasaran bisnis.




2. Organizing (Pengorganisasian)





Fungsi manajemen berikutnya ialah fungsi pengorganisasian atau organizing. Yang dimaksud pengorganisasian ialah pembagian kiprah dan kegiatan besar menjadi kegiatan kecil pada tiap-tiap anggota sesuai standar dan keahlian masing-masing.





Singkatnya, fungsi ini ialah seluruh proses dalam mengelompokkan semua orang, alat, tugas, tanggungjawab dan wewenang yang dimiliki sedemikian rupa sampai memunculkan kesatuan yang bisa digerakkan dalam mencapai tujuan organisasi.





Kegiatan dan acara dalam fungsi pengorganisasian :





  • Mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan pada tugas-tugas tertentu.
  • Menyusun dan memutuskan tugas-tugas atau job description bagi tiap-tiap anggota.
  • Menetepkan mekanisme yang dibutuhkan dan dijalankan.
  • Menetapkan strukutur perusahaan yang menujukan adanya garis kewenangan serta tanggung-jawab.
  • Merekrut, menyeleksi, melatih, dan menyebarkan tenaga kerja gres untuk perusahaan.
  • Menempatkan tenaga kerja dalam posisi yang sempurna dan sesuai dengan keahliannya.




3. Directing (Pengarahan)





Berikutnya ialah fungsi pengarahan atau directing/actuating. Pengarahan ialah suatu tindakan untuk mengusahakan supaya semua anggota kelompok berusaha untuk sanggup mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.





Fungsi ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja dengan optimal. Selain itu dengan fungsi pengarahan diharapkan sanggup membuat suasana lingkungan kerja yang dinamis, sehat, dan bersinergi satu sama lain.





Kegiatan dan acara dalam fungsi pengarahan :





  • Mengimplementasikan proses kepemimpinan dan pembimbingan pada para pekerja untuk mencapai sasaran bisnis perusahaan.
  • Memberi isyarat kerja mengenai apa-apa saja yang harus dilakukan.
  • Memberikan motivasi pada pekerja supaya bekerja dengan lebih efektif dan efisien.
  • Memberi kiprah beserta penjelasan perihal pekerjaan dan job description secara berkala.
  • Menjelaskan semua kebijakan yang sudah ditetapkan perusahaan.




4. Controlling (Pengendalian)





Fungsi manajemen yang terakhir ialah fungsi pengendalian atau controlling. Fungsi ini dilakukan dengan menilai kinerja yang berdasarkan pada standar yang sudah dibuat, kemudian dilakukan perubahan atau perbaikan bila dibutuhkan.





Dalam menjalankan fungsi pengendalian atau pengawasan ini, suatu perusahaan perlu menyiapkan langkah tata referensi dan planning perusahaan supaya bisa dilakukan dengan efisien dan tidak menelan banyak biaya.





Kegiatan dan acara dalam fungsi pengendalian :





  • Melakukan fungsi pengendalian terhadap para pekerja.
  • Melakukan penilaian keberhasilan dalam proses mencapai tujuan dan sasaran sesuai standar yang sudah disepakati.
  • Menempuh langkah penjelasan serta koreksi atas terjadinya penyimpangan yang ditemukan.
  • Mengawasi tindakan dan hasil dari pekerjaan pada perusahaan.
  • Memberi alternatif solusi atas duduk perkara yang terjadi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.




Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli





Selain 4 fungsi manajemen secara umum di atas, juga terdapat beberapa teori fungsi manajemen berdasarkan para ahli. Meski kurang lebih hampir sama, namun pendapat dari para andal ini juga mempunyai perbedaan.





Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol





Berikut merupakan beberapa fungsi manajemen berdasarkan Henry Fayol beserta penjelasannya :





  1. Planning (perencanaan), yakni melaksanakan perencanaan terkait tujuan dan sasaran perusahaan dan bagaimana taktik untuk mencapai tujuan tersebut dengan sumber daya yang tersedia.
  2. Organizing (pengorganisasian), yakni melaksanakan sinkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
  3. Commanding (pengarahan), yakni memperlihatkan isyarat kepada pekerja supaya sanggup menunaikan kiprah mereka masing-masing sesuai standar yang telah diberikan.
  4. Coordinating (pengkoordinasian), yakni melaksanakan banyak sekali kegiatan supaya tidak terjadi kekacauan, bentrok, kekosongan kegiatan, dengan caraa menghubung-hubungkan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan sehingga saling bersinergi satu sama lain.
  5. Controlling (pengendalian), yakni kegiatan memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, dan dikondisikan sanggup berjalan sesuai target.




Fungsi Manajemen Menurut George R. Terry





Berikut merupakan beberapa fungsi manajemen berdasarkan George R. Terry beserta penjelasannya :





  1. Planning (perencanaan), yakni pembuatan dan penggunaan perkiraan-perkiraan atau asumsi-asumsi untuk masa yang akan tiba dengan cara menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  2. Organizing (pengorganisasian), yakni penentuan, pengelompokkan, dan penyusunan kegiatan yang dipeelukan untuk mencapai tujuan, penempatan pekerja dan penyediaan sumber daya terhadap tiap pelaksanaan kegiatan.
  3. Actuating (pelaksanaan), yakni membangkitkan dan mendorong semua anggota kelompok supaya berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
  4. Controlling (pengendalian), yakni proses penentuan apa yang harus dicapai dan penilaian pelaksanaan kegiatan supaya sesuai dan selaras dengan standar yang telah ditetapkan.




Fungsi Manajemen Menurut Luther Gullick





Berikut merupakan beberapa fungsi manajemen berdasarkan Luther Gullick beserta penjelasannya :





  1. Planning (perencanaan), yakni  tindakan menentukan dan memutuskan segala aktifitas dan sumber daya yang akan dilaksanakan dan dipakai di masa yang akan tiba untuk mencapai tujuan tertentu
  2. Organizing (pengorganisasian), yakni kegiatan pembagi tugas-tugas pada orang yang terlibat dalam kolaborasi di perusahaan.
  3. Staffing (penempatan), yakni menentukan, memilih, mengangkat, membina, dan membimbing sumber daya manusia.
  4. Directing (pengarahan), yakni sumbangan penjelasan, petunjuk, serta pertimbangan dan bimbingan terdapat para petugas yang terlibat supaya pelaksanaan kiprah sanggup berjalan dengan lancar.
  5. Coordinating (pengkoordinasian), yakni melaksanakan banyak sekali kegiatan supaya tidak terjadi kekacauan dan kekosongan acara dengan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan yang ada sehingga menjadi bersinergi.
  6. Reporting (pelaporan), yakni sumbangan warta kepada manajer, sehingga yang bersangkutan sanggup mengikuti perkembangan dan kemajuan kerja. 
  7. Budgeting (pembuatan anggaran), yakni pengendalian organisasi melalui perencanaan fiskal dan akuntansi, terkait anggaran yang dibutuhkan oleh perusahaan.




Fungsi Manajemen Menurut Lyndall F. Urwick





Berikut merupakan beberapa fungsi manajemen berdasarkan Lyndall F. Urwick beserta penjelasannya :





  1. Staffing (penempatan), yakni penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau sumbangan keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan kiprah dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
  2. Planning (perencanaan), yakni perumusan dan penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.
  3. Organizing (pengorganisasian), yakni kegiatan bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran yang ingin dicapai
  4. Controlling (pengendalian), yakni mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan sanggup diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
  5. Commanding (pengarahan), yakni perjuangan memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan kiprah masing-masing, supaya kiprah sanggup dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
  6. Coordinating (pengkoordinasian), yakni melaksanakan banyak sekali kegiatan supaya tidak terjadi kekacauan dan kekosongan kegiatan, dengan cara menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kolaborasi yang terarah.




Nah itulah referensi fungsi-fungsi manajemen beserta penjelasannya, baik fungsi manajemen berdasarkan para andal maupun secara umum. Terdapat 4 fungsi manajemen yang banyak dipelajari yakni fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.




Sumber https://www.zonareferensi.com