Saturday, October 26, 2019

Cara Memakai Unbound Di Windows

Agak frutasi aku simpulan – simpulan ini sebab ISP yang aku pakai kadang DNS servernya tidak berfungsi, jadi secara IP masih ada koneksi internet tapi bila memakai alamat website atau url otomatis tidak ditemukan. Kalau dapat ganti DNS server sih aku santai saja, tapi sebab seluruh traffic DNS niscaya dibajak oleh penyedia internetnya ya percuma. Tidak semudah dulu lagi.


Solusinya? Ya kita harus cari cara melewatinya, minimal semoga seruan DNS kita tidak diambil alih jadi kita dapat browsing tanpa tergantung ISPnya. Salah satu solusi yang dapat anda pakai ialah Unbound yang akan menciptakan forwarder DNS resolver secara lokal. Silahkan eksklusif d0wnl0ad file setupnya dan install.


Setelah itu silahkan buka lokasi folder C:\Program Files\Unbound lalu edit file service.conf dan isikan cuilan arahan berikut:


access-control: 0.0.0.0/0 refuse
access-control: 127.0.0.0/8 allow
forward-zone:
name: "."
forward-addr: 8.8.8.8@5353
forward-addr: 8.8.4.4@5353

Kalau gagal silahkan gunakan alamat IP DNS server lain untuk menggantikan di baris forward-addr menyerupai dari OpenDNS atau OpenNIC, aku memakai Google Public DNS.


Selanjutnya silahkan buka pengaturan service Windows, tekan tombol Windows+R dan isikan services.msc. Kemudian cari nama layanan Unbound DNS Validator dan restart.


 jadi secara IP masih ada koneksi internet tapi bila memakai alamat website atau url  Cara memakai Unbound di Windows


Silahkan ganti DNS server yang dipakai di Windows menuju alamat IP 127.0.0.1 dan OK.


 jadi secara IP masih ada koneksi internet tapi bila memakai alamat website atau url  Cara memakai Unbound di Windows


Akhirnya silahkan tes alamat website yang sebelumnya tidak dapat diakses atau diblokir lewat DNS, semestinya akan dapat dibuka dengan normal kembali sesudah mengaktifkan Unbound. Kalau masih gagal juga aku ingatkan untuk mencoba mencari alamat IP DNS server lain, atau memang berarti penyedia layanan internet anda lebih sakti lagi. 🙁 Alternatifnya anda dapat mencoba DNSCrypt atau terpaksa memakai VPN.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com