Microsoft /Ms Excel tak lepas dari rumus rumus excel yang paling sering dipakai dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data office. kita tahu sendiri kan rumus excel sangat bervariasi dan banyak banget. Buat teman ilmuonline yang lagi mbutuhin rumus Ms excel untuk keperluan kerjaan atau hanya sekedar mau berguru Ms excel sanggup di simak klarifikasi singkat aku di bawah ini :
1. SUM
Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya ialah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 hingga B25
2. AVERAGE
Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :
= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 hingga E7.
3. AND
Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jikalau semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jikalau semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
Contoh masalah : Peserta ujian dinyatakan lulus jikalau nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jikalau kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
4. NOT
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jikalau kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jikalau kondisi yang di uji BENAR
5. OR
Fungsi Menghasilkan TRUE jikalau beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jikalau semua argument SALAH
6. SINGLE IF
Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, pola kasus
7. MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. pola kasus
8. AREAS
Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu rujukan (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus
9. CHOOSE
Fungsi Menampilkan hasil pilihan menurut nomor indeks atau urutan pada suatu rujukan (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.
10. HLOOKUP
Fungsi Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus menurut urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau abjad A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan sajian Ascending. pola kasus
11. VLOOKUP
Fungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama harus menurut urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau abjad A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan sajian Ascending. pola kasus
12. MATCH
Fungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di memutuskan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. pola kasus
13. COUNTIF
Fungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun rumus yang serng dipakai ialah =COUNTIF(range;kriteria).
Misal : menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari pola tadi keterangan siswa berada di range D1 hingga D45 dimana keterangannya remidi. maka karenanya ialah total siswa yang remidi.
Dan masih banyak lagi rumus-rumus excel yang mungkin sanggup teman pelajari sendiri. atau teman sanggup juga mbaca panduan /contoh masalah dari kumpulan rumus-rumus excel 2007 disini.
Perhatian : Dalam beberapa masalah rumus yang memakai koma “,” tanpa petik atas ” tidak sanggup di gunakan, jadi teman ganti tanda koma”,” dengan tanda titik koma “;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com