Tuesday, November 13, 2018

√ Struktur Dari Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi, tahukah Anda menyerupai apa susunannya? Sebuah teks sanggup dikenali jenisnya dengan cara melihat struktur yang dimiliki teks tersebut. Begitupun yang terjadi pada sebuah teks eksposisi yang mempunyai struktur khas yang menjadi pembeda dengan jenis teks lainnya. Struktur ini sangat penting sebab bertanggung jawab untuk membentuk sebuah teks menjadi teks eksposisi. Jadi, struktur teks eksposisi ini sanggup kita katakan sebagai kerangka penyusun dari suatu teks eksposisi. Ketika Anda berencana untuk menciptakan karangan teks eksposisi, maka Anda wajib untuk mengetahui struktur ini. Mengingat pentingnya struktur ini, maka pada kesempatan ini kami akan menunjukkan isu pengetahuan wacana struktur teks eksposi yang sanggup membantu Anda dalam memahami teks eksposisi, selamat membaca.

 Sebuah teks sanggup dikenali jenisnya dengan cara melihat struktur yang dimiliki teks terse √ Struktur dari Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Struktur dalam sebuah teks eksposisi terdiri dari beberapa bagian, yaitu pembukaan, tesis (pendapat), argumen, dan penutup. Berikut ini penjelasannya satu per satu:

Pembukaan

Dalam suatu teks eksposisi, belahan pembukaan yakni suatu belahan yang isinya memuat wacana pandangan awal penulis dikala menempatkan topik dalam suatu rangkaian yang relevan. Pandangan awal ini sifatnya opsional, artinya boleh ada boleh tidak.

Tesis (Pendapat)

Tesis dalam struktur teks eksposisi yakni suatu belahan yang berisi pendapat penulis atau orang lain terkait topik yang dipermasalahkan dalam teks eksposisi. Bagian tesis menjadi daerah gagasan utama atau prediksi dari penulis terkait permasalahan yang dilandasi fakta. Bagian ini juga berfungsi sebagai daerah bagi penulis untuk; oke atau tidak, boleh atau tidak boleh, halal atau haram, dan sejenisnya. Di belahan inilah pendirian penulis diperlihatkan.

Argumen

Dalam sebuah teks eksposisi, belahan argumen ini memuat alasan berupa bukti yang sanggup mendukung tesis penulis. Berisi klarifikasi secara lebih mendalam wacana pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya lewat pengungkapan fakta-fakta sebagai klarifikasi argumen penulis. Bagian ini di tandai dengan kalimat-kalimat yang menyatakan pendapat penulis terkait permasalahan yang menjadi topik pembicaraan.

Penutup

Bagian epilog dalam teks eksposisi biasanya berupa penguatan atau penegasan kembali tesis (pendapat) yang dikemukakan oleh penulis namun dengan kalimat yang berbeda. Pendapat ini telah ditunjang sebelumnya oleh keseluruhan fakta dalam belahan argumentasi.

Sekian uraian wacana Struktur dari Teks Eksposisi, biar bermanfaat. 

Sumber http://www.ilmusiana.com