Thursday, November 8, 2018

√ 5 Pola Teks Anekdot

Teks anekdot dalam banyak contoh terdiri dari kisah atau dongeng tertentu. Isinya singkat, pendek, lucu wacana banyak sekali topik, ibarat pendidikan, politik, sosial, hukum, atau sindiran terhadap sesuatu. Mengapa? Yah, alasannya memang ibarat itulah adanya sebuah teks anekdot. Jika dilihat dari pengertiannya, teks anekdot ialah teks yang berisi kisah singkat wacana sesuatu, seseorang, kejadian, atau hal-hal yang berkenan dengan gagasan tertentu. Dengan format yang singkat dan pendek, sebuah teks anekdot mempunyai sifat yang sangat elastis dan liat, yang membuatnya mempunyai banyak kemungkinan pembacaan. Sehingga, selain kelucuan, dalam sebuah anekdot kita sekaligus sanggup menemukan kegetiran, keanehan, dan terutama kearifan hidup. Jadi, teks anekdot dilarang dipahami sebagai hanya berisi kisah lucu saja, tetapi dalam teks tersebut pedoman atau pesan hidup sanggup juga kita temukan.

5 Contoh Teks Anekdot

 terdiri dari kisah atau dongeng tertentu √ 5 Contoh Teks Anekdot
Contoh-contoh teks anekdot yang Anda baca dikala ini sengaja kami hadirkan untuk Anda yang kebetulan sedang mencarinya. Sejauh yang kami amati, teladan teks ini dicari oleh hampir semua kalangan. Ada yang menggunakannya untuk menuntaskan kiprah sekolah, materi pidato, atau sekedar dijadikan materi dagelan dengan teman-teman. Untuk sanggup beranekdot tentunya diharapkan cerita-cerita anekdot yang menghibur sehingga disukai oleh pendengar. Maka dari itu, rasanya sempurna sekali ilmusiana.com menghadirkan juga dalam postingan ini beberapa teladan wacana teks anekdot. Contoh ini bebas Anda gunakan kapan pun Anda mau. Tentunya kami pun merasa bahagia sanggup memperlihatkan sedikit donasi bagi Anda yang sedang ingin beranekdot ria.

Artikel Terkait: 4 Contoh Karangan Teks Eksposisi

Contoh Teks Anekdot

Contoh teks anekdot yang kami sajikan melalui uraian dibawah ini terdiri dari 5 contoh. Cukup banyak bukan? Agar bervariasi, kami akan membaginya ke dalam beberapa topik. Seperti yang kami sebutkan di awal, topiknya wacana pendidikan, politik, sosial, hukum, dan sindiran. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini ialah beberapa teladan teks anekdot:

Contoh Teks Anekdot wacana Pendidikan

SBI: Sekolah Bertarif Internasional

Suatu ketika di sebuah sekolah negeri "Entah Dimana", seorang ibu guru memberi tahu kepada anak didiknya bahwa sekolah mereka akan berubah status menjadi sekolah SBI. "Anak-anak, ada kabar bangga untuk kita semua. Tidak usang lagi Sekolah kita akan menjadi sekolah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yang akan kalian siapkan? Tanya sang guru. "Joni, apa yang akan kau lakukan untuk menyambut ini?" Tanya guru tersebut lebih lanjut. Dengan sigap si Joni pun menjawab pertanyaan guru “Belajar bahasa Inggris semoga bisa berbicara bahasa Inggris bu" jawab joni.
"Bagus sekali. Kalau kamu, Jono?" tanya guru kepada Jono
"Harus siapkan uang, Pak” Jawab Jono
"Lho kok uang?" Tanya guru lebih lanjut
"Ya Pak. Soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah SBI, niscaya bayarnya lebih mahal. Masa sih  bayarnya sama kayak sekolah biasa? Udah gitu, niscaya nanti diminta iuran untuk ini itu" Jelas Jono lebih lanjut.
"Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita itu setara dengan sekolah luar negeri. Jadi, kalian ibarat sekolah di luar negeri" Sang guru melanjutkan penjelasannya.
"Tapi Pak, kalau berdasarkan saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Internasional." Jono juga melanjutkan pejelasannya.
Akhirnya ibu guru tersebut kebingungan membalas kata-kata Jono dan pribadi membahas materi pelajaran. Sebagai informasi tambahan, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) kini ini sudah dibubarkan oleh MK.

Contoh Teks Anekdot wacana Politik

Anggota dewan perwakilan rakyat dan Burung Beo

Dalam sebuah sesi istrahat, seorang anggota dewan perwakilan rakyat terlihat sedang duduk bersantai dengan temannya sesama anggota DPR. Untuk mengisi waktu, seorang anggota dewan perwakilan rakyat pun membuka memulai percakapan.
Anggota dewan perwakilan rakyat 1: "Saya punya burung beo yang sudah diajarkan dua bahasa sekaligus, dan burung beo tadi bisa menirukannya dengan sangat baik,  satu bahasa Inggris dan lainnya bahasa Belanda. Kaprikornus kalau kaki kanannya ditarik, burung beo  akan bicara bahasa Inggris dan kalau kaki kirinya yang ditarik burung beo akan bicara bahasa Belanda, hebatkan!"
Anggota dewan perwakilan rakyat 2: "Wah, mahir banget!"
"Bagaimana kalau kedua kakinya ditarik?" Tanya anggota dewan perwakilan rakyat 1
"Wah niscaya burung beo tadi bisa dua bahasa sekaligus!" Jawab anggota dewan perwakilan rakyat 2
"Salah"
"Oh mungkin dua bahasa tadi saling bercampur aduk!"
"Salah"
"Atau mungkin salah satu katanya akan ketukar, satu bahasa Inggris dan kata kedua bahasa Belanda"
"Salah"
"Loh, jadi gimana dong?"
"Yang terang kalau dua kakinya ditarik burung beonya niscaya jatuh dari sarangnya, dasar bego!"
"Eh jangan ngeledek yah, gini gini gua juga anggota dewan perwakilan rakyat sama ibarat kamu, masa lu bilang bego!"
"DPR bego, dewan perwakilan rakyat bego, dewan perwakilan rakyat bego!" Suara burung beo terdengar berulang-ulang.

Contoh Teks Anekdot Tema Sosial

Bebas dari Kemiskinan

Barack Obama: Ya Tuhan, kapan rakyatku akan bebas dari kemiskinan?
Tuhan: 25 Tahun lagi
Obama: *menangis tersedu-sedu
Tony Abbott: Ya Tuhan, kapan rakyatku bebas dari kemiskinan?
Tuhan: 20 tahun lagi
Abbott: *menangis tersedu-sedu
Jokowi: Ya Tuhan, kapan rakyatku bebas dari kemiskinan?
Tuhan: *menangis tersedu-sedu

Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum

Pencuri Ikan di Hukum Seumur Hidup

Setelah melewati proses peradilan, seorang narapidana muda kesudahannya dijebloskan ke dalam sel penjara. Hari pertama, seorang napi bau tanah bertanya padanya: "Usiamu masih sangat muda kok sudah masuk penjara, kejahatan apa yang telah kau perbuat?"
"Saya mencuri ikan pak", jawab narapidana muda itu dengan singkat.
Narapidana tua: "Kamu sanggup vonis berapa tahun?"
"Saya dieksekusi seumur hidup pak dengan masa percobaan 2 tahun"
Dengan rasa heran napi bau tanah itu bertanya lebih jauh : "Pencurian ikan kok hingga dieksekusi seberat ini, apa ikan yang kau curi itu ikan paus?"
Narapidana muda: "Saya hanya membom ikan di dalam sebuah waduk pak, dengan sebuah detonator tenggelam, kemudian 3 ekor ikan mengambang di permukaan air"
Narapidana tua: "Kasus ini kan hanya perkara biasa, paling-paling kau ditahan 2 hari saja"
Narapidana muda: "Pokok masalahnya adalah, tidak usang kemudian mengapung pula mayit beberapa orang penyelam"
Narapidana tua: "Hahaha, pantas saja kau masuk penjara, ternyata yang kau bom tidak cuma ikan saja, melainkan insan juga ikut terkena bom tersebut".
Dan kesudahannya narapidana bau tanah tercengang dan tertawa akan klarifikasi narapidana muda tersebut. Situasi kembali normal dan mereka bahu-membahu berbincang-bincang dalam penjara.

Contoh Teks Anekdot Sindiran

TRANSTV milik Raffi Ahmad

TRANSTV, salah satu stasiun TV swasta populer kesudahannya menerima teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia. Bagaimana tidak, stasiun TV tersebut dianggap menyiarkan ijab kabul Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan cara berlebihan. Hal itu dirasa tidak bermanfaat untuk publik luas. Ternyata, belakangan terungkap bahwa TRANSTV ialah kependekan dari Televisi Raffi Ahmad Nagita Slavina, hehehe.
Sekian uraian wacana 5 Contoh Teks Anekdot, semoga bermanfaat. 

Sumber http://www.ilmusiana.com