Friday, September 7, 2018

√ 2 Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog Wordpress, Plugin Tanpa Plugin

Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress – Baru dua hari ini saya mencoba memakai sistem komentar dengan Disqus. Dulu sempat berkali-kali mencoba komentar Disqus, tapi entahlah waktu itu belum minat sehingga dilepas kembali. Mungkin untuk kali ini saya akan terus memakai sistem komentar Disqus dengan alasan Insya Allah pada artikel selanjutnya akan saya bahas apa kelebihan dan kekurangannya memakai sistem komentar Disqus. Saya rasa ketika ini terlalu dini alasannya yakni sayapun belum usang memakai komentar Disqus. Pada kesempatan baik ini saya akan membuatkan cara memasang sistem komentar WordPress dengan Disqus, dan disini saya membaginya kedalam dua cara yaitu dengan plugin dan tanpa plugin.


Baca Juga : Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress Sekaligus Embed Flash Google Site


Seperti yang sudah kita tahu kalau CMS WordPress itu salah satu CMS yang paling banyak dipakai di dunia alasannya yakni kelengkapan dan kemudahannya dalam mengelola blog. WordPress didukung oleh ribuan plugin gratis dan berbayar biar kinerja WordPress baik desain dan SEO semakin mantab. Begitupun dengan memasang sistem komentar Disqus di WordPress, bila Anda tidak mau ribet dengan urusan script atau isyarat maka gunakanlah plugin saja. Dengan plugin tinggal klik, install, aktifkan, setting, kemudian selesai.


Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress √ 2 Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress, Plugin  Tanpa Plugin


Banyak blog kecil dan besar di dunia yang memakai sistem komentar Disqus di blognya. Kemudahan Disqus dalam hal mengintegrasikan Disqus dengan banyak sekali macam engine blog maka tak heran kalau sistem komentar Disqus banyak yang memilihnya.


Berikut Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress


Yang akan saya bahas pertama yakni cara memasang komentar Disqus memakai plugin. Plugin apakah yang sanggup kita gunakan untuk memasang sistem komentar Disqus di WordPress, ya tentunya plugin Disqus. Silakan Anda d0wnl0ad plugin Disqus Comment System kemudian Anda install di blog WordPres.


1. Cara Memasang Sistem Komentar Disqus Dengan Plugin


Tidak sulit pasang plugin Disqus di WordPress alasannya yakni tidak banyak pengaturan yang harus kita tentukan. Setelah kita sukses menginstall dan mengaktifkan Disqus Comment System maka nanti untuk mengkonfigurasinya sanggup Anda lihat pada sajian Comments kemudian Disqus. Disini kita tinggal klik pilih Upgrade dan tunggu beberapa saat.


Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress √ 2 Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress, Plugin  Tanpa Plugin


Sebelum sistem komentar Disqus sanggup dipakai maka Anda perlu mengintegrasikan Disqus dengan CMS WordPress Anda. Disini Anda harus memasukkan Username dan Password akun Disqus yang Anda miliki. Jika Anda belum terdaftar atau belum mempunyai akun Disqus, silakan daftar dulu saja di Disqus Signup.


Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress √ 2 Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress, Plugin  Tanpa Plugin


Ok saya anggap Anda sudah mempunyai akun Disqus dan disini kita tinggal mengintegarasikannya saja. Jika sudah sukses menyambungkan akun Disqus dengan WordPress menyerupai pada langkah diatas, selanjutnya Anda akan diantarkan kehalaman Plugin Settings. Lihat statusnya, disana seharusnya status Enabled maka Disqus sudah terhubung baik dengan WordPress. Anda setting seperlunya saja diadaptasi dengan kebutuhan.


Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress √ 2 Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress, Plugin  Tanpa Plugin


Yang paling wajib yakni bila umur blog Anda sudah usang atau setidaknya WordPress Anda sudah mempunyai koleksi komentar maka Anda wajib mengimpor komentar usang ke akun Disqus. Agar nantinya setiap komentar yang sudah masuk ke WordPress sanggup tampil juga di sistem komentar Disqus. Caranya dari tab Import and Export silakan Anda klik pilih Export Comments. Tunggu beberapa ketika dan usang sedikitnya proses Export tergantung jumlah komentar yang Anda miliki dan tentunya tergantung koneksi internet juga.


Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress √ 2 Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress, Plugin  Tanpa Plugin


Selesai dan kini sistem komentar WordPress sudah memakai Disqus dan komentar tinggal dipakai saja. Praktis dan simple tentunya bila yang kita pilih metode memakai plugin.


2. Cara Memasang Sistem Komentar Disqus Tanpa Plugin


Anda tidak suka dengan plugin? Apapun alasannya misal takut memberatkan loading WordPress dan sebagainya maka silakan ikuti petunjuk kedua ini.



Untuk memasang sistem komentar Disqus tanpa plugin di blog WordPress kita akan melewati dua langkah saja. Dan pastikan Anda ketika ini sudah mempunyai akun Disqus. Apa dua langkah tersebut? Pertama memasang isyarat di single.php atau Single Post dan kedua memasang isyarat di footer.php atau Theme Footer.


Silakan Anda buka file single.php WordPress Anda sanggup melalui Dashboard atau cPanel. Cari dan temukan isyarat <?php comments_template( '', true ); ?> yang terdapat di dalam file single.php. Kode php tersebut yakni untuk menampilkan komentar default WordPress. Silakan Anda hapus isyarat tersebut dan ganti dengan isyarat berikut.


<div id="disqus-comments">
<div id="disqus_thread"></div>
</div>
<script>
var disqus_config = function () {
this.page.url = '<?php echo get_permalink(); ?>';
};
</script>
<noscript>Please enable JavaScript to view the <a href="https://disqus.com/?ref_noscript">comments powered by Disqus.</a></noscript>

Selesai memasang isyarat php diatas didalam file single.php langkah selanjutnya Anda buka juga file footer.php. Pasang script berikut didalam file footer.php tepatnya diatas isyarat </body>.


<script>
(function() {
var d = document, s = d.createElement('script');
s.src = '//username.disqus.com/embed.js';
s.setAttribute('data-timestamp', +new Date());
(d.head || d.body).appendChild(s);
})();
</script>


Ganti username pada kata yang saya cetak tebal dan warna merah diatas dengan username Disqus Anda. Jika Anda memakai plugin Cache atau CDN CloudFlare silakan hapus dulu cache WordPress Anda untuk melihat perubahan halaman posting tepatnya pada sistem komentar apakah sukses atau tidaknya memakai Disqus.


Bagaimana gampang bukan? saya sudah cek sendiri script diatas di LocalHost dan berhasil. Oh iya untuk melihat setiap komentar yang masuk ke WordPress Anda, nanti Anda sanggup melihatnya di URL. https://username.disqus.com/admin/moderate/


Ok mungkin hanya itu saja goresan pena perihal Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress dengan Plugin dan Tanpa Plugin. Semoga goresan pena ini ada keuntungannya dan selamat mencoba, semoga sukses!



Sumber http://info-menarik.nett