Sunday, August 5, 2018

√ Bisakah Kekurangan Cairan Tubuh Mengakibatkan Kram Perut?

Dehidrasi mengakibatkan kram, bisakah? Jawabannya yaitu iya. dehidrasi merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko Anda dalam terkena kram otot perut. Banyak atlet yang kelelahan dan tidak minum cukup kemudian menderita kram otot.


Go DokSaat di tengah acara olahraga, pernahkah Anda tiba-tiba merasa nyeri di kepingan perut dan sekitarnya? Ya, kemungkinan besar Anda mengalami kram pada otot perut. Kondisi ini seringkali terjadi pada seseorang ketika berolahraga, atau sesudah berolahraga.


Tak hanya itu, kram juga kadang terjadi ketika Anda duduk terlalu lama, dan bangun tiba-tiba. Nah, salah satu rumor yang beredar adalah, bahwa kehilangan cairan tubuh merupakan salah satu hal yang mengakibatkan kram perut.


Seberapa banyak kebenaran yang terkandung pada rumor ini? Benarkah kehilangan cairan tubuh mengakibatkan kram perut? Untuk menjawabnya, yuk simak klarifikasi lengkap berikut ini!


Apa itu kram perut?


Sebelum membahas wacana bisakah dehidrasi menyebabkan kram perut, ada baiknya Anda mengenal definisi kram perut itu sendiri. Kram perut, atau kram otot pada perut merupakan kontraksi yang mendadak dan terjadi di luar kontrol tubuh Anda.


Meskipun tidak termasuk kondisi yang berbahaya, namun kram otot sanggup mengakibatkan rasa nyeri yang cukup hebat. Ditambah lagi, Anda tidak akan bisa menggerakkan otot yang terkena kram selama beberapa saat.


Terlalu usang dan terlalu keras berolahraga atau melaksanakan pekerjaan berat, terutama pada cuaca yang panas, bisa mengakibatkan kram otot perut. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu atau kondisi kesehatan tertentu.


Lalu, benarkah kehilangan cairan tubuh mengakibatkan kram perut?


Jawabannya adalah, ya. Dehidrasi bisa menjadi salah satu pemicu atau penyebab terjadinya kram otot perut. Perlu Anda ketahui, bahwa kehilangan cairan tubuh merupakan suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak menerima asupan cairan yang cukup.


Hal ini jikalau dibiarkan, terutama dalam cuaca panas, bisa mengakibatkan Anda pusing bahkan pingsan. Menurut Mayo Clinic, kehilangan cairan tubuh merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko Anda dalam terkena kram otot perut. Banyak atlet yang kelelahan dan tidak minum cukup kemudian menderita kram otot.


John Higgins, M.D., seorang profesor asosiasi di bidang pengobatan kardiovaskular dari University of Texas, menjelaskan bahwa kehilangan cairan tubuh hanyalah salah satu penyebab minor dari kram perut. Hal ini bisa terjadi ketika di tengah cuaca yang panas, Anda berolahraga terlalu keras, dan kurang minum.


Higgins menyampaikan bahwa semakin panas tubuh Anda, semakin keras otot Anda bekerja, maka semakin besar risiko Anda dalam terkena kram otot perut. Pasalnya, kram merupakan dampak pribadi dari tubuh ketika menjadi terlalu panas dan tidak menerima asupan cairan yang cukup.


Selain kekurangan cairan, kekurangan sodium dan potasium juga bisa mengakibatkan Anda terkena kram perut.


Tak hanya di cuaca panas, bahkan di cuaca yang relatif sejuk pun, Anda bisa mengalami kehilangan cairan tubuh jikalau tidak minum cairan dalam jumlah yang diharapkan oleh tubuh. Menurut Higgins, kram perut yang disebabkan oleh campuran cuaca panas, kerja otot yang terlalu keras, serta dehidrasi, masih tergolong kram otot ringan. Kondisi ini akan lebih cepat hilang dibandingkan jenis kram otot dengan penyebab lain.


Nah, apa solusinya?


Setelah mengetehaui penyebab dehidrasai mengakibatkan kram perut kita harus mengetahui solusinya. Jangan memaksakan diri berolahraga terlalu keras, tanpa mengonsumsi cairan yang cukup. Jika Anda berolahraga di bawah cuaca yang terlalu panas, pastikan Anda selalu membawa sebotol besar air minum dan mengonsumsinya secara berkala.


 Jika Anda menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik, maka Anda juga akan mengurangi risiko serangan panas dan kram otot, serta membantu tubuh sembuh lebih cepat jikalau menderita kram otot perut.


Nah, itu ia serba-serbi mengenai kehilangan cairan tubuh mengakibatkan kram perut. Semoga bermanfaat, ya!


 


Baca juga:



Konsultasi dokter sekarang bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm