Thursday, July 12, 2018

Download Desain Spanduk Tahun Gres Hijriyah (Cdr)

Tahun gres hijriyah (1 Muharram) atau biasa di sebut tahun gres Islam diperingati setiap tahun, dan setiap selesai tahun umat islam di seluruh dunia merayakannya dengan do’a bersama. Ada tata cara memperingati tahun gres hijriyah (muharrom) yang harus kau ketahui sebelum menjalankannya, serta tak lupa pula penulis akan membuatkan desain spanduk tahun gres hijriyah (1 Muharram) dalam format corel draw (.cdr) yang mudah-mudahan mempunyai kegunaan buat rekan-rekan muslim yang membutuhkan.


Sebentar lagi akan memasuki 1 Muharram, dan pada tahun 2018 Masehi ini, akan ada peringatan tahun gres hijriyah 1440 H yang biasanya dirayakan dengan berdoa bersama di selesai tahun dan awal tahun 1 Muharram. Dikutip dari rumaysho.cm, bulan muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.


Bulan Muharram Termasuk Bulan Haram


Dalam agama ini, bulan Muharram (dikenal oleh orang Jawa dengan bulan Suro), merupakan salah satu di antara empat bulan yang dinamakan bulan haram. Lihatlah firman Allah Ta’ala berikut.


إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ


”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah yaitu dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia membuat langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kau menganiaya diri kau dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)


Ibnu Rajab mengatakan, ”Allah Ta’ala menjelaskan bahwa semenjak penciptaan langit dan bumi, penciptaan malam dan siang, keduanya akan berputar di orbitnya. Allah pun membuat matahari, bulan dan bintang kemudian menimbulkan matahari dan bulan berputar pada orbitnya. Dari situ muncullah cahaya matahari dan juga rembulan. Sejak itu, Allah menimbulkan satu tahun menjadi dua belas bulan sesuai dengan munculnya hilal. Satu tahun dalam syariat Islam dihitung menurut perputaran dan munculnya bulan, bukan dihitung menurut perputaran matahari sebagaimana yang dilakukan oleh Ahli Kitab.”


Jadi empat bulan suci yang dimaksud yaitu (1) Dzulqo’dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) Rajab.  Oleh alasannya yaitu itu bulan Muharram termasuk bulan haram.


Di Balik Bulan Haram


Lalu kenapa bulan-bulan tersebut disebut bulan haram? Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah mengatakan, ”Dinamakan bulan haram karena dua makna.


Pertama, pada bulan tersebut diharamkan banyak sekali pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian.


Kedua, pada bulan tersebut larangan untuk melaksanakan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya alasannya yaitu mulianya bulan tersebut. Demikian pula pada ketika itu sangatlah baik untuk melaksanakan amalan ketaatan.”


Karena pada ketika itu yaitu waktu sangat baik untuk melaksanakan amalan ketaatan, sampai-sampai para salaf sangat suka untuk melaksanakan puasa pada bulan haram. Sufyan Ats Tsauri mengatakan, ”Pada bulan-bulan haram, saya sangat bahagia berpuasa di dalamnya.”


Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melaksanakan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.”


Bulan Muharram adalah Syahrullah (Bulan Allah)


Suri tauladan dan panutan kita, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,


أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ


Puasa yang paling utama sehabis (puasa) Ramadhan yaitu puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama sehabis shalat wajib yaitu shalat malam.”


Bulan Muharram betul-betul istimewa alasannya yaitu disebut syahrullah yaitu bulan Allah, dengan disandarkan pada lafazh jalalah Allah. Karena disandarkannya bulan ini pada lafazh jalalah Allah, inilah yang menyampaikan keagungan dan keistimewaannya.


Perkataan yang sangat manis dari As Zamakhsyari, kami nukil dari Faidhul Qodir (2/53), beliau rahimahullah mengatakan, ”Bulan Muharram ini disebut syahrullah (bulan Allah), disandarkan pada lafazh jalalah ’Allah’ untuk menyampaikan mulia dan agungnya bulan tersebut, sebagaimana pula kita menyebut ’Baitullah’ (rumah Allah) atau ’Alullah’ (keluarga Allah) ketika menyebut Quraisy. Penyandaran yang khusus di sini dan tidak kita temui pada bulan-bulan lainnya, ini menyampaikan adanya keutamaan pada bulan tersebut. Bulan Muharram inilah yang menggunakan nama Islami. Nama bulan ini sebelumnya adalah Shofar Al Awwal. Bulan lainnya masih menggunakan nama Jahiliyah, sedangkan bulan inilah yang menggunakan nama islami dan disebut Muharram. Bulan ini yaitu seutama-utamanya bulan untuk berpuasa penuh sehabis bulan Ramadhan. Adapun melaksanakan puasa tathowwu’ (puasa sunnah) pada sebagian bulan, maka itu masih lebih utama daripada melaksanakan puasa sunnah pada sebagian hari menyerupai pada hari Arofah dan 10 Muharram. Inilah yang disebutkan oleh Ibnu Rojab. Bulan Muharram mempunyai keistimewaan demikian alasannya yaitu bulan ini yaitu bulan pertama dalam setahun dan pembuka tahun.”


Download Desain Spanduk Tahun Baru Hijriyah (Cdr)


 atau biasa di sebut tahun gres Islam diperingati setiap tahun Download Desain Spanduk Tahun Baru Hijriyah (Cdr)


Buat para pembaca ilmuonline.net yang ingin mengucapkan selamat tahun gres hijriyah / 1 muharram dapat mend0wnl0ad desain spanduk tahun gres hijriyah 1 muharram dalam format corel draw (.cdr) berikut ini.


Download Desain Spanduk Tahun Baru Hijriyah / 1 Muharram (Cdr)



Sumber aciknadzirah.blogspot.com