Wednesday, July 11, 2018

√ Cara Perlindungan Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (Vba) Excel

Cara Proteksi Visual Basic Application Excel – VBA atau Visual Basic for Application ialah bahasa pemrograman  yang dibentuk khusus oleh Microsoft untuk sanggup dipakai demi meningkatkan kemampuan aplikasi yang dibentuk oleh Office. VBA ini tolong-menolong bukan hanya terdapat pada Office Excel saja. VBA sanggup kita temukan juga di Office Word, Office Access, dan Office Power Point. Bahasa sederhananya VBA pada Office ialah sebuah aktivitas yang berisi serangkaian perintah untuk mengatur beberapa jenis aspek pada Office itu sendiri. Hal ini demi menciptakan pekerjaan di Office menjadi lebih efektif dan efesien.


Baca Juga : Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel Agar Tidak Bisa Di Edit Orang Lain


Terkadang demi keamanan, kita perlu mengunci halaman Visual Basic Office semoga tidak bisa dibuka oleh orang lain. Apapun pekerjaan yang kita buat melalui halaman Visual Basic Office maka sebaiknya Anda proteksi.


Cara Proteksi Visual Basic Application Excel √ Cara Proteksi Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Excel


Tentunya jikalau halaman Visual Basic Office kita beri password maka orang lain tidak akan bisa membuka bahkan melihat serangkaian arahan yang telah kita atur sedemikian rupa. Sangat disayangkan jikalau aplikasi atau pekerjaan yang susah-susah kita buat namun oleh orang lain seenaknya diubah kode-kodenya. Oleh alasannya ialah itu silakan anda kunci saja halaman Visual Basic dengan kata sandi yang sulit ditebak orang lain.


Berikut Cara Memberi Proteksi Visual Basic For Application (VBA)


Dalam rujukan kali ini saya akan menawarkan rujukan pada Office Excel. Karena Office Excel paling banyak dipakai orang-orang untuk menciptakan aplikasi menyerupai aplikasi raport, aplikasi buku induk, aplikasi perkantoran, dan sebagainya.


Sebetulnya tidak sulit juga untuk memberi perlindungan pada Visual Basic Office Excel. Kita tidak perlu memakai arahan khusus, alasannya ialah fitur perlindungan ini sudah disediakan secara default oleh Microsoft. Sedangkan kita tinggal mengaktifkannya saja.


Baca Juga : Cara Memberi Proteksi File Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Orang Lain


Ketika kita telah menciptakan aplikasi tertentu di Office Excel biasanya semoga data di Excel tidak bisa di edit orang lain maka kita proteksi. Namun tetap saja perlindungan tersebut masih bisa dibobol orang lain dengan membuka proteksinya meskipun orang lain tidak tahu kata sandinya. Tapi biasanya orang lain saat ingin membobol perlindungan Office Excel akan masuk ke halaman Visual Basic untuk membenamkan koding pada Module VBA. Nah jikalau halaman VBA kita perlindungan maka orang lain yang ingin membobol data Office Excel jadi tidak bisa melakukannya.


Silakan untuk menawarkan perlindungan pada VBA Office Excel Anda buka halaman VBA dengan cara cepat saja yaitu menekan Alt+F11 pada keyboard. Setelah jendela VBA aktif, Anda klik kanan pada Workbook yang ingin di perlindungan kemudian klik pilih VBAProject Properties.


Cara Proteksi Visual Basic Application Excel √ Cara Proteksi Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Excel


Pada jendela VBAProject Properties silakan Anda klik tab Protection. Centang/checklist pada Lock project for viewing kemudian buat kata sandi yang sulit ditebak orang lain pada kolom Password to view project properties.


Cara Proteksi Visual Basic Application Excel √ Cara Proteksi Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Excel


Anda Save Project Excel dan Close kemudian buka lagi halaman VBA Office Excel. Ketika Anda akan melaksanakan perubahan apapun maka akan diminta untuk memasukkan Password. Dengan begitu hanya Anda sajalah kini yang sanggup mengendalikan VBA tersebut.


Cara Proteksi Visual Basic Application Excel √ Cara Proteksi Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Excel


Bagaimana gampang bukan? Mungkin hanya itu saja artikel singkat ihwal Cara Proteksi Visual Basic Application Excel. Meskipun artikel ini singkat, namun semoga saja ada keuntungannya bagi yang membutuhkan. Salam sukses selalu!



Sumber http://info-menarik.nett