Saturday, June 23, 2018

Macam Macam Kabel Jaringan Komputer

Meskipun sampaumur ini penggunaan wireless untuk jaringan sudah banyak di terapkan, terutama di ruang-ruang publik menyerupai perpustakaan, rumah sakit, atau bandara, namun penggunaan kabel jaringan juga masih umum digunakan. Instalasi jaringan yang memakai kabel sebagai media utama dalam transmisi data, mempunyai beberapa laba seperti: kebutuhan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan penggunaan wireless; cenderung lebih stabil dalam proses transmisi data, tidak terpengaruh cuaca, dan sanggup menyuplai kebutuhan jaringan di tempat pelosok yang belum mempunyai wireless access point.


Namun penggunaan kabel jaringan komputer juga mempunyai beberapa kelemahan, contohnya membutuhkan jumlah kabel yang banyak kalau diaplikasikan pada jaringan lokal yang besar atau luas. Penempatan kabel juga perlu diperhatikan, biar terhindar dari kerusakan menyerupai di gigit tikus, dst. Selain itu penempatan kabel yang kurang rapi juga mengganggu pemandangan, terutama kalau instalasi jaringan tersebut melibatkan banyak kabel.


Kabel jaringan sanggup diterapkan pada aneka macam jenis jaringan. Namun dalam penggunaannya, tipe kabel jaringan yang digunakan perlu diadaptasi dengan kebutuhan menurut topologi jaringan yang diterapkan, ukuran jaringan, protokol jaringan yang dipakai, serta kondisi jaringan itu sendiri.


Macam Macam Kabel Jaringan Komputer


Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai macam – macam kabel jaringan, sebagai berikut:




  1. Kabel Coaxial




Kabel coaxial merupakan macam kabel jaringan komputer yang mempunyai dua penghantar dan diselubungi oleh dua tingkat isolasi/ pelindung. Bagian inti kabel coaxial merupakan kawat tembaga, yang berfungsi sebagai media transfer data. Bagian ini dilindungi oleh kulit pelapis konduktor yang melindungi kabel dari efek elektromagnetik. Lapisan ketiga merupakan serabut kabel terpilin yang berfungsi sebagai grounding. Lapisan terluar merupakan isolator dari materi PVC atau plastik yang melindungi kabel dari goresan.


Kabel coaxial memungkinkan instalasi jaringan berbiaya rendah, namun jangkauan kabel ini terbatas maksimal 500 meter saja. Selain itu keandalan serta kualitas transmisinya juga terbatas. Kabel ini hanya mempunyai kecepatan transmisi maksimal sampai 100 MBps. Tingkat kesulitan instalasi jaringan memakai kabel coaxial cukup tinggi, dan port untuk konektor BNC juga sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer terbaru. Sehingga penggunaan kabel coaxial untuk instalasi jaringan sudah mulai ditinggalkan.


Meskipun sampaumur ini penggunaan wireless untuk jaringan sudah banyak di terapkan Macam Macam Kabel Jaringan Komputer




  1. Twisted Pair




Kabel twisted pair merupakan macam kabel jaringan komputer yang terdiri dari pasangan kabel yang dibentuk saling melilit satu sama lainnya, sehingga membentuk spiral. Tujuannya ialah untuk mengurangi terjadinya interferensi listrik. Kabel twisted pair merupakan jenis kabel jaringan yang paling banyak digunakan dalam instalasi jaringan komputer sampaumur ini. Terdapat 3 jenis kabel twisted pair yang umum ditemukan yaitu:


A. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)


Kabel UTP merupakan kabel twisted pair yang tidak dilapisi lapisan pelindung, sehingga rentan terhadap gangguan elektromagnetis ataupun voltase tinggi. Kabel ini mempunyai kecepatan transmisi dari 10 – 100 Mbps, namun jarak maksimum yang diperbolehkan hanya 100 m. Sehingga kabel jenis ini hanya digunakan untuk jaringan berskala kecil. Kabel UTP yang digunakan dalam jaringan biasanya terdiri dari 4 atau 8 pasang kabel.


Secara umum terdapat 5 kategori kabel UTP, yaitu:


CAT 1: untuk telekomunikasi telepon


CAT 2: kecepatan  transmisi data sampai 4 Mbps.


CAT 3: kecepatan  transmisi data sampai 10 Mbps.


CAT 4: kecepatan  transmisi data sampai 16 Mbps.


CAT 5: kecepatan  transmisi data sampai 100 Mbps.


B. Kabel FTP (Foiled Twisted Pair)


Kabel FTP merupakan kabel twisted pair yang dilindungi oleh lapisan foil, sehingga mempunyai ketahanan terhadap interferensi elektromagnetik yang lebih baik dibanding kabel UTP.


C. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)


Kabel STP merupakan kabel twisted pair yang dilindungi oleh lapisan tembaga atau aluminium foil yang dirancang khusus untuk mengurangi interverensi elektromagnetik. Harga kabel jenis ini lebih mahal disbanding dengan kabel UTP atau FTP. Selain itu lapisan isolasi yang dimilikinya, menciptakan kabel ini lebih kaku dan berat. Sehingga kabel ini lebih cocok digunakan pada jaringan berskala besar yang memerlukan kinerja maksimal.


Terdapat 3 jenis kabel STP, yaitu:


Individual Shield: setiap pasang kabel  mempunyai lapisan pelindung berupa aluminium foil.


Overall Shield: mempunyai lapisan aluminium foil yang melindungi semua pasangan kabel secara keseluruhan.


Individual Dan Overall Shield: mempunyai lapisan aluminium foil yang melindungi setiap pasangan kabel, serta pemanis lapisan aluminium foil lain yang melindungi semua pasangan kabel secara keseluruhan.




  1. Fiber Optik




Kabel fiber optik merupakan macam kabel jaringan yang terdiri dari kumpulan serat fiber sangat tipis yang terbuat dari beling atau plastik. Kabel ini tersusun atas beberapa lapisan, lapisan terluar merupakan kulit pembungkus, kemudian lapisan pelindung fiber yang menjaga kabel dari benturan, kemudian lapisan plastik yang melindungi dari tekukan, serta lapisan tipis sebagai pembatas dan pembawa gelombang cahaya, terakhir bab utama yaitu serat fiber yang berfungsi sebagai media transmisi.


Kabel fiber optik mempunyai banyak kelebihan, yaitu: mempunyai media dan ukuran konektor yang relatif kecil, lebih fleksibel, mempunyai kecepatan transmisi sampai 1.000 mbps, serta jarak transmisi sampai 60 km. Selain itu kabel fiber optik juga tahan terhadap interferensi elektromagnetik  serta gangguan cuaca dan panas. Namun harga kabel jenis ini cukup mahal, serta rentan terhadap gangguan kalau tertekuk walau sedikit sekalipun. Selain itu tidak semua provider mendukung instalasi jaringan fiber optik.


Demikian artikel mengenai macam macam kabel jaringan komputer yang sanggup kami share. Semoga bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com