Saturday, June 23, 2018

√ 4 Penggolongan Binatang Menurut Jenis Makanannya

Di bahan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, terdapat sub serpihan yang membahas perihal penggolongan binatang menurut jenis makanannya. Apakah Anda tahu bagaimana penggolongan-penggolongan dari binatang ini? Jika belum, pada artikel kali ini, kita akan membahas golongan binatang tersebut, lengkap dengan pola dan ciri-cirinya. Silakan disimak!

Penggolongan Hewan menurut Jenis Makanannya

Berdasarkan makanannya, binatang digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu binatang omnivora, binatang herbivora, binatang karnivora, dan binatang insektivora.


1. Hewan Herbivora

Hewan herbivora ialah hewan-hewan pemakan tumbuhan. binatang dalam golongan ini menyebabkan serpihan dari tumbuhan, mulai dari daun, batang, sampai ranting sebagai kuliner dan sumber energinya. Ciri-ciri binatang herbivora sanggup kita identifikasi dari bentuk dan susunan giginya. Gigi binatang herbivora cenderung berupa geraham yang rapat. Gigi geraham ini dipakai binatang herbivora untuk mengunyah dan melumatkan makanannya yang berupa tumbuhan.

Selain dari struktur giginya, binatang herbivora juga dicirikan dengan fisiologis sistem pencernaannya. Hewan ruminansia misalnya, mereka mempunyai sistem pencernaan yang lebih kompleks dilengkapi dengan aneka macam enzim pencernaan yang bisa mengubah selulosa dari rumput atau dedaunan menjadi glukosa yang siap diubah menjadi energi.

Beberapa pola binatang herbivora yang sanggup kita temukan di lingkungan kita contohnya kambing, sapi, rusa, gajah, dan lain sebagainya.

2. Hewan Karnivora

Hewan karnivora ialah hewan-hewan pemakan daging. Hewan dalam golongan ini menyebabkan binatang lainnya sebagai makanannya. Dalam rantai makanan, binatang karnivora umumnya bertindak sebagai predator atau pemangsa. Ciri-ciri khusus dari binatang golongan karnivora ialah adanya gigi taring yang berpengaruh dan tajam. Gigi taring tersebut dipakai binatang karnivora sebagai alat untuk mencabik-cabik daging mangsanya.

Contoh binatang karnivora yang sanggup kita temukan di sekitar lingkungan kita contohnya anjing, kucing, singa, macan, serigala, dan lain sebagainya.

3. Hewan Omnivora

Hewan omnivora ialah hewan-hewan pemakan daging dan tumbuhan, alias pemakan segalanya. Manusia termasuk omnivora sejati. Manusia memakan daging-dagingan dan juga tumbuh-tumbuhan sebagai sayuran. Selain manusia, monyet, tikus, babi, luwak, dan bekantan juga termasuk pola binatang omnivora. Ciri-ciri dari binatang dalam golongan ini ialah struktur giginya yang terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham secara lengkap. Gigi seri berbentuk pipih digunakannya untuk memotong makanan, gigi taring dipakai untuk mencabik daging, sedangkan gigi geraham dipakai untuk mengunyah.

4. Hewan Insektivora

Hewan insektivora ialah binatang pemakan serangga. Hewan dalam golongan ini menyebabkan serangga, baik dalam bentuk telur, ulat, kepompong, sampai imago (serangga dewasa) sebagai makanannya. Hewan insektivora tidak mempunyai ciri khusus. Beberapa pola dari binatang dalam golongan ini antara lain ada dalam kelas amfibi, reptil, pisces, dan aves.

Nah, demikianlah 4 penggolongan binatang menurut jenis makanannya. Anda bisa mendapati pola dari masing-masing golongan binatang secara lebih lengkap pada link berikut ini:
  1. Contoh Hewan Herbivora
  2. Contoh Hewan Karnivora
  3. Contoh Hewan Omnivora
  4. Contoh Hewan Insektivora.

Sumber http://www.ebiologi.net