Wednesday, June 27, 2018

Kelebihan Dan Kelemahan Kabel Utp Dalam Jaringan Komputer

Terdapat banyak sekali jenis kabel jaringan yang umum dipakai dalam instalasi jaringan, ibarat kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel FTP (Foiled Twisted Pair) dan kabel STP (Shielded Twisted Pair). Untuk menciptakan kekerabatan jaringan lokal atau LAN, pada umumnya dipakai kabel UTP. Jenis kabel yang diperkenalkan pada tahu 1983an di Amerika Serikat ini pada awalnya dipakai untuk menghubungkan telepon analog POTS (Plain Old Telephone Service).


Seiring perkembangan jaringan komputer, kabel UTP juga mengalami perkembangan pesat sebagai media penghubung komunikasi dan tansfer data digital. Saat ini, selain untuk menghubungkan antar perangkat jaringan, kabel UTP juga sanggup dimanfaakan untuk membatasi kecepatan susukan internet masing-masing komputer. Pada artikel kali ini kami akan membahas lebih rinci mengenai pengertian, fungsi, kelebihan dan kelemahan kabel utp dalam jaringan komputer.


Pengertian Kabel UTP dalam Jaringan Komputer


Secara harafiah pengertian kabel Unshielded Twisted Pair atau disingkat kabel UTP yaitu kabel yang tidak dibungkus lapisan alumunium foil (Unshielded) dimana pasangan kabel-kabel didalamnya saling berlilitan (Twisted Pair). Ketiadaan lapisan alumunium foil menciptakan kabel ini rentan terhadap interferensi elektromagnetik. Namun pasangan kabel didalamnya dibentuk saling berlilitan (dipilin) dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik.


 


Terdapat banyak sekali jenis kabel jaringan yang umum dipakai dalam instalasi jaringan Kelebihan dan Kelemahan Kabel UTP dalam Jaringan Komputer


Umumnya kabel UTP terdiri 8 kabel kecil berbeda warna yang saling dipilin menjadi 4 pasang kabel. Bahan pembuat kabel ini yaitu tembaga yang dilindungi dengan materi isolasi dari api dan kerusakan fisik. Kabel UTP sendiri terdiri dari banyak sekali kategori dengan kemampuan yang berbeda-beda. Namun pada umumnya kabel UTP mempunyai transfer rate antara 10 – 100 Mbps dan digunakan  untuk jarak pendek, maksimun 100 meter. Harga kabel UTP yang relatif murah, namun mempunyai fleksibilitas serta kinerja yang relatif baik.


Baca juga artikel menarik lainnya :



Fungsi Kabel UTP dalam Jaringan Komputer


Secara umum kabel UTP berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat dalam jaringan sehingga sanggup saling bekomunikasi atau bertukar data. Umumnya kabel UTP dipakai untuk membentuk jaringan LAN (Local Area Network). Berikut fungsi kabel UTP dalam jaringan secara lebih rinci:



  1. Penghubung antar komputer: fungsi kabel UTP dalam jaringan salah satunya yaitu untuk menghubungan komputer yang satu dengan komputer yang lain. Untuk menghubungkan antar komputer kabel UTP dipasang dengan susunan cross.

  2. Penghubung komputer dengan switch/ hub: bila memasang instalasi jaringan lebih dari dua komputer, maka diharapkan hub/ switch sebagai titik penghubung. Kabel UTP juga berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan hub/ switch. Untuk kekerabatan ini kabel UTP dipasang dengan susunan straight.

  3. Penghubung router dengan switch/ hub: untuk melaksanakan fingsi ini, kabel UTP juga dipasang dengan susunan straight.

  4. Membuat USB Extender: fungsi kabel UTP yang lainn yaitu sebagai kabel perpanjangan USB, yitu memperpanjang jarak USB port dengan USB connector. Selain sebagai perpanjangan kabel USB, kabel UTP juga sanggup dipakai untuk perpanjangan kabel printer.


Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP dalam Jaringan Komputer




  1. Kelebihan Kabel UTP



    • Harga relatif murah;

    • Lebih fleksibel, sebab tidak dilindungi lapisan alumunium foil;

    • Diameter kecil (0,43 cm) sehingga memudahkan dalam proses instalasi, dan cocok dengan banyak sekali merek konektor RJ-45;

    • Pemeliharaannya relatif mudah;

    • Kerusakan pada salah satu salurannya, tidak akan mengganggu keseluruhan jaringan.




  2. Kekurangan Kabel UTP



    • Mudah terkenan gangguan interferensi elektromagnet dari perangkat lain, sebab tidak dilindungi lapisan alumunium foil;

    • Lentur dan gampang terkelupas, sehingga tidak coco dipakai di medan yang berat maupun luas;

    • Jarak jangkauan pendek, maksimum 100 meter.

    • Transmisi data relatif lambat.




Demikian artikel mengenai pengertian, fungsi, kelebihan dan kelemahan kabel utp dalam jaringan komputer ini. supaya bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com