Friday, April 6, 2018

Jawaban Uji Kompetensi Penggalan 4 Halaman 81 Ipa Kelas 7 (Pemanasan Global)

Uji Kompetensi Bab 4
Halaman 81-82
IPA Kelas 7 VII 
Semester 2 k13
Uji Kompetensi 4 IPA Kelas 7 Halaman 81-82 (Pemanasan Global)
Uji Kompetensi 4 IPA Halaman 81-82 Kelas 7 (Pemanasan Global)

Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 81 IPA Kelas 7 (Pemanasan Global)

1. Jelaskan pengertian imbas rumah beling dan pemanasan global.

Penyelesaian:
efek rumah beling yaitu proses pemanasan alami yang terjadi saat gas gas rumah beling di atmosfer bumi memerangkap radiasi panas dari bumi dan pengertian pemanasan global yaitu istilah yang dipakai untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara sedikit demi sedikit serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi
2. Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global.
Penyelesaian:
Gas-gas penyebab pemanasan global yaitu karbon dioksida (CO2), nitrogen monoksida (NO), welirang dioksida (SO2), metana dan klorofluorokarbon (CFC). 
3. Perhatikan pernyataan berikut.
a. Penggundulan hutan.
b. Penghematan listrik.
c. Peternakan.
d. Pembakaran hutan.
e. Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut, klasifikasikanlah pernyataan yang merupakan penyebab pemanasan global.
Penyelesaian:
penyebab pemanasan global terdapat pada pernyataan a dan d.

Untuk a itu kalau dilakukan maka suhu yang ada di bumi akan meningkat lantaran tidak ada yg bersifat menetralisirkan CO2 yang mana CO2 itu dipakai untuk fotosintesis tumbuhan. Dan pada pernyataan d itu juga penjelasannya sama. Juga sanggup mengakibatkan suhu dibumi meningkat dan jadinya sanggup menipiskan lapisan ozon.
4. Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?
Penyelesaian:
Pemanasan global salah satunya disebabkan oleh gas klorofluorokarbon (CFC). Gas CFC dalam bentuk freon dipakai sebagai gas pendingin pada kulkas dan AC. Gas CFC ini cukup berbahaya bagi bumi. Karena sanggup merusak lapisan ozon (O3) bumi yang akan mengakibatkan peningkatan suhu di bumi.
5. Jelaskan sistem kerja gas rumah beling dalam menjaga kestabilan temperatur Bumi.
Penyelesaian:
Lapisan atmosfer bumi kita terdiri atas majemuk gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Nah, gas yang menjaga kestabilan suhu permukaan bumi agar tetap hangat disebut dengan istilah gas rumah kaca. Gas rumah beling antara lain yaitu: karbon dioksida (CO2) , metana (CH4), Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, dan hidrofluorokarbon (HFC).

Sistem kerja gas rumah beling dalam menjaga kestabilan temperatur bumi:

Energi matahari sebagian dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah. Karena kegiatan manusia, gas rumah beling jumlahnya semakin banyak di atmosfer bumi. Sebagian besar radiasi inframerah yang dipantulkan tertahan oleh gas rumah beling sehingga panas matahari kembali ke permukaan bumi. Hal ini menjadikan suhu di bumi stabil dan hangat namun lama- kelamaan suhu menjadi lebih panas seiring melimpahnya gas rumah kaca.
6. Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah beling di atmosfer Bumi.
Penyelesaian:
Tanpa adanya gas-gas rumah kaca, maka tidak ada yang memerangkap energi panas hasil pemantulan permukaan bumi. Akibatnya suhu bumi jadi sangat masbodoh dan nggak layak untuk ditempati mahluk hidup. Jika nggak ada imbas rumah beling suhu bumi cuma -18 °C sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi.
7. Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah beling di atmosfer Bumi semakin meningkat.
Penyelesaian:
Suhu bumi akan meningkat, menjadikan :
1. pemanasan global
2. mencairnya es kutub sehingga ketinggian air maritim meningkat
3. kekeringan melanda
4. meningkatnya penyakit lantaran suhu lingkungan tidak stabil
8. Atmosfer Bumi memiliki imbas yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah imbas rumah kaca. Bumi memanas ibarat rumah kaca, tetapi tidak benar-benar rumah kaca. Jelaskan perbedaan sistem atmosfer Bumi dengan rumah kaca.
Penyelesaian:
Pada pemanasan global, tercipta imbas rumah kaca, bukan rumah beling yang sebenarnya. Efek ini terjadi lantaran gas-gas berbahaya ibarat karbondioksida membentuk lapisan yang tebal pada atmosfer yang menghalangi panas matahari untuk diteruskan ke luar angka. Yang terjadi sebaliknya malahan panas matahari kembali dipantulkan ke permukaan bumi dan meningkatkan temperatur permukaan bumi.
9. Mengapa pemanasan global sanggup mengakibatkan kepunahan spesies? Jelaskan.
Penyelesaian:

Karena pemanasan global. menjadikan menurunnya kadar oksigen di bumi dan beberapa spesies yang sangat peka dan butuh terhadap oksigen usang kelamaan akan Punah lantaran menurunnya kadar Oksigen

Karea pemanasan global mengakibatkan beberapa perubahan iklim dan cuaca yang sangat ekstrem dan cepat berubah, sehingga akan mengakibatkan spesies yang tidak sanggup bertahan hidup lantaran tidak ada makanan dan tidak sanggup melangsungkan hidupnya dan jadinya punah.
10. Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian sanggup memicu terjadinya pemanasan global? Jelaskan
Penyelesaian:
Pupuk kimia dalam pertanian mengandung senyawa Nitrogen Oksida (NO), yang merupakan salah satu gas rumah kaca. Penggunaan pupuk kimia secara terus - menerus menciptakan gas rumah beling jumlahnya semakin banyak di atmosfer bumi. Sebagian besar radiasi inframerah yang dipantulkan tertahan oleh gas rumah beling sehingga panas matahari kembali ke permukaan bumi. Hal ini menjadikan suhu di bumi lama- kelamaan menjadi lebih panas dan terjadi pemanasan global.

Sumber http://www.bastechinfo.com