Saturday, February 3, 2018

√ Pengertian Klarifikasi Terperinci Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp)

Pengertian Elaborasi Menurut Para Ahli dan KBBI – Kal ini akan dibahas mengenai definisi klarifikasi terperinci dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan RRP EEK dikenal istilah ekplorasi, klarifikasi terperinci dan konfirmasi. Lalu apa arti klarifikasi terperinci yang benar berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi klarifikasi terperinci ada dua. Arti kata klarifikasi terperinci yang pertama ialah arti kata klarifikasi terperinci secara umum, yakni penggarapan secara tekun dan cermat.


Sementara itu, arti kata klarifikasi terperinci yang kedua ialah arti kata klarifikasi terperinci dalam bidang biologi, yakni pembentukan zat-zat kompleks yang merupakan bab dari tumbuh-tumbuhan atau binatang dari zat-zat yang lebih sederhana (tidak kompleks).


Saat pembelajaran, klarifikasi terperinci ialah salah satu acara inti. Dalam acara elaborasi, guru mendorong penerima didik untuk menulis hasil yang diperoleh melalui acara eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat untuk lebih mendalami sesuatu.


Pengertian Elaborasi Menurut Para Ahli dan KBBI √ Pengertian Elaborasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Menganilisi kekuatan atau kelemahan argument, mendalami pengetahuan perihal sesuatu, membangun komitmen melalui acara kooperatif dan kolaborasi, menguji prediksi atau hipotesis, menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.


Kegiatan guru dan penerima didik dalam siklus klarifikasi terperinci ialah :


Peserta didik :



  • Melaporkan hasil eksplorasi secara verbal atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok

  • Menanggapi laporan atau pendapat teman

  • Mengajukan argumentasi dengan santun


Guru :



  • Memberi kesempatan kepada penerima didik untuk menganalisis, berpikir, menuntaskan problem dan bertindak tanpa rasa takut;

  • Memfasilitasi penerima didik untuk berkompetisi dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar;

  • Memfasilitasi penerima didik untuk melaksanakan acara yang menumbuhkan rasa percaya diri dan menyebarkan rasa tanggung jawab;

  • Memfasilitasi penerima didik melalui santunan kiprah atau mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar;

  • Memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.


Demikianlah pengertian klarifikasi terperinci berdasarkan para jago dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Semoga definisi klarifikasi terperinci ini bermanfaat dan sanggup menjadi acuan bagi kita semua.




Sumber https://www.zonareferensi.com