Wednesday, June 21, 2017

√ Tutorial Android Menciptakan Goresan Pena Hello World Pada Program

Tutorial Android Membuat Tulisan Hello Word Pada Program. Pada pertemuan kali ini saya akan menciptakan sebuah aplikasi Android yang sederhana saja, ini hanya untuk orang orang awam yang ingin berguru Android lebih dalam, bagi yang sudah mastah agenda ini di anggap sepele alasannya yaitu agenda Android Hello Word merupakan agenda aplikasi yang sederhana. 

Baiklah bagi yang ingin menciptakan goresan pena atau agenda aplikasi Hello Word harap ikuti langkah langkah ini dengan baik dan benar, alasannya yaitu agenda ini walaupun simple tapi langkah langkahnya sangat panjang sekali dan bahkan dapat menciptakan kita galau dengan sendirinya. Untuk itu marilah simak dengan jelas. 

Pertama tama yang harus Anda lakukan yaitu membuka aplikasinya terlebih dahulu, . Jika sudah maka langkah selanjutnya yaitu akan tampil gambar menyerupai pada gambar di bawah ini. Perhatikanlah baik baik ya. 


Tutorial Android Membuat Tulisan Hello Word Pada Program √ Tutorial Android Membuat Tulisan Hello World Pada Program

Jika sudah tampil menyerupai gambar di atas itu maka itu tandanya Anda berhasil membuatnya, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mengeklik Next saja. Jika sudah mengeklik maka akan muncul tampilan gambar menyerupai pada gambar di bawah ini. Berikut gambarnya yang dapat Anda lihat.


Tutorial Android Membuat Tulisan Hello Word Pada Program √ Tutorial Android Membuat Tulisan Hello World Pada Program

Nah hingga sini sudah mengertikan kan, bila sudah mengerti perlu Anda ketahui ada beberapa hal hal yang harus di perhatikan ketika mau mengedit sebuah script atau isyarat programnya, sehingga Anda tidak akan kebingungan ketika mau mengedit. Berikut gambar yang harus Anda pahami ketika mau mengedit seubah isyarat programnya.



Pahami betul betul dari gambar di atas itu, bila sudah memahaminya maka langkah selanjutnya yaitu kita tinggal mengedit isyarat programnya di MainActivity.j4va.

Untuk menciptakan goresan pena Hello Word maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu copy dan paste isyarat agenda ini ke MainActivity.j4va

package com.example.helloworld;  import android.os.Bundle; import android.app.Activity; import android.view.Menu; import android.view.MenuItem; import android.support.v4.app.NavUtils;  public class MainActivity extends Activity {     @Override    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {       super.onCreate(savedInstanceState);       setContentView(R.layout.activity_main);    }        @Override    public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {       getMenuInflater().inflate(R.menu.activity_main, menu);       return true;    } }
Itulah isyarat yang harus Anda copy di MainActivity.j4va. apabila kebingungan cara mencari folder MainActivity.j4va maka silahkan Anda dapat browsing di mana letak folder tersebut, sekalian nambah ilmu wacana Android.

Jika semuanya sudah selesai di copy maka kita lanjut ke tahap berikutnya, yaitu ke tahap Mainfest File. Nah di tahap ini silahkan Anda dapat mengcopykan lagi isyarat agenda di bawah ini ke Mainfest.xml. Berikut isyarat agenda yang harus Anda copy kan:

<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"    package="com.example.helloworld"    android:versionCode="1"    android:versionName="1.0" >        <uses-sdk       android:minSdkVersion="8"       android:targetSdkVersion="22" />        <application        android:icon="@drawable/ic_launcher"        android:label="@string/app_name"        android:theme="@style/AppTheme" >                <activity           android:name=".MainActivity"           android:label="@string/title_activity_main" >                   <intent-filter>              <action android:name="android.intent.action.MAIN" />              <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER"/>           </intent-filter>                </activity>            </application> </manifest>

Kode agenda di atas tidak jauh berbeda dengan isyarat agenda html, kenapa begitu? Karena setiap ada permulaan selalu di tutup dengan akhiran. Coba Anda dapat perhatikan isyarat agenda di atas, contoh. <manifest> . . . </manifest> terus <aplication> . . . </aplication> serta <activity> . . . </activity> dan masih banyak lagi lainnya. 


Sampai tahap ini sudah dapat belum ? Jika sudah maka jangan khawatir dan jangan tergesa gesa, alasannya yaitu pekerjaan yang tergesa gesa malah tidak jadi alias error. Untuk itu di ketika Anda menciptakan sebuah aplikasi Android dan mencoding agenda di usahakan damai dan santai, supaya hasil dapat maksimal. 

Sampai tahap ini sudah selesai belum? Kok panjang amat? Sampai tahap ini belum selesai masih ada tahap lain lagi yang harus Anda lakukan, kan sudah saya jelaskan di atas bahwa agenda ini simple akan tetapi membutuhkan isyarat agenda yang panjang. 

Untuk itu marilah kita lanjut ke tahap berikutnya, apa itu tahap berikutnya? Tahap berikutnya yaitu kita harus menciptakan atau Anda dapat mengcopy isyarat agenda Stirng File. Berikut isyarat agenda yang harus Anda copykan ke stings.xml.

<resources>    <string name="app_name">HelloWorld</string>    <string name="hello_world">Hello world!</string>    <string name="menu_settings">Settings</string>    <string name="title_activity_main">MainActivity</string> </resources>

Copy dan paste isyarat agenda di atas ke project Anda. Jika sudah di lakukan maka kita lanjut ke tahap berikutnya, yaitu ke tahap pembuatan R.j4va. 

Jika Anda kebingungan mencari R.j4va maka Anda dapat membuka folder ini gen/com.example.helloworld/R.j4va di folder Anda masing masing. Dan bila sudah ketemu maka copy dan pastekan ini ke R.j4va Anda. 

/* AUTO-GENERATED FILE.  DO NOT MODIFY.  *  * This class was automatically generated by the  * aapt tool from the resource data it found.  It  * should not be modified by hand.  */  package com.example.helloworld;  public final class R {    public static final class attr {    }        public static final class dimen {       public static final int padding_large=0x7f040002;       public static final int padding_medium=0x7f040001;       public static final int padding_small=0x7f040000;    }        public static final class drawable {       public static final int ic_action_search=0x7f020000;       public static final int ic_launcher=0x7f020001;    }        public static final class id {       public static final int menu_settings=0x7f080000;    }        public static final class layout {       public static final int activity_main=0x7f030000;    }        public static final class hidangan {       public static final int activity_main=0x7f070000;    }        public static final class string {       public static final int app_name=0x7f050000;       public static final int hello_world=0x7f050001;       public static final int menu_settings=0x7f050002;       public static final int title_activity_main=0x7f050003;    }        public static final class style {       public static final int AppTheme=0x7f060000;    } }

Copy isyarat agenda di atas ke project Anda, bila sudah simpan. Apakah sudah selesai pada tahap ini? Belum, belum selesai masih ada tahap pembuatan layout. Untuk menampilkan goresan pena Hello Word maka langkah yang harus di lakukan selanjutnya yaitu kita copykan isyarat agenda berikut ini ke activity_main.xml, Berikut ini isyarat programnya yang harus Anda copykan:

<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"    android:layout_width="match_parent"    android:layout_height="match_parent" >        <TextView       android:layout_width="wrap_content"       android:layout_height="wrap_content"       android:layout_centerHorizontal="true"       android:layout_centerVertical="true"       android:padding="@dimen/padding_medium"       android:text="@string/hello_world"       tools:context=".MainActivity" />        </RelativeLayout>

Nah hingga tahap inilah pembuatan sebuah aplikasi Android sederhana gres selesai. Terus bila sudah selesai langkah selanjutnya harus ngapain lagi? Langkah selanjutnya yaitu Anda harus mengrunning aplikasi tersebut supaya menghasilkan output bertuliskan Hello World.

Apabila Anda ingin merunning aplikasi Android buatan Anda sendiri maka sangatlah gampang di lakukan, Anda tinggal menekan tombol Run atau dapat menentukan icon yang menyerupai mirip pada gambar di bawah ini. 

Tutorial Android Membuat Tulisan Hello Word Pada Program √ Tutorial Android Membuat Tulisan Hello World Pada Program


Jika Anda sudah menekan icon yang menyerupai pada gambar di atas itu maka tunggu sebentar hingga pemrosesan selesai. Jika pemrosesan sudah selesai maka akan mengeluarkan output yang menyerupai gambar di bawah ini. Berikut gambar outputnya. 

Tutorial Android Membuat Tulisan Hello Word Pada Program √ Tutorial Android Membuat Tulisan Hello World Pada Program

Itulah bagaimana cara menciptakan goresan pena sederhana di agenda aplikasi Android, simple akan tetapi membutuhkan sedikit banyak waktu, alasannya yaitu emang langkah langkahnya yang sangat panjang. 

Itu saja bahan untuk hari ini, supaya dapat bermanfaat bagi yang membaca artikel ini. Sekian dan Terimakasih. 

Sumber http://vfxanimasi.blogspot.com