Wednesday, June 21, 2017

√ Menyebutkan Mata Pelajaran Dan Kegiatan Di Sekolah Dalam Bahasa Jepang


Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang








Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah? Apakah Anda sanggup menyebut mata pelajaran tersebut dalam bahasa Jepang? Pelajarannya diadakan berapa kali dalam seminggu? Nah, kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara untuk menyebutkan mata pelajaran dan kegiatan di sekolah dalam bahasa Jepang. Selain itu, kita akan berguru juga bagaimana cara untuk mengekspresikan kesan mengenai mata pelajaran dengan memakai kata sifat. Kuy.









Mata Pelajaran di Sekolah Menengan Atas dalam Bahasa Jepang





  • すうがく(suugaku) = matematika
  • れきし(rekishi) = sejarah
  • こくご(kokugo) = bahasa negara
  • えいご(ei-go) = bahasa Inggris
  • アラビアご(arabia-go) = bahasa Arab
  • がいこくご(gaikoku-go) = bahasa asing
  • せいぶつ(seibutsu) = biologi
  • ぶつり(butsuri) = fisika
  • かがく(kagaku) = kimia
  • ちり(chiri) = geografi
  • けいざい(keizai) = ekonomi
  • たいいく(taiiku) = mata pelajaran olahraga
  • しゅうきょう(shuukyou) = agama
  • こっかごげんそく* と こくみんきょういく(kokka gogensoku to kokumin kyouiku) = PPKN




*こっかごげんそく(kokka gogensoku) = パンチャシラ(Pancasila)









Daftar mata pelajaran yg super lengkap sanggup Anda baca di bawah 🙂 


Mata Pelajaran, Jurusan, dan Fakultas di Sekolah dalam Bahasa Jepang









Jadwal Pelajaran di Sekolah Jepang





Hari dalam Satu Pekan





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang








Pola Nama Hari





[げつ / か / すい / もく / きん / ど / にち] ようび
[Getsu / Ka / Sui / Moku / Kin / Do / Nichi] youbi
Hari [Senin / Selasa / Rabu / Kamis / Jumat / Sabtu /Minggu]









Senin hingga Minggu





  • げつようび(getsuyoubi) = hari Senin
  • かようび(kayoubi) = hari Selasa
  • すいようび(suiyoubi) = hari Rabu
  • もくようび(mokuyoubi) = hari Kamis
  • きんようび(kinyoubi) = hari Jumat
  • どようび(doyoubi) = hari Sabtu
  • にちようび(nichiyoubi) = hari Minggu
  • なんようび(nanyoubi) = hari apa








Penjelasan nama hari yang lengkap sanggup Anda baca di bawah 🙂 


Nama Hari dalam Bahasa Jepang


 









Jadwal di Sekolah





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang








Pola Jadwal





KB(angka) + じかんめ
KB(angka) + jikanme
Jam pelajaran ke KB(angka)









Jam Pelajaran Pertama hingga Keenam





  • 1じかんめ = いちじかんめ(ichi-jikanme) = jam pelajaran pertama
  • 2じかんめ = にじかんめ(ni-jikanme) = jam pelajaran kedua
  • 3じかんめ = さんじかんめ(san-jikanme) = jam pelajaran ketiga
  • 4じかんめ = よじかんめ(yo-jikanme)* = jam pelajaran keempat
  • 5じかんめ = ごじかんめ(go-jikanme) = jam pelajaran kelima
  • 6じかんめ = ろくじかんめ(roku-jikanme) = jam pelajaran keenam
  • なんじかんめ(nan-jikanme) = jam pelajaran ke berapa




*Hati-hati, 4jikanme dibaca “yo-jikanme” bukan “yon-jikanme”.









Daftar kata bantu bilangan yang lengkap sanggup Anda baca di bawah 🙂 


Kata Bantu Bilangan dalam Bahasa Jepang









Menyatakan Belajar Mata Pelajaran Apa pada Hari Apa di Sekolah





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang




Pola Kalimat





KB1に KB2を べんきょうします。
KB1 ni KB2 o benkyou-shimasu.
Belajar KB2 pada KB1.


KB1 = waktu
KB2=mata pelajaran









Penjelasan





Pola kalimat ini dipakai untuk menyatakan “belajar mata pelajaran(KB2) pada waktu KB1”. “Benkyou-shimasu” yaitu kata kerja yang mempunyai makna “belajar”. Sedangkan, “ni” di belakang KB1 yang disebut sebagai “partikel ni” dipakai untuk menawarkan waktu tertentu. Umumnya, partikel ini diletakkan di belakang kosakata waktu menyerupai jam, tanggal, minggu, bulan, dsb.









Penjelasan partikel ni yang lebih detail sanggup Anda baca di bawah 🙂 


Partikel Ni 「に」sebagai Penunjuk Waktu









Contoh Kalimat





*Lihat dulu tabel kegiatan di paling atas.


かようびに アラビアごを べんきょうします。
Kayoubi ni Arabia-go o benkyou-shimasu.
Belajar bahasa Arab pada hari Selasa.


もくようびに にほんごを べんきょうします。
Mokuyoubi ni Nihon-go o benkyou-shimasu.
Belajar bahasa Jepang pada hari Kamis.


きんようびに ちりを べんきょうします。
Kinyoubi ni chiri o benkyou-shimasu.
Belajar geografi pada hari Jumat.


いちじかんめに しゅうきょうを べんきょうします。
Ichi-jikanme ni shuukyou o benkyou-shimasu.
Belajar agama pada jam pelajaran pertama.


にじかんめに すうがくを べんきょうします。
Ni-jikanme ni suugaku o benkyou-shimasu.
Belajar matematika pada jam pelajaran kedua.


さんじかんめに ちりを べんきょうします。
San-jikanme ni chiri o benkyou-shimasu.
Belajar geografi pada jam pelajaran ketiga.









Tanya Jawab





Pola Kalimat





Pertanyaan


なんようびに KB1をべんきょうしますか。
Nan-youbi ni KB1 o benkyou-shimasu ka.
Hari apa berguru KB1?


KB1 = mata pelajaran


Jawaban


KB2ようびにべんきょうます。
KB2-youbi ni benkyou-shimasu.
Belajar pada hari KB2.


 





Pertanyaan


なんじかんめに KB1をべんきょうしますか。
Nan-jikanme ni KB1 o benkyou-shimasu ka.
Belajar KB1 pada jam pelajaran ke berapa?


KB1 = mata pelajaran


Jawaban


KB3じかんめにべんきょうます。
KB3-jikanme ni benkyou-shimasu.
Belajar pada jam pelajaran ke KB2.









Penjelasan





Kalimat tanya “{nan-youbi / nan-jikanme} ni KB1 o benkyou-shimasu ka” dipakai untuk menanyakan kapan berguru mata pelajaran (KB1). Jawabannya cukup “{KB2-youbi / KB3-jikanme} ni benkyou-shimasu” saja, tidak perlu mengulang menyatakan KB1.









Contoh Kalimat





なんようびに にほんごを べんきょうしますか。
Nan-youbi ni Nihon-go o benkyou-shimasu ka.
Hari apa berguru bahasa Jepang?


もくようびに べんきょうします。
Mokuyoubi ni benkyou-shimasu.
Belajar pada hari Kamis.


 


なんじかんめに けいざいを べんきょうしますか。
Nan-jikanme ni keizai o benkyou-shimasu ka.
Belajar ekonomi pada jam pelajaran ke berapa?


いちじかんめに べんきょうします。
Ichi-jikanme ni benkyou-shimasu.
Belajar pada jam pelajaran pertama.









Menyatakan Kapan Kegiatan Kelas Diadakan





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang




Pola Kalimat





KB1 (の じゅぎょう) は KB2 に あります。
KB1 (no jugyou wa) KB2 ni arimasu.
(Pelajaran) KB1 diadakan pada KB2.


KB1 = mata pelajaran
KB2 = waktu









Penjelasan





Pola kalimat ini dipakai untuk menyatakan “pelajaran mata pelajaran(KB1) diadakan pada waktu KB2”. “Arimasu” yaitu kata kerja yang menyatakan program menyerupai pelajaran, les, kelas, pesta, dsb diadakan. Sedangkan, partikel “ni” dipakai untuk menawarkan waktu. Bagian “no jugyou” yang menyatakan “pelajaran” sanggup dipotong dalam percakapan.









Contoh Kalimat





えいごのじゅぎょうは げつようびに あります。
Ei-go no jugyou wa getsuyoubi ni arimasu.
Pelajaran bahasa Inggris diadakan pada hari Senin.


けいざいのじゅぎょうは すいようびに あります。
Keizai no jugyou wa suiyoubi ni arimasu.
Pelajaran ekonomi diadakan pada hari Rabu.


せいぶつのじゅぎょうは もくようびに あります。
Seibutsu no jugyou wa mokuyoubi ni arimasu.
Pelajaran biologi diadakan pada hari Kamis.


たいいくのじゅぎょうは いちじかんめに あります。
Taiiku no jugyou wa ichi-jikanme ni arimasu.
Pelajaran olahraga diadakan pada jam pelajaran pertama.


かがくのじゅぎょうは にじかんめに あります。
Kagaku no jugyou wa ni-jikanme ni arimasu.
Pelajaran kimia diadakan pada jam pelajaran kedua.


こくごのじゅぎょうは さんじかんめに あります。
Koku-go no jugyou wa san-jikanme ni arimasu.
Pelajaran bahasa negara diadakan pada jam pelajaran ketiga.









Tanya Jawab





Pertanyaan


KB1 (の じゅぎょう) は {なんようび / なんじかんめ} に ありますか。
KB1 (no jugyou wa) {nan-youbi / nan-jikanme} ni arimasu ka.
(Pelajaran) KB1 diadakan pada {hari apa / jam pelajaran ke berapa}?


Jawaban


{KB2ようび / KB3じかんめ} に あります。
{KB2-youbi / KB3-jikanme} ni arimasu.
(KB1) diadakan pada {hari KB2 / jam pelajaran ke KB3}.









Penjelasan





Kalimat tanya “KB1 (no jugyou wa) {nan-youbi / nan-jikanme} ni arimasu ka” dipakai untuk menanyakan kapan pelajaran KB1 diadakan. Jawabannya cukup “{KB2-youbi / KB3-jikanme} ni arimasu” saja, tidak perlu mengulang menyatakan KB1.









Contoh Kalimat





たいいくのじゅぎょうは なんようびに ありますか。
Taiiku no jugyou wa nan-youbi ni arimasu ka.
Pelajaran olahraga diadakan pada hari apa?


どようびに あります。
Doyoubi ni arimasu.
Diadakan pada hari Sabtu.


 


ちりのじゅぎょうは なんじかんめに ありますか。
Chiri no jugyou wa nan-jikanme ni arimasu ka.
Pelajaran geografi diadakan pada jam pelajaran ke berapa.


さんじかんめに あります。
San-jikanme ni arimasu.
Diadakan pada jam pelajaran ketiga.









Menyatakan Kegiatan Kelas Diadakan Jam Pelajaran Berapa dalam Hari Apa





Pola Kalimat





KB1 (の じゅぎ ょう) は KB2[waktu1 の waktu2] に あります。
KB1 (no jugyou) wa KB2[waktu1 no waktu2] ni arimasu.
(Pelajaran) KB1 diadakan pada waktu2 waktu1.


KB1 = mata pelajaran









Penjelasan





Pada dasarnya, struktur referensi kalimat ini sama dengan referensi kalimat “KB1(mata pelajaran) wa KB2(waktu) ni arimasu” yang telah dijelaskan di atas. Hanya saja, dalam referensi kalimat ini, waktu dijelaskan lebih detail dengan memakai “waktu1 no waktu2”. Misal,









げつようびのいちじかんめ
Getsuyoubi no ichi-jikanme
Jam pelajaran pertama pada hari Senin


かようびのさんじかんめ
Kayoubi no san-jikanme
Jam pelajaran ketiga pada hari Selasa


すいようびのにじかんめ
Suiyoubi no ni-jikanme
Jam pelajaran kedua pada hari Rabu









Hati-hati urutan kosakata waktu waktu1 no waktu2 terbalik bila dibandingkan dengan urutan kosakata waktu dalam bahasa Indonesia.









Contoh Kalimat





アラビアごのじゅぎょうは かようびのさんじかんめに あります。
Arabia-go no jugyou wa kayoubi no san-jikanme ni arimasu.
Pelajaran bahasa Arab diadakan pada jam pelajaran ketiga pada hari Selasa.


ぶつりのじゅぎょうは すいようびのにじかんめに あります。
Butsuri no jugyou wa suiyoubi no ni-jikanme ni arimasu.
Pelajaran fisika diadakan pada jam pelajaran kedua pada hari Rabu.


たいいくのじゅぎょうは どようびのいちじかんめに あります。
Taiiku no jugyou wa doyoubi no ichi-jikanme ni arimasu.
Pelajaran olahraga diadakan pada jam pelajaran pertama pada hari Sabtu.


えいごのじゅぎょうは げつようびのにじかんめ と さんじかんめに あります。
Ei-go no jugyou wa getsuyoubi no ni-jikanme to san-jikanme ni arimasu.
Pelajaran bahasa Inggris diadakan pada jam pelajaran kedua dan ketiga pada hari Senin.


* “to” sanggup menyambung KB dan KB yang lain secara setara menyerupai “dan” dalam bahasa Indonesia.









Menyatakan Kegiatan Kelas Diadakan pada Waktu1 dan Waktu2





Pola Kalimat





KB1 (の じゅぎょう)は KB2 と KB3に あります。
KB1 (no jugyou) wa KB2 to KB3 ni arimasu.
(Pelajaran) KB1 diadakan pada KB2 dan KB3.


KB1 = mata pelajaran
KB2, KB3 = waktu









Penjelasan





Struktur referensi kalimat ini juga sama dengan referensi kalimat “KB1(mata pelajaran) wa KB2(waktu) ni arimasu” yang telah dijelaskan di atas. Namun, referensi kalimat ini menawarkan dua waktu pelaksanaan pelajaran.









Contoh Kalimat





こくごのじゅぎょうは かようび と どようびに あります。
Koku-go no jugyou wa kayoubi to doyoubi ni arimasu.
Pelajaran bahasa negara diadakan pada hari Selasa dan Sabtu.


れきしのじゅぎょうは げつようび と もくようびに あります。
Rekishi no jugyou wa getsuyoubi to mokuyoubi ni arimasu.
Pelajaran sejarah diadakan pada hari Senin dan Kamis.


すうがくのじゅぎょうは すいようび と きんようびに あります。
Suugaku no jugyou wa suiyoubi to kinyoubi ni arimasu.
Pelajaran matematika diadakan pada hari Rabu dan Jumat.


すうがくのじゅぎょうは、すいようびのさんじかんめと、きんようびのにじかんめに あります。
Suugaku no jugyou wa suiyoubi no san-jikanme to kinyoubi no ni-jikanme ni arimasu.
Pelajaran matematika diadakan pada jam pelajaran ketiga pada hari Rabu dan pada jam pelajaran kedua pada hari Jumat.









Menyatakan Frekuensi





Bilangan + Kai untuk Menyatakan Frekuensi





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang








  • 1かい = いっかい(ik-kai) = pertama kali
  • 2かい = にかい(ni-kai) = kedua kali
  • 3かい = さんかい(san-kai) = ketiga kali
  • 4かい = よんかい(yon-kai) = keempat kali
  • 5かい = ごかい(go-kai) = kelima kali
  • 6かい = ろっかい(rok-kai) = keenam kali
  • 7かい = ななかい(nana-kai) = ketujuh kali
  • 8かい = はちかい(hak/hachi-kai) = kedelapan kali
  • 9かい = きゅうかい(kyuu-kai) = kesembilan kali
  • 10かい = じゅっかい(juk-kai) = kesepuluh kali
  • なんかい(nan-kai) = berapa kali






*Hati-hati, 1kai dibaca “ik-kai” bukan “ichi-kai”, 6kai dibaca “rok-kai” bukan “roku-kai”, dan 10-kai dibaca “juk-kai” atau “jik-kai” bukan “juu-kai”.









Menyatakan Frekuensi Kegiatan dalam Kalimat





Menyatakan Frekuensi Kelas Mata Pelajaran





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang




Pola Kalimat





KB1に KB2かい、 KB3 (の じゅぎょう)が あります。
KB1 ni KB2-kai, KB3 (no jugyou) ga arimasu.
(Pelajaran) KB3 diadakan KB2 kali dalam waktu KB1.


KB1 = jangka waktu
KB2 = angka frekuensi
KB3 = mata pelajaran









Penjelasan





Pola kalimat ini dipakai untuk menyatakan frekuensi kelas mata pelajaran dalam waktu tertentu. Hati-hati, kata(partikel) di belakang mata pelajaran bukan は(wa) tetapi が(ga).









Contoh Kalimat





いっしゅうかんに いっかい、にほんごのじゅぎょうが あります。
Is-shuukan ni ik-kai Nihon-go no jugyou ga arimasu.
Pelajaran bahasa Jepang diadakan sekali dalam seminggu.


*いっしゅうかん(is-shuukan) = satu minggu


いっしゅうかんに にかい、すうがくのじゅぎょうが あります。
Is-shuukan ni ni-kai suugaku no jugyou ga arimasu.
Pelajaran matematika diadakan dua kali dalam seminggu.


いっしゅうかんに よんかい、がいこくごのじゅぎょうが あります。
Is-shuukan ni yon-kai gaikoku-go no jugyou ga arimasu.
Pelajaran bahasa absurd diadakan empat kali dalam seminggu.









Tanya Jawab





Masukkanlah kata tanya “nan (berapa)” ke “KB2” dalam referensi kaimat “KB1 ni KB2-kai, KB3 (no jugyou) ga arimasu”, dan bubuhkankah akhiran “ka” pada selesai kalimat untuk menciptakan kalimat tanya. Jawbannya cukup “KB2-kai arimasu” saja.









Contoh Kalimat





いっしゅうかんに なんかい、がいこくごのじゅぎょうが ありますか。
Is-shuukan ni nan-kai, gaikoku-go no jugyou ga arimasu ka.
Pelajaran bahasa absurd diadakan berapa kali dalam seminggu?


よんかいあります。
Yon-kai arimasu.
Diadakan empat kali.









Menyatakan Frekuensi Pelajaran





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang




Pola Kalimat





KB1に KB2かい、 KB3を べんきょうします。
KB1 ni KB2-kai, KB3 o benkyou-shimasu.
Belajar KB3 KB2 kali dalam waktu KB1.


KB1 = jangka waktu
KB2 = angka frekuensi
KB3 = mata pelajaran









Penjelasan





Pola kalimat ini dipakai untuk menyatakan frekuensi kegiatan pelajaran dalam waktu tertentu. Masukkanlah frasa “KB2(angka frekuensi)-kai” ke dalam referensi kalimat “KB1(waktu) ni KB2(mata pelajaran) o benkyou-shimasu” yang telah dijelaskan di atas untuk menawarkan frekuensi kegiatan.









Contoh Kalimat





いっしゅうかんにいっかい、パンチャシラをべんきょうします。
Is-shuukan ni ik-kai Pancasila o benkyou shimasu.
Belajar Pancasila seminggu sekali.


*いっしゅうかん(is-shuukan) = satu minggu


いっしゅうかんに にかい、れきしを べんきょうします。
Is-shuukan ni ni-kai rekishi o benkyou shimasu.
Belajar sejarah seminggu dua kali.









Tanya Jawab





Masukkanlah kata tanya “nan (berapa)” ke “KB2” dalam referensi kaimat “KB1 ni KB2-kai, KB3 o benkyou-shimasu”, dan bubuhkankah akhiran “ka” pada selesai kalimat untuk menciptakan kalimat tanya. Jawbannya cukup “KB2-kai benkyou-shimasu” saja.









Contoh Kalimat





いっしゅうかんに なんかい、れきしを べんきょうしますか。
Is-shuukan ni nan-kai rekishi o benkyou shimasu ka.
Belajar sejarah seminggu berapa kali?


にかい べんきょうします。
Ni kai benkyou shimasu.
Belajar dua kali.









Menyatakan Kesan terhadap Benda atau Hal dengan Kata Sifat





Kata Sifat untuk Menyatakan Kesan





  • おもしろい(omoshiroi) = menarik
  • つまらない(tsumaranai) = tidak menarik, membosankan
  • たのしい(tanoshii) = menyenangkan
  • かんたん(kantan) = mudah
  • むずかしい(muzukashii) = sulit








Daftar kata sifat yang lengkap ada di bawah 🙂 


Kata Sifat + Daftar Kata Sifat dalam bahasa Jepang









Menyatakan Kesan terhadap Benda atau Hal dengan Kata Sifat dalam Kalimat





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang




Pola Kalimat





KB(mata pelajaran)は KSです。
KB(mata pelajaran) wa KS desu.
KB(mata pelajaran) KS.









Penjelasan





Pola kalimat ini dipakai untuk menyatakan kesan terhadap KB(mata pelajaran) dengan memakai kata sifat.









Contoh Kalimat





にほんごは おもしろいです。
Nihon-go wa omoshiroi desu.
Bahasa Jepang menarik.


すうがくは つまらないです。
Suugaku wa tsumaranai desu.
Matematika tidak menarik.


アラビアごは むずかしいです。
Arabia-go wa muzukashii desu.
Bahasa Arab susah.


えいごは かんたんです。
Eigo wa kantan desu.
Bahasa Inggris mudah.









Menyatakan Pernyataan yang Berlawanan





Anda berguru mata pelajaran apa saja di sekolah √ Menyebutkan Mata Pelajaran dan Jadwal di Sekolah dalam Bahasa Jepang




Pola Kalimat





Kalimat1。 でも、Kalimat2。
Kalimat1. Demo, Kalimat2.
Kalimat1. Akan tetapi, Kalimat2.









Penjelasan





Pola kalimat ini dipakai untuk menawarkan perlawanan di antara kedua kalimat. Kata penghubung “demo” dalam bahasa Jepang berfungsi menyerupai “tetapi” dalam bahasa Indonesia.









Contoh Kalimat





にほんごは むずかしいです。でも、おもしろいです。
Nihon-go wa muzukashii desu. Demo, omoshiroi desu.
Bahasa Jepang susah. Tetapi, menarik.


アラビアごは おもしろいです。でも、むずかしいです。
Arabia-go wa omoshiroi desu. Demo, muzukashii desu.
Bahasa Arab menarik. Tetapi, susah.







Sumber https://wkwkjapan.com