Wednesday, October 16, 2019

Solusi Problem Audio Hanya Dapat Dari Headset Di Android

Headset merupakan salah satu suplemen penting untuk mendengarkan lagu atau berkomunikasi tanpa perlu mengganggu lingkungan sekitar, ya supaya hanya kita sendiri yang mendengarkannya dan juga kadang bersifat privasi. Nah… di Android sendiri kadang terjadi dilema ibarat walaupun telah dilepaskan kok icon headsetnya masih terlihat aktif. Kaprikornus suaranya hanya keluar jikalau dipasangkan dengan headphone, tapi memakai speaker internal ponselnya tidak ada yang berbunyi kecuali ringtone atau notifikasi. Repot kan?


Seringkali ini disebabkan sensor Android yang salah mendeteksi bahwa headsetnya masih tertancap di jack audio, jadi bunyi hanya akan dapat terdengar jikalau dipasangkan ke headset atau speaker eksternal. Hal ini sempat saya rasakan di ASUS Zenfone 5 (Android Kitkat 4.4.2), untung cuma sesaat saja.


Headset merupakan salah satu suplemen penting untuk mendengarkan lagu atau berkomunikasi t Solusi dilema audio hanya dapat dari headset di Android


Solusi yang dapat dicoba yaitu berikut:



  1. Lepas-pasangkan colokan audionya berulang kali secara keras, memang terasa agresif tapi ini untuk memaksa Android mengecek kontak jacknya lagi. Kadang disebabkan sudah kendor sensornya. Cara ini saya coba hingga tangan capek tapi akibatnya berhasil juga sesudah 15 menitan. Belum saya coba pasang kembali headsetnya, takut salah lagi.

  2. Ini dari internet, teteskan sedikit cairan WD-40 ke ujung colokan headsetnya dan lakukan cara pertama diatas. Saya ingatkan satu tetes saja cukup, jangan banyak – banyak nanti kemasukan cairan handphone anda.

  3. Gunakan aplikasi SoundAbout yang fungsinya yaitu mengatur rute suara. Seperti jikalau menyetel video akan keluar dari speaker atau headset audionya. Bisa dikatakan membajak kesalahan sensor jack audio Android.

  4. Kalau masih gagal juga berarti kerusakan hardware, dan saya anjurkan semoga dititipkan ke service center handphone anda saja. Apalagi jikalau masih ada garansinya, jangan dipaksa memperbaiki sendiri daripada bertambah parah nantinya.


Ada saran dari teman semoga difactory reset hpnya. Terus terperinci saya enggan melakukannya lantaran ada resiko data yang tersimpan dapat hilang atau terhapus dan dari pengalaman sangat jarang mengatasi dilema yang terjadi di Android. Karena itu tidak saya masukkan ke daftar solusi diatas. Tapi jikalau yang anda alami yaitu sebaliknya maka solusinya berbeda.


Semoga berhasil memperbaikinya. 🙂



Sumber gurupintar.com