Wednesday, October 16, 2019

Pengalaman Mengembalikan Barang Ke Mataharimall

MatahariMall selama bulan September kemarin memang fantastis mengadakan promonya dan sepertinya mempunyai imbas positif terhadap penjualannya. Tapi juga efeknya kualitas pelayanan pelanggannya kok jadi… dibawah harapan. Lama proses konfirmasi pembayaran sanggup dari 2 jam dan seharian jikalau tidak beruntung, belum soal kontak customer servicenya lewat email sanggup 3 hari gres dibalas. Tapi yang saya ceritakan kali ini bukan itu melainkan catatan pengalaman saya dalam mengembalikan barang ke gudang MatahariMall di Jakarta Timur.


Jadi ini bantu-membantu melanjutkan cerita bahwa paket yang saya dapatkan isinya bukan tablet Advan E1C Pro melainkan handphone clamshell Samsung GT-E1272.

MatahariMall selama bulan September kemarin memang fantastis mengadakan promonya dan tampa Pengalaman mengembalikan barang ke MatahariMall


Berdasarkan pengalaman saya yang pernah menanyakan ke help@mataharimall.com pada tanggal 26 September – topiknya lain tapi berhubungan, menanyakan nomor resi – tapi belum dibalas juga hingga saya mendapatkan barangnya yang salah tanggal 28 September. Akhirnya saya putuskan ngetweet ke @MatahariMallCom supaya lekas diurus dan ternyata butuh beberapa kali mention dan retweet gres diperhatikan.


Singkat dongeng saya diinstruksikan biar dikirimkan kembali barangnya ke gudang MatahariMall di Jakarta. Nah… secara prosedural seharusnya kita mengembalikan semuanya secara utuh.





Lucunya link pertama mengenai caranya ialah salah, 404 Page Not Found dan sehabis mencari sendiri kesannya ketemu juga halamannya.


Mudah diikuti sih tapi belum sesuai dengan yang ada di nyatanya, seharusnya lewat halaman status order ada pilihan mengembalikan pesanan dan mendapatkan formulir pengembalian barang yang nantinya diisi akan direfund atau ditukar barang serupa. Ini yang tidak ada, mungkin alasannya MatahariMall masih beta.

MatahariMall selama bulan September kemarin memang fantastis mengadakan promonya dan tampa Pengalaman mengembalikan barang ke MatahariMall


Akhirnya oleh admin Twitternya saya disarankan pribadi dikirimkan saja ke gudangnya dan tulis di secarik kertas biar diorder ulang. Ya saya turuti. Agar lebih gampang dipahami dan sanggup menjadi tumpuan anda jikalau mengalami kasus yang sama saya buatkan alurnya:



  1. Saya pesan Advan E1C Pro tanggal 23 September 2015 dan konfirmasi pada hari yang sama.

  2. Tanggal 26 September 2015 saya kontak ke help@mataharimall.com untuk menanyakan kenapa statusnya berhenti di Pending Shipment yang berarti menunggu pengiriman. Sekaligus saya menanyakan nomor resinya misal sudah dikirimkan.

  3. Tanggal 28 September jam 6.13 pagi saya tweet ke @MatahariMallCom menanyakan nomor resinya. Tidak dibalas.

  4. Sekitar jam 3 sore harinya kurir JNE tiba mengantarkan barang ke rumah, dan alasannya enteng saya curiga dan benar saja isi paketnya lain padahal labelnya benar.

  5. 10 menit lalu saya tweet lagi dan sehabis beberapa kali kesannya direspon.




    Setelah diskusi beberapa kali hingga sekitar jam 6an sore kesannya diberikan isu untuk dikembalikan barangnya. Pada dikala yang sama saya juga mengemail ke customer servicenya untuk komplain hal yang sama, tapi dengan data yang lebih lengkap.


  6. Jam 7 malam saya ke biro JNE akrab rumah dan memakai YES supaya cepat sampai. Nanti ongkos kirimnya akan diganti maksimal 30.000, jadi jangan lupa foto resinya. Kalau anda butuh alamatnya ini dia:

    MatahariMall Fulfillment Centre

    Intirub Business Park Gate #18

    Jl. Cililitan Besar No. 454

    Halim Perdanakusuma,

    Jakarta Timur 13650

    UP: Team Return MatahariMall

  7. Tanggal 29 September lewat Direct Message Twitter saya dihubungi menanyakan data rekening bank untuk refund ongkos kirimnya. Sampai tanggal 1 Oktober belum saya terima.

  8. Sekitar jam 2 siang barangnya sudah hingga di gudang MatahariMall dan diterima oleh Ida.

    MatahariMall selama bulan September kemarin memang fantastis mengadakan promonya dan tampa Pengalaman mengembalikan barang ke MatahariMall

  9. Setelahnya saya tanyakan kapan diurusnya lewat DM Twitter masih belum dibalas hingga sekarang.

  10. Keesokan harinya tanggal 30 September saya mendapatkan tanggapan email dari supportnya, ini dari keluhan saya yang tanggal 28 September ternyata. Intinya menganjurkan hal yang sama biar dikembalikan ke MatahariMall, lucunya lagi link untuk mend0wnl0ad formulir pengembalian barang salah ke halaman Kebijakan Privasi.

    MatahariMall selama bulan September kemarin memang fantastis mengadakan promonya dan tampa Pengalaman mengembalikan barang ke MatahariMallSebenarnya pada dikala itu saya sudah kecewa dan antipati terhadap MatahariMall, selain usang juga jawabannya template tidak melihat kasusnya.

  11. Nah… sekitar jam 8 malam saya mendapatkan telepon dari mbak CS MatahariMall menanyakan kenapa barangnya yang dibeli Advan E1C Pro kok yang dikembalikan Samsung GT-E1272. Dalam hati saya juga heran mbak. Haha. Makara terasa tidak ada sinkronisasi antara admin Twitter, CS di email dan di telepon.Setelah saya jelaskan apa yang dialami ternyata pribadi diterima dan akan ditukarkan barang serupa yang benar. Sebenarnya saya sudah takut jikalau ada birokrasi yang merepotkan atau tidak dipercaya adanya kesalahan barang. Yah… cukup damai saya jadinya. Sayangnya saya lupa menanyakan nama mbak CSnya, mau saya rekomendasikan alasannya tidak berbelit – belit dan mau membela pelanggannya. Ya kesannya positif lah.

  12. Tanggal 4 Oktober 2015 refund ongkos kirim sebesar Rp.24.000 sudah masuk ke rekening BCA saya. Makara dalam 5 hari semenjak klaim tampaknya, mungkin estimasinya 1 ahad rata – rata.

  13. Jam 10 pagi 5 Oktober saya mendapatkan panggilan lagi dari MatahariMall menanyakan apakah tablet yang saya beli akan diganti uang atau dipesankan ulang. 🙁 Padahal sudah saya sampaikan semenjak korespondensi pertama lewat Twitter, Email dan telepon. Huf… semoga saja kali benar – benar diurus.

  14. Sore hari 7 Oktober kesannya tablet Advan saya sudah diterima dan kali ini benar isinya. Sudah saya review juga sekalian. 🙂


Sekarang hingga disini dulu alasannya masih belum ada update sehabis percakapan semalam dengan CSnya, semoga tidak ada persoalan lain lagi.


Akhirnya sehabis 2 ahad berurusan dengan persoalan ini selesai juga kasusnya, tapi saya akui MatahariMall tidak mempersulit proses pengembalian barang cuma ribet saja ditanyakan hal yang sama berulang – ulang. Semoga kedepannya menjadi lebih baik.



Sumber gurupintar.com