Monday, August 13, 2018

√ Mengatur Jadwal Olahraga Bagi Pekerja Kantoran

Mengatur jadwal olahraga bagi Anda yang kesehariaannya sibuk memang sangatlah penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.  Sebagai awalan, Anda sanggup mengatur alarm yang sanggup mengingatkan biar Anda melaksanakan peregangan atau jalan cepat setiap beberapa waktu sekali.


Go Dok Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan pekerjaan tidak hanya terbatas pada industri pabrik atau konstruksi semata. Gangguan sanggup terjadi disemua jenis industry dan lingkungan kerja termasuk perkantoran.


Seberapa penting olahraga bagi pekerja kantoran?


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gerakan repetitive yang diulang terus-menerus, postur badan yang tidak baik dan membisu pada satu posisi dalam kurun waktu yang usang sanggup menjadikan banyak sekali duduk perkara kesehatan ibarat sakit pada leher, kegemukan, gangguan pada fungsi sendi, ligament, otot, saraf, tendon dan tulang belakang, dan lain sebagainya.


Dilansir dari Mayo Clinic, terpapar layar monitor lebih dari 4 jam per hari sanggup meningkatkan risiko kematian dengan banyak sekali penyebab sampai 50%. Selain itu juga terdapat 125% risiko terkena penyakit kardiovaskular.


Berita baiknya, bergerak dan melaksanakan peregangan merupakan kebiasaan yang sanggup dibangun secara perlahan. Sebagai awalan, anda sanggup mengatur alarm yang sanggup mengingatkan biar Anda melaksanakan peregangan atau jalan cepat setiap beberapa waktu sekali.


Jika Anda tidak mempunyai cukup waktu luang, ketika ini bahkan telah ditemukan beberapa gerakan peregangan yang sanggup dilakukan di bangku atau meja kantor Anda.


Selain peregangan, melaksanakan fitness atau olahraga di kawasan gym dapat menjadi pilihan alternatif biar badan selalu aktif. Menurut Dr. Peter Snell, jago fisiologi olahraga dan ajun professor obat-obatan potongan dalam Universitas Southwestern Medical Center di Dallas, Olahraga secara teratur sangat berkaitan dengan peningkatan kesehatan. Waktu yang direkomendasikan untuk melaksanakan olahraga pun bervariasi dari 30 – 60 menit per hari pada hari-hari kerja.


Merasa kesulitan dalam mengatur jadwal olahraga?


Anda tidak sendirian. Bagi banyak orang kurangnya waktu yaitu satu-satunya kendala terbesar untuk melaksanakan olahraga. Namun, berdasarkan para ahli, sanggup jadi Anda terlalu melebih-lebihkan seberapa banyak waktu olahraga yang Anda butuhkan dalam satu waktu.


Bagaimana kalau bahu-membahu kita cukup melaksanakan beberapa kali sesi 10 menit olahraga sepanjang hari untuk menggantikan 60 menit waktu fitness di kawasan gym?


Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Sports Medicine pada tahun 2006 menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan rute pendek sehabis makan malam jauh lebih efektif dibandingan sesi olahraga panjang dalam mengurangi kadar lemak dalam darah.


Selain itu sebuah penelitian yang diterbitkan pada Preventive Medicine pada tahun 2006 juga mengungkapkan bahwa mengatur jadwal olahraga dengan  beberapa sesi olahraga yang berdurasi 6 menit dalam satu sesi sanggup membantu orang cukup umur untuk mencapai tingkat kebugaran yang serupa dengan berolahraga selama 30 menit dalam sekali waktu.


Bagi sebagian orang, menggabungkan lebih banyak olahraga dalam rutinitas harian yaitu hal yang sangat membanggakan dan perlu diraih, namun bagi sebagian lagi, bahkan hanya untuk bangkit dan mencoba berolahraga yaitu sebuah tahapan yang sangat besar demi kesehatan yang lebih baik.


Jadi bahu-membahu seberapa banyak olahraga yang benar-benar kita perlukan?


Kebanyakan penelitian memberikan bahwa mengatur jadwal olahraga selama 5 menit dengan gerakan yang kontinu sepanjang hari yaitu jumlah paling minimal yang kita perlukan biar tetap mendapat efektifitas dari olahraga itu sendiri. Namun beberapa pakar fitness memberikan bahwa mengatur jadwal olahraga selama 10 menit akan membawa dampak yang lebih baik lagi.


Setalah mengetahui poin-poin dalam mengatur jadwal olahraga di atas, mulai kini alarm jadwal olahraga sehari-hari Anda ya!


 


Baca juga:



Konsultasi kesehatan kini sanggup eksklusif lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.


YS/JJ/MA



Sumber https://www.go-dok.comm