Saturday, August 4, 2018

√ Kondom Wanita Sebagai Alternatif Alat Kontrasepsi

Kondom wanita yaitu alat kontrasepsi yang terbuat dari lateks, plastik, ataupun membran binatang yang dipakai untuk mencegah kehamilan dan penyebaran penyakit menular secual. Perlu diingat kalau k0nd0m wanita tidak selalu cocok bagi semua orang.


Go DokJika berbicara wacana alat kontrasepsi, Anda niscaya sudah tidak abnormal lagi dengan k0nd0m. Biasanya k0nd0m yang sering dijual di pasaran diperuntukan bagi para laki-laki. Tapi tahukah Anda kalau terdapat k0nd0m untuk perempuan? Jika belum, yuk simak ulasannya berikut in!


Apa itu k0nd0m perempuan?


Kondom wanita yaitu alat kontrasepsi yang terbuat dari lateks, plastik, ataupun membran binatang yang dipakai untuk mencegah kehamilan dan penyebaran penyakit menular secual. Kondom ini berbentuk kantung yang longgar dan lembut dengan cincin di masing-masing ujungnya.


Bagaimana penggunaannya?


Cara penggunaan k0nd0m perempuan adalah dimasukan ke dalam v@gin@. Masukkan ujung k0nd0m yang tertutup ke dalam v@gin@ dan cincin yang menyertainya akan menjaga semoga k0nd0m tetap berada di tempatnya dan akan menutupi serviks.


Sementara cincin pada ujung lainnya yang terbuka akan mempunyai kegunaan untuk menutupi area di sekitar lubang v@gin@ dan juga dipakai untuk melepaskan k0nd0m sehabis selesai.


Jadi tidak ibarat lateks, materi yang dipakai untuk menciptakan kebanyakan k0nd0m pada umumnya, k0nd0m wanita terbuat dari polyurethane dan lateks sintetis yang kondusif bagi mereka yang alergi dengan lateks alami. Selain itu, k0nd0m wanita tidak terpengaruh pada kelembapan dan perubahan suhu.


Lalu, apa manfaaatnya?


Berikut ini yaitu manfaat dari penggunaan k0nd0m wanita sebagai alat kontrasepsi:



  • Tidak ibarat alat kontrasepsi lain (pil, suntik, atau IUD), k0nd0m wanita eksklusif efektif dan sanggup dipakai segera sehabis dipasang

  • Kondom wanita juga memperlihatkan manfaat ibarat k0nd0m pria yakni melindungi dari penyakit menular secual

  • Bisa didapatkan tanpa resep dokter

  • Dapat dimasukan sampai delapan jam sebelum kekerabatan secual dilakukan

  • Tidak membutuhkan kerjasama dengan pasangan atau p3enis yang ereksi ibarat jikalau menggunakan k0nd0m laki-laki

  • Sangat jarang menimbulkan reaksi alergi dan mempunyai risiko minimal dari imbas samping

  • Bagi beberapa perempuan, pecahan cincin luar dari k0nd0m ini sanggup menstimulasi klitoris.


Sebenarnya seberapa efektif k0nd0m wanita untuk mencegah kehamilan? Jika wanita menggunakan alat kontrasepsi ini setiap melaksanakan kekerabatan secual dan mengikuti instruksinya dengan baik, k0nd0m ini 95% efektif. Ini artinya dalam setahun setiap 100 wanita yang menggunakan k0nd0m ini dengan benar, lima di antaranya akan hamil.


Meski terpampang aktual kalau k0nd0m wanita yaitu kontrasepsi yang paling efektif untuk mencegah kehamilan jikalau dipakai dengan benar, penggunaan yang tepat sangat jarang terjadi.


Jika wanita menggunakan alat kontrasepsi ini tapi tidak dengan sempurna, presentase efektifnya menjadi hanya 79%. Ini berarti jikalau 100 wanita menggunakan k0nd0m ini, dalam setahun akan terdapat 21 wanita atau lebih yang mengalami kehamilan sebab penggunaan yang tidak sempurna.


Perlu diingat kalau k0nd0m wanita tidak selalu cocok bagi semua orang. Anda mungkin ingin mempertimbangkan jenis alat kontrasepsi lain jika:



  • Memiliki alergi pada polyurethane atau lateks sintetis

  • Memiliki risiko tinggi kehamilan, contohnya berusia di bawah 30 tahun, melaksanakan kekerabatan secual tiga kali atau lebih dalam seminggu, mempunyai sejarah kegagalan kontrasepsi dengan metode penghalangan v@gin@l, atau Anda tidak konsisten menggunakan k0nd0m ini

  • Tidak nyaman dengan teknik pemasangan k0nd0m

  • Memiliki ketidaknormalan v@gin@l yang mengganggu ketepatan dari penempatan k0nd0m perempuan.


Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Kini Anda sanggup tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.


 


FY/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm