Monday, August 6, 2018

√ Ketahui Cara Sempurna Menangani Kaki Keseleo

Menangani kaki keseleo sanggup dengan mengikuti langkah penyembuhan yang disebut RICE. Rest (Istirahat), Ice (Kompres es), Compress (Penekanan), Elevate (Angkat). Jika Anda masih merasakan sakit atau nyeri pada area kaki yang keseleo. Untuk mengatasinya, Anda sanggup mengonsumsi obat pereda nyeri.


Go DokBanyak hal yang sanggup terjadi ketika Anda tengah berolahraga atau sekadar beraktivitas di luar ruangan. Salah satunya yaitu kaki keseleo. Jika mengalami hal ini, biasanya Anda akan sulit untuk beraktivitas memakai kaki selama beberapa hari. Yuk, simak klarifikasi lengkap mengenai cara sempurna menangani kaki keseleo berikut ini!


Tanda-tanda kaki keseleo


Karena kaki merupakan pecahan tubuh yang menopang seluruh berat tubuh Anda -baik ketika berdiri, berjalan, maupun berlari- dan tersusun atas banyak tulang dan sendi, maka pecahan ini mempunyai risiko tinggi dalam mengalami keseleo.


Hal ini umum terjadi pada olahragawan, balerina, dan Anda yang bekerja dengan melibatkan banyak pergerakan pada kaki. Berikut yaitu gejala kaki Anda keseleo :



  • Anda mengalami rasa sakit dan nyeri, atau lemah pada kaki

  • Area kaki yang keseleo menjadi jerawat atau memar

  • Anda tak sanggup membebani kaki dengan beban yang terlalu berat menyerupai biasanya

  • Anda mengalami kejang otot atau kram pada pecahan kaki.


Lalu, apa saja cara sempurna menangani kaki keseleo?


Kaki keseleo sanggup berlangsung selama beberapa ahad dan menghambat acara sehari-hari Anda. Umumnya, menangani kaki keseleo bisa ditangani dengan mengikuti langkah penyembuhan yang disebut RICE :


– Rest (Istirahat)


Istirahatkan kaki Anda yang keseleo. Hindari memberikannya beban terlalu berat, dan sebisa mungkin jangan menggerakannya terlalu sering. Jika perlu, Anda sanggup memakai kruk atau tongkat untuk membantu berjalan. Dalam menangani kaki keseleo ini Anda sanggup pula menghentikan semua kegiatan sementara, dan banyak beristirahat di daerah tidur.


– Ice (Kompres es)


Kompres area kaki yang mengalami keseleo guna mengurangi pembengkakan yang terjadi. Sediakan selembar kain, kemudian bungkus beberapa bongkah es memakai kain tersebut dan kompreslah kaki dengannya selama 20 menit.


Lakukan hal ini 8 kali sehari, selama beberapa hari. Jangan lakukan pengompresan lebih dari 20 menit dan jangan eksklusif menaruh es pada kaki tanpa membungkusnya alasannya sanggup mengakibatkan luka.


– Compress (Penekanan)


Dalam menangani kaki keseleo ini yang perlu Anda lakukan yaitu tekan dan balut area kaki yang keseleo dan mengalami pembengkakan dengan memakai perban elastis. Namun, usahakan jangan membalutnya terlalu kencang alasannya sanggup besar lengan berkuasa terhadap fatwa darah. Jika kaki Anda terasa sakit, pucat atau mati rasa, sanggup jadi Anda membalutnya terlalu kencang maka segeralah dilonggarkan.


– Elevate (Angkat)


Angkat pecahan kaki yang keseleo sampai sejajar dengan pecahan atas jantung Anda (di atas dada). Lakukan hal ini sesering mungkin guna mencegah dan membatasi area pembengkakan. Hal ini juga berkhasiat untuk mengoptimalkan fatwa darah ke area kaki. Gunakan bantal untuk mengangkat kaki Anda.


Jika langkah-langkah RICE sudah dilakukan, Anda mungkin masih akan mencicipi sakit atau nyeri pada area kaki yang keseleo. Untuk menangani kaki keseleo selanjutnya, Anda sanggup mengonsumsi obat pereda nyeri, menyerupai :



  • Ibuprofen

  • Naproxen

  • Aspirin

  • Acetaminophen

  • Asam mefenamat.


Selain itu, Anda juga dihentikan terlalu banyak memakai kaki Anda (berjalan, berlari, berdiri). Lindungi pula kaki Anda dengan memakai tambalan empuk pada pecahan dalam sepatu jikalau harus bepergian di masa penyembuhan.


Hal ini akan mencegah pembengkakan lebih parah. Keseleo tingkat ringan mungkin membutuhkan waktu beberapa ahad untuk sembuh, sementara keseleo yang lebih parah sanggup membutuhkan waktu sampai 2 bulan untuk benar-benar sembuh.


Nah, itu beliau langkah-langkah dalam menangani kaki keseleo yang penting untuk Anda ketahui. Selamat mencoba dan biar bermanfaat!


 


Baca juga:



Konsultasi kesehatan sekarang sanggup eksklusif lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm