Monday, August 27, 2018

√ Ini Ia Cara Meningkatkan Fokus Ketika Bekerja

Meningkatkan fokus dikala bekerja memang bukanlah kasus yang mudah. Namun, Anda bisa coba mulai dengan mencari posisi yang nyaman, menciptakan ruang kerja nyaman, melaksanakan olaharga ringan, istirahat sejenak dan memfokuskan pada satu pekerjaan terlebih dahulu.


Go Dok – Pekerjaan yang menumpuk sering kali justru menciptakan pikiran kita bercabang ke mana-mana. Tak jarang, alih-alih konsentrasi, kantuk yang lebih sering datang. Banyak hal yang menjadi lebih menarik daripada menuntaskan pekerjaan. Kalau dibiarkan terus, bisa gawat!


Berikut cara meningkatkan fokus dikala bekerja!


Cari posisi yang nyaman


Untuk meningkatkan fokus dikala bekerja, sebelum memulai pekerjaan, carilah posisi yang nyaman. Usahakan badan tetap tegak. Sediakan air minum di jangkauan, lantaran kita membutuhkan asupan air yang cukup sehingga tidak gampang lelah atau mengantuk.


Dalam melaksanakan sebuah pekerjaan, otak juga dituntut untuk bekerja. Terlalu banyak mengerjakan sesuatu tanpa menghiraukan kebutuhan minum juga tidak baik bagi konsentrasi dan kondisi tubuh. Akibatnya, badan menjadi gampang lelah dan mengantuk.


Jika sudah tidak betah berlama-lama duduk, berdirilah. Hampiri kolega Anda dan berbincanglah sebentar. Gloria Mark, seorang profesor informatika UCI, mengambarkan bahwa hal tersebut menciptakan badan pekerja lebih rileks.


Buat ruang kerja menyenangkan


Ruang kerja yang nyaman dan menyenangkan sanggup membantu meningkatkanfokus dikala  bekerja. Knight dan Haslam (2010) dalam penelitiannya membandingkan orang-orang yang menuntaskan pekerjaan dalam lingkungan ruang kerja kosong tak berdekorasi, ruang kerja fungsional, ruang kerja berdekorasi flora serta gambar-gambar, dan ruang kerja yang disusun sendiri oleh pekerjanya.


Orang dengan ruang kerja berdekorasi flora dan gambar 17% lebih produktif  dibandingkan orang yang bekerja di ruang kerja kosong tak berdekorasi. DI samping itu, orang yang menyusun sendiri ruang kerjanya terbukti 32% lebih produktif dibandingkan orang yang bekerja dalam ruang kerja fungsional. Buatlah ruang kerja Anda menjadi lebih hidup dan menyenangkan, sehingga meningkatkan semangat untuk bekerja.


Lakukan olahraga ringan


Penelitian Keita Kamijo di Universitas Waseda, Tokyo, menjelaskan bahwa olahraga sederhana terbukti lebih baik daripada olahraga kognitif, dalam jam kerja. Olahraga ringan, ibarat aerobic, mempunyai pengaruh positif yang meningkatkan kemampuan seseorang dalam merencanakan sesuatu, meningkatkan fokus, daya ingat, dan kinerja.


Selain itu, gerakan-gerakan yoga ringan juga bisa menciptakan badan bugar kembali. Pada awalnya, kalau gres pertama kali dilakukan, yoga sanggup meningkatkan degup jantung dan menciptakan otak lebih keras bekerja. Akan tetapi, kalau sering dilakukan, yoga tentu menyehatkan.


Menurut Dr. John Ratey, 80% hingga 90% orang akan lebih bersemangat, tidak gampang lelah, mempunyai lebih banyak energi, dan lebih termotivasi kalau terbiasa berolahraga.


Istirahat


Jika Anda bekerja di depan komputer, alihkan perhatian dari layar selama beberapa dikala untuk mengistirahatkan kedua mata. Namun, hindari beristirahat sembari membuka media umum di ponsel. Rasa ingin tau untuk membuka media umum bisa menjadi tak tertahankan, tetapi, berdasarkan Andreassen, dkk. (2014), terdapat konsekuensi negatif yang timbul dari memakai media umum pada jam kerja. Melawan impian untuk memakai media umum bisa meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.


Tingkat energi, motivasi, dan konsentrasi sanggup naik ketika beristirahat. Anda bisa beristirahat di pagi hari guna memperbarui konsentrasi, ialah dengan melaksanakan acara lain yang disukai. Hal ini sanggup memfasilitasi pemulihan badan dan menghasilkan energi yang lebih baik, serta menciptakan kinerja lebih maksimal.


Beristirahat dan melaksanakan acara yang diinginkan sanggup meningkatkan kesehatan, kepuasan dalam bekerja, pembaruan energi, motivasi, dan tentunya meningkatkan fokus dikala bekerja.


Fokus dengan satu pekerjaan dulu


Pada kenyataannya, multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan dalam suatu waktu bukanlah cara terbaik dalam bekerja. Menurut penelitian, pikiran Anda mempunyai batasan untuk berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya.


Alih-alih memaksa mengerjakan semuanya, dan menghasilkan pekerjaan jawaban yang tidak begitu memuaskan, cobalah mencari cara untuk fokus mengerjakan satu pekerjaan dulu.


Berikan pekerjaan Anda skala prioritas 1 hingga 5. Kerjakan pekerjaan yang mempunyai prioritas nomor 1. Selain itu, kurangi pengalihan yang sanggup membuyarkan fokus. Misalnya, jauhkan ponsel dan tutup tab yang tidak terlalu penting. Cobalah cara ini beberapa kali sehingga menjadi kebiasaan.


Nah, itu ia cara untuk meningkatkan fokus dikala bekerja. Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


 


VL/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm