Saturday, July 14, 2018

√ Jangan Gunakan Gadget Di Waktu-Waktu Ini!

Jangan gunakan gadget pada ketika berkumpul dengan keluarga atau teman. Hal ini akan menjaga bulat sosial Anda tetap baik dan mengurangi risiko kesehatan mental yang dapat terjadi. Terlebih lagi, anak-anak akan cenderung mengikuti kebiasaan ini bila Anda terus menerus bermain gadget.


Go Dok Tak dapat dipungkiri, bahwa gawai elektronik layaknya smartphone, laptop, dan tablet saat ini menjadi hal esensial dalam hidup banyak orang. Anda mungkin saja salah satunya. Pernahkah Anda berselancar di internet hingga berjam-jam tanpa jeda? Atau tak dapat melawan harapan untuk melihat handphone tiap kali gadget ini berbunyi?


Meskipun hal-hal tersebut dapat dikatakan masuk akal dalam keseharian, namun ada kalanya Anda harus benar-benar meninggalkan gadget, demi alasan kesehatan dan sosial.


Karenanya jangan gunakan gadget Anda di waktu-waktu berikut:


1. Setelah berada di depan layar lebih dari 3 jam tanpa jeda


Ya,  meskipun pekerjaan mengharuskan Anda duduk di depan layar komputer dan laptop seharian, namun ada baiknya Anda sesekali mengalihkan pandangan. Pasalnya, mata insan tidak dapat mengikuti keadaan dengan menatap terus menerus pada satu titik selama berjam-jam.


Sebab hal ini dapat mengakibatkan Anda menderita Computer Vision Syndrome , ibarat mata tegang, mata lelah, iritasi, mata merah, dan pandangan mengabur. Anda harus mempunyai jeda setidaknya sehabis 2 -3 jam menatap layar gadget non-stop. Alihkan mata Anda selama 15 – 30 menit, dan jangan gunakan gadget sama sekali di waktu ini.


2. Saat menyetir


Jangan gunakan gadget saat tengah menyetir kendaraan, ini merupakan hal paling esensial. Pasalnya, menggunaan smartphone saat menyetir akan mengalihkan pikiran Anda dari jalanan. David Strayer, seorang profesor bidang Psikologi di University of Utah, menyampaikan bahwa memakai handphone saat menyetir mempunyai imbas yang sama dengan menyetir ketika mabuk.


Selain itu, Anda mempunyai risiko 4 kali lebih besar dalam mengalami kecelakaan bila menelepon ketika menyetir. Berbalas teks singkat ketika menyetir justru meningkatkan risiko ini lebih besar lagi. Karenanya, tinggalkan gadget Anda secara total ketika Anda tengah menyetir, ya!


3. Saat berkumpul bersama sobat dan keluarga


Tahukah Anda, bahwa terlalu sering memakai internet, bahkan hingga 10 jam sehari dapat menciptakan Anda mengalami kemunduran secara sosial? Ya, sosial media dan internet dapat menciptakan Anda kesepian dan tidak punya sobat bila dimainkan terlalu lama.


Bahkan, sebagian orang cenderung mengalami stres dan depresi tanpa disadari. Karenanya, ketika berkumpul dengan sobat dan kerabat dekat, usahakan untuk menjauhkan diri dari gadget. Hal ini akan menjaga bulat sosial Anda tetap baik dan mengurangi risiko kesehatan mental yang dapat terjadi.


Terlebih lagi, bawah umur akan cenderung mengikuti kebiasaan ini bila Anda terus menerus bermain gadget. Hal ini dapat gawat untuk perkembangan sosial si kecil. Jadi, jangan gunakan gadget pada quality time Anda bersama keluarga, ya!


4. Saat berdua dengan pasangan


Apakah Anda jauh lebih sering mengiriminya pesan ketika jauh dibandingkan berbicara eksklusif ketika bertemu? Jika iya, ubahlah kondisi ini. Pasalnya, hal paling menyebalkan ketika tengah berduaan dengan pasangan ialah bila salah satu atau keduanya terus-menerus bermain gadget.


Jangan salah, kebiasaan ini dapat menciptakan hubungan Anda dan si ia retak dan kurang harmonis. Pemakaian gadget memiliki efek besar terhadap kualitas hubungan percintaan Anda, baik dengan pacar, istri, atau suami.


Karenanya, hindari hal ini dan jangan gunakan gadget saat sedang berdua dengan pasangan. Matikan handphone dan bercakap-cakaplah, dengarkan obrolannya, leluconnya, maka kehidupan cinta Anda akan jauh dari kehancuran.


5. Saat akan tidur


Apa Anda tengah menderita insomnia? Sudah menjadi diam-diam umum bahwa terus menerus menatap layar gadget sebelum tidur hanya akan menciptakan Anda lebih susah untuk terlelap. Suatu studi terbaru menyampaikan bahwa paparan cahaya putih-biru dari smartphone dan laptop Anda dapat menginterupsi otak dalam memproduksi hormon melatonin, yang diharapkan badan untuk mengatur waktu tidur.


 Artinya, Anda akan lebih susah tidur dan berakhir dengan begadang. Jika hal ini berlanjut, kemungkinan besar jam alami badan akan terganggu. Karenanya, jangan gunakan gadget setidaknya satu jam sebelum Anda tidur. Hal ini dapat membantu Anda tidur lebih cepat, dan jauh lebih nyenyak.


Nah, itu ia 5 waktu-waktu penting di mana Anda harus menghindari bermain gadget. Semoga bermanfaat, dan mulai dari kini jangan memakai gadget di waktu yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm