Tuesday, August 14, 2018

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub

Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh daratan. Proses terjadinya danaupun berbeda-beda, ada yang terjadi lantaran acara gunung berapi (danau Vulkanik), ada yang terjadi akhir pencairan es (danau Glasial), ada yang terjadi lantaran terbendung air sungai oleh pedoman lava ketika erupsi terjadi (danau bendungan alami), ada yang terjadi lantaran penurunan muka bumi (danau Tektonik) dan ada juga yang terjadi lantaran acara insan (danau buatan). 


Di Indonesia sendiri, danau terbesar yakni danau Toba yang terbentuk lantaran acara gunung berapi, dimana luas danau Toba yakni 1.130 km2. Namun kalau kita menengok ke belahan dunia lainnya, ternyata ada lho danau yang beribu-ribu kali lebih besar daripada danau Toba. Bukan hanya luasnya saja yang akan menciptakan kaluan takjub, namun danau-danau terbesar didunia ini juga akan membuatmu terpana akan keindahan pemandangan sekitarnya. Nah ingin tau menyerupai apa penampakan dari danau-danau terbesar didunia ini? Langsung saja cek ulasannya berikut ini!


1. Caspian Sea – 394.299 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


Di gugusan pertama daftar danau terbesar didunia ditempati oleh Caspian Sea atau Laut Kaspian yang terletak di antara Eropa dan Asia, sebelah barat-daya Pegunungan Ural. Kenapa dikatakan laut? Itu lantaran Caspian Sea merupakan danau yang berciri-ciri menyerupai laut, lembap asin dan sangat luas, serta dikelilingi daratan berpasir menyerupai halnya pesisir pantai. Danau ini sesungguhnya yakni tubuh air di daratan yang tertutup, dengan total luas permukaan 394.299 km2 dengan pecahan terdalam kurang-lebih 1.025 meter dan ketinggian 28 mdpl. Selain itu danau Kaspian juga menjadi muara dari tiga sungai, yakni Sungai Ural, Sungai Terek, dan Sungai Volga.


Sebagai danau terbesar didunia, danau ini membentang hingga ke 5 negara guys, diantaranya yakni Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan dan Iran. Ke 5 negara tersebut, menyebarkan atas kepemilikan dan pengelolaan danau Kaspian ini. Saking luasnya danau ini, kau harus terbang ke luar angkasa untuk melihat bentuk keseluruhan dari danau ini guys! Selain lantaran keluasannya, danau ini juga mempunyai pemandangan yang menakjubkan layaknya pantai. Kamu bisa berenang hingga berjemur di danau ini.


2. Danau Superior – 82,100 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


Danau terbesar kedua didunia yakni danau Superior. Danau Superior yakni danau jenis Glasial yang terletak di dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Bagian yang terletak di Kanada, terdapat di Ontario, sedangkan pecahan yang ada di Amerika Serikat terdapat di wilayah Minnesota, Wisconsin dan Michigan. Sebagai danau air tawar, Danau Superior ini diklaim sebagai danau air tawar terbesar didunia dengan luas hingga 82,100 km2, dengan pecahan terdalam 406.3 m


Selain mempunyai wilayah perairan yang sangat luas, sesungguhnya ada satu hal lain yang mengakibatkan danau ini sangat unik dibandingkan danau lainnya di Amerika Utara. Dari sisi Amerika, danau Superior diketahui mempunyai ombak yang ketinggiannya sanggup mencapai maksimal 9 meter. Namun untuk ketinggian ombak yang biasa muncul rata-rata yakni 2 meter. Ombak besar tersebut sanggup terjadi di danau lantaran ada angin ribut yang bertiup terus menerus di sekitarnya. Tentu saja danau ini seolah menjadi nirwana untuk siapapun yang gemar melaksanakan surfing.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



3. Danau Victoria – 69.485 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


Selanjutnya ada danau Victoria guys! Danau ini merupakan perairan air tawar terbesar kedua didunia luas luas mencapai 69.485 km2. Danau Victoria atau Victoria Nyanza yakni Danau Terbesar di Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan sesudah Danau Superior. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di pecahan barat Great Rift Valley Afrika dan terletak di tiga negara di Benua Afrika yang sekaligus menjadi perbatasan negara-negara tersebut, yakni Tanzania, Kenya dan Uganda. Akses keluar utama air danau ini yakni Sungai Nil yang mengalir sepanjang 6,853 kilometer dan bermuara di Laut Tengah.


Danau ini populer sebagai danau yang indah lantaran airnya berwarna biru menyerupai air laut. Jika melihat airnya meskipun biru namun air pada Danau Victoria tidaklah asin. Selain itu, meski hanya sebatas danau di tengah daratan, namun Victoria mempunyai tak kurang dari 3 ribu pulau tak berpenghuni dan rumah bagi 80 pulau kecil yang mengapung di tengahnya dan mempunyai kekayaan hutan. Misalnya di Pulau Bugala yang berhutan alami bisa menghasilkan kelapa sawit, atau Pulau Migingo penghasil ikan Nile Perch. Karena kekayaan alam inilah pulau yang luasnya hanya setengah lapangan bola tersebut menjadi pulau terpadat di dunia, lantaran dihuni sekitar 1000 penduduk.


4. Danau Huron – 59.596 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : www.northernontario.travel


Danau ini terletak pada dua negara di Amerika Utara yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Sebagai salah satu dari Great Lakes di Amerika Utara, Danau Huron juga menempati peringkat 4 danau terluas di dunia. Luas area danau ini yakni 59.596 kilometer persegi dengan kedalaman 229 meter. Di tengah danau ini terdapat Pulau Manitoulin yang menjadi pulau dalam danau terbesar di dunia. Uniknya, ternyata di tengah pulau Manitoulin juga terdapat danau, yang diberi nama danau Manitou, dengan luas 41 mil persegi, dan di tengah danau Manitou itu masih terdapat beberapa buah pulau lagi yang berukuran lebih kecil.


Karena danau Huron ini menyebrangi 2 negara besar yaitu Amerika Serikat dan juga Kanada seringkali dimanfaatkan sebagai jalur penyebrangan dan juga jalur untuk membawa produk impor dan expor menyerupai bijih besi. Sebenarnya Danau Huron merupakan pecahan dari danau besar Superior. Dimana Danau ini membatasi beberapa provinsi menyerupai Kanada, AS Michigan dan juga kota kecil menyerupai Ontario dan Sarnia. Keunikan lainnya yakni Danau Huron mengalirkan air ke sungai kemudian eksklusif ke Samudera.


5. Danau Michigan – 58.016 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : http://sakilansari.me


Danau Michigan merupakan salah satu danau besar yang populer di Amerika Serikat. Luasnya tidak jauh dari Danau Huron yaitu 58.016 km2 dengan panjang 494 km dan juga kedalaman maksimum cukup menakutkan yaitu 281 meter. Danau ini merupakan danau terbesar ke – 5 di dunia yang berbentuk U dan dikelilingi banyak daratan. Warna air pada danau biru sehingga seringkali dianggap laut. Danau ini terletak sepenuhnya di Amerika Serikat, bahkan, danau ini merupakan yang terbesar di antara semua danau yang ada dalam 1 negara.


Cekungan Danau Michigan bersatu dengan cekungan Danau Huron di sebelah timur. Seperti kebanyakan danau-danau di Amerika Utara, Danau Michigan dibuat oleh pergerakan glasial, dan terhubung ke lautan dengan cara saluran air dan akses buatan manusia, menyerupai akses Saint Lawrence dan Great Lakes. Danau Michigan dibatasi oleh beberapa negara di Amerika Serikat menyerupai Michigan, Indiana, Illinois, dan juga Chicago.


6. Danau Tanganyika – 32.893 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : http://floatingclinic.org/


Danau Tanganyika termasuk danau besar di Afrika dengan luas sebesar 32.893 kilometer persegi. Dengan kedalaman 1.470 meter, Tanganyika Lake juga menjadi danau terdalam kedua di dunia. Wilayah danau ini berada di empat negara Afrika yaitu Burundi, Tanzania, Zambia dan Republik Demokratik Kongo. Sebagai danau air tawar terpanjang di dunia, Danau Tanganyika terletak di tengah dataran tinggi Afrika, dengan arus masuk dari Sungai Ruzizi, Kalamboo, dan Malagarai. Danau ini merupakan danau yang relatif panjang dan sempit dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Pemandangan sekitarnyapun sangat memanjakan mata.


7. Danau Baikal – 32.893 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : www.56thparallel.com


Danau Baikal atau juga dikenal dengan Mata Biru Siberia dan Laut Suci yakni danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia.


Danau ini berada di utara perbatasan Mongolia di wilayah selatan Siberia. Selain itu danau ini juga berbatasan dengan beberapa negara besar menyerupai Republik Rusia, Buryatia dan Irkutsk Oblast. Dengan luas 32.893 km2, danau Baikal mempunyai kedalaman paling cekung di dunia yaitu1.637 meter, Baikal Lake juga menjadi danau terdalam di dunia. Selain itu danau ini menjadi danau terderas di dunia menurut volume airnya.


Danau Baikal menunjukkan air yang higienis dan juga menjadi danau air tawar es terbesar yang ada di dunia. Air danau Baikal sangat jernih dan juga sangat biru lantaran dalam. Danau Baikal juga dinobatkan sebagai danau tertua di Bumi yang sudah ada semenjak 25 juta tahun yang lalu.


Danau Baikal disebut “Galapagos Rusia” lantaran terisolasi dari insan dan umurnya yang renta telah menjadikannya sebagai rumah bagi beberapa fauna air tawar yang paling bermacam-macam dan langka di dunia. Cekungan danau ini seluruhnya terletak di Rusia, dan sumber utama arus masuknya yakni Sungai Barguzin, Selenge dan Upper Angara.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



8. Danau Great Bear – 31.080 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : m.yandex.ru


Danau terbesar didunia selanjutnya yakni Danau Great Bear. Danau ini berada di 200 km selatan Lingkaran Kutub Utara di pecahan Barat Laut Kanada. Danau indah ini masuk kedalam danau terbesar keempat yang ada di Amerika Utara dan terbesar ke 8 yang ada di dunia. Dengan luasan 31.080 km². Great Bear Lake juga mempunyai panjang 320 km dengan kedalaman danau 446 meter. Sesuai dengan areanya, danau ini terbentuk lantaran glasial atau cekungan es dengan kedalaman rata-rata 71,7 m. Danau ini mempunyai 26 pulau di dalamnya yang meliputi area campuran seluas 759,3 km². Arus utama Great Bear’s yakni Sungai Great Bear River. Air di danau ini mempunyai suhu yang cukup rendah bahkan ketika demam isu masbodoh makhluk hidup yang ada disekitarnya tidak bisa bertahan lantaran tidak tahan dengan suhu dinginnya.


9. Danau Malawi – 30.044 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : www.hiamag.com


Danau Malawi juga disebut sebagai Lago Niassa di Mozambik dan Danau Nyasa di Tanzania, yakni sebuah danau di Afrika yang sangat menakjubkan. Tanzania, Mozambik, dan Malawi merupakan negara-negara yang masuk dalam lembah danau ini, dan merupakan danau paling selatan di dalam sistem “East African Rift Lake”.


Danau ini mempunyai pemandangan yang luar biasa indah dan airnya berwarna biru layaknya air laut. Danau ini mempunyai pemandangan dan cekungan yang menakjubkan dan terletak disekitar Tanzania, Mozambik dan Malawi. Dengan luasan 30,044 km2 Danau Malawi menjadi danau terluas atau terbesar ke-9 yang ada di dunia. Namun dalam Danau Malawi masuk kedalam danau meromictic, dimana danau dengan permukaan dan lapisan pecahan dalam tidak bercampur. Selain itu danau ini juga populer sebagai danau dengan spesies ikan terbanyak di dunia, hampir 1.000 spesies cichlid sanggup ditemukan di danau ini.


10. Danau Great Slave – 28.930 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : kknews.cc


Danau Great Slave menjadi danau terluas kesepuluh di dunia yang terletak di Kanada. Luas dari Great Slave Lake yakni sebesar 28.930 km2. Dengan kedalamannya yang mencapai 614 meter, danau ini menjadi danau terdalam di Amerika Utara. Seperti danau kebanyakan di Amerika, Danau Great Slave merupakan danau air tawar yang dikelilingi oleh aneka macam tanaman liar dan rimbun. Namun di beberapa titik air mengalir ke sungai dan juga rawa dimana kau bisa menemukan banyak binatang buas menyerupai buaya, ular dan sejenisnya. Danau ini terletak di Wilayah Barat Laut Kanada. Untuk pedoman air, Sungai Hay menjadi sungai utama yang mendapatkan pasokan air dari Great Slave Lake. Selain itu, danau Great Slave terletak jauh di Utara pada ketinggian sekitar 156 meter menciptakan permukaan Danau Great Slave membeku sepanjang tahun.


11. Danau Erie – 25.719 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : www.watercanada.net


Danau Erie merupakan salah satu danau paling dangkal di antara sejumlah danau besar di Amerika Utara. Kedalaman maksimum dari danau ini saja hanya 64 meter. Namun, danau ini mempunyai luas yang sangat luar biasa yaitu 25.719 km2. Makara tak heran kalau danau Erie ini menduduki peringkat 11 sebagai danau terbesar di dunia. Danau Erie ialah pecahan perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Jika dilihat dari keatasa, danau Erie sangatlah indah dengan warna iar yang hijau condong ke biru. Namun, Danau Erie termasuk salah satu danau dengan gelombang yang sangat dahsyat lantaran disebabkan oleh permukaannya yang dangkal. Hal ini sanggup mengakibatkan kondisi danau berubah-ubah secara drastis hanya dalam beberapa menit. Saking ganas dan besarnya ombak, suku orisinil setempat memberi nama danau tersebut sebagai ‘Erige’ yang artinya kucing.


12. Danau Winnipeg – 23.553 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : www.winnipegfreepress.com


Danau Winnipeg merupakan danau terbesar didunia selanjutnya dengan luas mencapai 23.553 km2. Danau ini terletak di Amerika Utara pecahan tengah, di provinsi Manitoba, Kanada, dengan ujung selatan sekitar 55 kilometres (34 mi) di utara kota Winnipeg. Danau ini merupakan danau air tawar terbesar ketiga yang sepenuhnya ada di Kanada. Namun danau ini relatif dangkal lantaran kedalaman makshimumnya hanya 62 m. Sisi timur danau mempunyai hutan boreal murni dan sungai-sungai yang sedang dipromosikan sebagai United Nations World Heritage Park potensial. Uniknya lagi danau ini mempunyai pemandangan yang menakjubkan dengan adanya pantai terpencil berpasir, tebing kapur yang besar, dan banyak gua-gua kelelawar di beberapa daerah. Manitoba Hydro memakai danau ini sebagai salah satu reservoir terbesar di dunia. Ada banyak pulau, sebagian besar dari mereka belum berkembang.


13. Danau Ontario – 19.477 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : http://justfunfacts.com


Masih terletak di Amerika Serikat, Danau Ontario juga merupakan salah satu danau besar di Amerika Utara yang paling sempit. Danau Ontario mempunyai arti “danau yang bersinar”. Danau ini mempunyai luas sekitar 19.477 km2. Pelabuhan utamanya yakni Hamilton dan Toronto, Ontario. Danau ini satu-satunya Danau Besar yang tidak beku selama demam isu dingin. Danau Ontario yakni rumah dan sumber air minum untuk 9 juta orang yang tinggal di Ontario, Kanada dan Negara Bagian New York, AS. Pasokan utama air dalam danau Ontario ini dialiri oleh Air Terjun Niagara.


14. Danau Balkhash – 18.428 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : kapital.kz


Danau terbesar didunia selanjutnya yakni Danau Balkhash. Danau yang luasnya mencapai 18.428 km2 ini berlokasi di negara Kazakhstan. Danau ini menjadi danau terbesar di Kazakhstan. Sungai Lili menjadi sungai utama yang airnya mengalir ke danau Balkhash. Selain lantaran luasnya yang menakjubkan, ada juga lho keunikan lain dari danau ini yang bisa menciptakan kau merasa takjub. Pasalnya danau bagus ini terbagi oleh dua selat yang mana dibagian Barat, air danau akan terasa tawar, namun disebelah Timur air danau bermetamorfosis asin.


15. Danau Ladoga – 18.130 km2


Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh d Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub


photo via : http://russiangeography.com


Danau Ladoga yakni danau paling luas di Eropa. Danau yang mempunyai luas 18.130 km2 ini juga merupakan danau air tawar terluas ke-15 di dunia. Danau Ladoga terletak di negara Rusia dan Finlandia, tepatnya diantara Oblast Leningrad dan Republik Karelia. Air danaunya berasal dari pedoman Sungai Svir, Sungai Volkhov dan Sungai Vuoksi. Terdapat sekitar 660 pulau di tengah danau Lagoda. Pulau- pulau tersebut dikenal dengan kepulauan Valaam, Kilpola dan Konevets yang terletak di pecahan barat laut. Terkenal dengan pemandangannya yang indah danau ini juga populer lantaran binatang khas danau yang sangat menggemaskan yakni anjing bahari air tawar yang bisa dilihat kalau kau mengunjungi danau ini.


Nah itulah 15 daftar danau terbesar di dunia yang bisa menciptakan takjub! Bagaimana guys? Berniat mengunjungi danau-danau ini untuk berselfie ria?


 



Sumber http://blogunik.com