Saturday, July 7, 2018

Pengertian Dan Perbedaan Antara Linux Dan Unix

Sistem operasi di dunia ini bukan hanya milik Windows saja, ada beberapa sistem operasi yang dipakai oleh banyak pengguna dan telah menjadi bab dari dunia teknologi gosip dikala ini. Sistem operasi intinya ialah kegiatan yang tak terpisahkan yang mempunyai kegunaan untuk mengatur komputer biar berjalan sebagaimana mestinya. Windows ialah salah satunya, namun ada sistem operasi lain yang keberadaannya ada dan eksis dikala ini berjulukan LINUX dan UNIX, mungkin bagi anda gres mendengar namun bagi orang yang memahami dunia IT hal ini sudah tidak absurd bagi mereka.


Dalam goresan pena kami kali ini akan membahas kedua sistem operasi tersebut, pengertian dan perbedaannya alasannya ialah kedu sistem operasi ini masing – masing mempunyai ciri khas sendiri. Meski begitu keduanya juga mempunyai beberapa persamaan alasannya ialah mempunyai relasi dalam pengembangan sekitar tahun 80-90 an.


Pengertian Sistem Operasi LINUX


Mungkin sebagian orang familiar dengan sistem operasi ini, apalagi bagi mereka yang berkecimpung di dunia jaringan dan desktop. LINUX ialah sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh seorang mahasiswa Finlandia berjulukan Linus Torvalds pada 1991. Pada awalnya sistem operasi ini dipakai Linus untuk mengakses server di kampusnya yang berbasis UNIX, oleh alasannya ialah itu LINUX dikembangkan dari kloningan UNIX yang berjulukan MINIX, sehingga ada persamaan diantara keduanya.


LINUX muncul sesudah UNIX diluncurkan pada 70-80an sehingga bertipe “UNIX like”, sistem operasi ini juga sanggup mengakses server menyerupai UNIX. Akan tetapi pada pengembangan hingga kini sistem operasi ini mempunyai sifat open source, yang mana sanggup dikembangkan dan didapatkan secara gratis tanpa membayar menyerupai sistem operasi Windows. Sehingga LINUX mempunyai banyak varian (disebut distro) yang bermacam – macam, mulai dari Ubuntu, Fedora, SuSe, Redhat, dan masih banyak lagi. Selain itu pada LINUX terdapat banyak software pendukung yang sanggup melaksanakan pekerjaan personal menyerupai pengolah kata, gambar, dan multimedia.


Pengertian Sistem Operasi UNIX


Sudah disinggung pada pengertian LINUX tadi, bahwa UNIX ialah sistem operasi pendahulu UNIX yang muncul pada tahun 70-80an. UNIX ialah sistem operasi yang dikembangkan di AT&T Bell Labs, oleh dua orang programmer berjulukan Ken Thompson dan Dennis Ritchie memakai bahasa pemrograman C. UNIX ialah sistem operasi yang dirancang untuk sanggup melaksanakan beberapa kiprah menyerupai multiuser, multitasking, dan bersifat portable.


Baca juga : Cara merubah ekstensi file di wondows


UNIX mempunyai kemampuan untuk menangani dilema jaringan yang kompleks dan server, serta workstation sehingga kebanyakan pemakaian UNIX dipakai untuk hal tersebut. Selain itu UNIX juga sanggup dipakai pada mainframe dan superkomputer, berbeda dengan LINUX yang hanya bisa di komputer desktop biasa atau server berukuran kecil.


Sistem operasi di dunia ini bukan hanya milik Windows saja Pengertian dan Perbedaan Antara LINUX dan UNIX


Perbedaan Antara LINUX dan UNIX


Dari klarifikasi di atas, kami rangkum beberapa perbedaan antara kedua sistem operasi tersebut dalam poin – poin berikut.



  • UNIX diperuntukkan untuk komputer skala besar menyerupai Mainframe, superkomputer, dan Server. Sedangkan LINUX sanggup dipakai untuk komputer Desktop meski sanggup menangani server

  • LINUX bersifat gratis dan open source, UNIX bersifat berbayar atau mempunyai lisensi

  • UNIX sanggup dikembangkan menjadi banyak varian dan lebih kompatibel, LINUX meski varian banyak namun mengarah pada jenis yang sama

  • Perhitungan UNIX lebih kompleks dibandingkan LINUX alasannya ialah penggunaannya untuk superkomputer dan mainframe yang spesifikasinya lebih tinggi dibanding komputer biasa

  • User interface LINUX lebih baik (user friendly) dibanding UNIX

  • Ketersediaan software pendukung di LINUX lebih banyak dibandingkan pada UNIX


Demikian pembahasan dari kami mengenai pengertian dan perbedaan antara LINUX dan UNIX. Semoga artikel diatas bisa memperlihatkan gosip serta wawasan mengenai kedua sistem operasi tersebut.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com