Thursday, July 19, 2018

Inilah Perbedaan Antara Hub Dan Switch Pada Jaringan Komputer

Perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer merupakan gosip yang perlu untuk diketahui. Di dalam sebuah perangkat komputer ada sebuah istilah yang dinamakan dengan hub serta switch. Jika dilihat melalui bentuknya kedua perangkat ini mempunyai kesamaan akan tetapi kalau dilihat dari kinerjanya jauh berbeda. Banyak orang yang e=menyamakan antara kedua hal ini dikarenakan kalau dilihat memang mempunyai kesamaan. Begitu pula dengan aku ketika belum mengenal antara hub dan switch juga sering menyamakan diantara keduanya. Akan tetapi ketika aku bertanya kepada orang yang lebih memahami hal ini ternyata keduanya sangatlah berbeda. Sebelum aku membahas mengenai apa saja perbedaan hub dan switch dalam komputer ada baiknya kita membahas mengenai apa itu hub serta apa itu switch.


Hub merupakan perangkat jaringan yang mempunyai kiprah untuk mengirimkan paket data ke seluruh port yang sudah terhubung ke hub hingga paket data tersebut hingga pada tujuannya. Sedangkan switch merupakan jaringan yang mempunyai kiprah untuk membuatkan paket data secara pribadi hingga hingga pada tujuan antara satu komputer dalam sebuah jaringan dan mempunyai fungsi untuk mengenali jenis tipologi jaringan antar satu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan dan mempunyai fungsi untuk mengenali jenis tipologi jaringan dalam, layer osi. Melihat uraian tersebut terperinci kalau hub dan switch mempunyai perbedaan meskipun secara fungsi mempunyai kesamaan yakni sama-sama berfungsi untuk mengirimkan paket data. Berawal dari perbedaan ini mari kita lihat perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer secara lengkap.


Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer


Perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer Inilah Perbedaan Antara Hub dan Switch Pada Jaringan Komputer




  1. Perbedaan kecepatan transfer data




Switch mempunyai kecepatan transfer data yang lebih baik kalau dibandingkan dengan hub. Dengan demikian maka ketika ini banyak orang yang menentukan menggunakan jaringan switch. Selain itu switch bisa melaksanakan prioritas transmisi atau perpindahan data dari mac address yang akan dituju. Dengan demikian maka siwtch bisa mentransfer paket data yang lebih cepat kalau daripada hub yang mana hub hanya bisa membuatkan paket data ke semua komputer yang sudah terhubung jaringannya.




  1. Perbedaan harga antara Switch dan Hub




Jika dibandingkan harganya hub mempunyai harga yang lebih terjangkau kalau dibandingkan dengan switch. Hal ini dikarenakan fungsi dari hub serta switch memang berbeda. switch memperlihatkan fungsi keamanan yang lebih kalau dibandingkan dengan Hub.




  1. Perbedaan Sistem Transmisi




Dalam mentransfer paket data ternyata switch hanya mentransfer paket data sesuai dengan seruan komputer. Sehingga hub akan mentransfer paket data ke semua komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut.




  1. Segi Keamanan




Jika dilihat dari segi keamanannya hub mempunyai tingkat keamanan yang lebih rendah kalau dibandingkan dengan switch. Switc telah menggunakan sistem seleksi ada komputer yang sudah terhubung dengannya berupa MAC address. Dengan adanya hal ini memungkinkan ketika MAC Address yang sanggup mendatangkan problem pada jaringan akan diblok oleh Switch.




  1. Perbedaan Pengaturan Jaringan




Hubungan tidak bisa melaksanakan pengaturan perangkat yang sudah terhubung ke jaringan. Berbeda dengan Switch yang bisa di setting sehingga bisa melaksanakan blokir pada komputer atau mac address yang bisa mengganggu transmisi data. Ketika menggunakan switch pada jaringan kecil menyerupai di rumah ternyata tidak memerlukan pengaturan yang ribet dimana hanya perlu menyolok kabel LAN ke dalam Switch. Bagi jaringan yang lebih kecil di kantor atau warnet biasanya memerlukan managed switch yang diatur dengan menciptakan virtual LAN atau VLAN guna mengatur kecepatan port, host, filter mac address dan banyak sekali hal lainnya.




  1. Beban Kinerja pada Jaringan




Hub mempunyai beban kinerja yang lebih ringan kalau dibandingkan dengan switch yang mempunyai hub kinerja yang lebih kompleks.


Itulah beberapa perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer. Setelah anda mengetahui perbedaan antara keduanya silahkan anda pilih untuk menggunakan hub atau switch. Sekian gosip yang bisa aku berikan supaya uraian singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua hingga jumpa pada gosip menarik berikutnya. Sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com