Thursday, July 12, 2018

√ Imbas Jelek Terlalu Banyak Mengonsumsi Es Teh Manis

Terlalu banyak  mengonsumsi es teh  manis ternyata jelek bagi kesehatan ginjal. Es teh intinya sarat akan kandungan oxalic acid. Saat kandungan asam ini diserap tubuh dalam jumlah yang berlebih, maka akan mengendap di dalam ginjal  dan mengganggu kinerja ginjal dalam membuang kotoran dari darah.  


Go DokHarus diakui, bahwa sampai ketika ini es teh anggun masih menjadi minuman segar terfavorit baik bagi genarasi tradisional maupun generasi milenial. Harganya yang relatif murah, manisnya yang menyegarkan, serta es kerikil yang meredakan haus menciptakan kepopuleran es teh tak tergoyahkan lagi.


Tak jarang, Anda mengonsumsi es teh anggun sebagai minuman pendamping sarapan, makan siang, sampai makan malam. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak mengonsumsi es teh manis bisa berdampak jelek bagi kesehatan?


Berikut adalah dampak jelek terlalu banyak mengonsumsi es teh manis!


 Es teh dan gangguan ginjal


Teh diketahui mempunyai bermacam-macam manfaat sehat, mulai dari menurunkan risiko terkena kanker, gangguan jantung, osteoporosis, hipertensi, sampai membantu menurunkan berat badan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi es teh anggun juga ternyata jelek bagi kesehatan ginjal Anda.


Dilaporkan dari Central Arkansas Veterans Healthcare System, bahwa seorang laki-laki dari Arkansas mengalami gagal ginjal akhir mengonsumsi 16 gelas es teh dalam sehari. Scott Youngquist, MD., seorang doter di University of Utah Health menjelaskan bahwa es teh intinya sarat akan kandungan oxalic acid.


Nah, ketika kandungan asam ini diserap tubuh dalam jumlah yang berlebih, maka akan mengendap di dalam ginjal Anda dan mengganggu kinerja ginjal dalam membuang kotoran dari darah Anda.  Hasilnya, ginjal Anda akan gagal berfungsi dengan baik.


Dehidrasi


Dilansir dari WebMd, meskipun teh memang mempunyai banyak manfaat sehat, namun beberapa jenis teh juga mengandung kafein di dalamnya. Terlalu banyak mengonsumsi es teh anggun mengakibatkan tubuh menyerap kafein dalam jumlah banyak, dan sanggup berujung pada dehidrasi.


Diabetes


Sudah menjadi diam-diam umum, bahwa di Indonesia, es teh anggun dibentuk dengan menambahkan gula sampai terlalu banyak. Banyak rumah makan dan warung makan yang bahkan memberi 2 -3 sdm gula pada es teh buatannya.


Tentu Anda tahu, bahwa konsumsi gula yang berlebih sanggup berujung pada penyait diabetes. Semakin banyak es teh anggun yang Anda minum, semakin banyak pula gula dan aksesori buatan yang masuk ke dalam tubuh.


Karenanya, risiko terkena diabetes akan semakin tinggi pada para penggemar es teh anggun yang mengonsumsinya terlalu berlebihan ( 4-5 gelas dalam sehari).


Obesitas


Tak banyak yang tahu, bahwa selain mengakibatkan diabetes, terlalu banyak asupan gula ke dalam tubuh juga sanggup menciptakan Anda menderita obesitas. Tambahan gula yang terlalu banyak pada segelas es teh juga sanggup berkontribusi pada buncitnya perut Anda.


Stroke


Lagi-lagi, terlalu banyak asupan gula dari beberapa gelas es teh dalam sehari sanggup membahayakan kesehatan. Kali ini terkait dengan penyakit stroke. Ya, asupan gula yang berlebihan sanggup meningkatkan kadar trygliserida di dalam tubuh Anda, dan hal ini sanggup berujung pada meningkatnya risiko Anda dalam terkena stroke.


Gangguan kesehatan kardiovaskular


Siapa sangka bahwa terlalu banyak mengonsumsi es teh anggun sanggup mengakibatkan problem kesehatan pada jantung? Teh mengandung kafein, yang jikalau dikonsumsi terlalu banyak sanggup mengakibatkan detak jantung yang tidak beraturan. Pada akhirnya, hal ini sanggup mengganggu kinerja jantung Anda.


Migrain dan kembung


Kali ini bukan gula atau teh yang jadi penyebabnya, melainkan es kerikil yang ditambahkan pada minuman ini. Ya, terlalu banyak dan terlalu cepat meminum air cuek sanggup menciptakan Anda mengalami migrain.


Anda yang memang pernah menderita migrain sebelumnya justru lebih rentan terhadap hal ini. Tak hanya itu, terlalu banyak meminum air cuek juga sanggup mengganggu kinerja pencernaan Anda, dan menciptakan perut lebih cepat kembung.


Gangguan pencernaan


Kandungan kafein di dalam teh, jikalau dikonsumsi terlalu banyak, sanggup meningkatkan risiko Anda terkena diare. Tak hanya itu, kafein juga sanggup memperburuk tanda-tanda IBS (irritable bowel syndrome) serta menciptakan Anda BAB lebih sering dibandingkan biasanya.


Gangguan perembesan zat besi


Ya, kandungan tannin di dalam teh sanggup mengganggu jalannya perembesan zat besi ke dalam tubuh Anda, jikalau dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Hal ini akan memperburuk gejala anemia pada Anda yang mempunyai penyakit tersebut.


Bahaya bagi ibu hamil dan menyusui


Jika Anda tengah hamil atau menyusui, minum es teh dalam kadar normal (tidak lebih dari 3 gelas sehari) tergolong aman. Namun, jikalau lebih dari itu, kandungan kafein dalam es teh sanggup meningkatkan risiko keguguran dan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Efek negatif lainnya termasuk berat tubuh rendah pada bayi ketika kelahirannya.


Nah, itu beliau bermacam-macam ancaman yang sanggup Anda alami jikalau terlalu banyak mengonsumsi es teh manis dalam sehari. Karenanya, bijaksanalah dan batasi konsumsi es teh Anda hanya 2 – 3 gelas dalam sehari, ya! Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm