Sunday, July 8, 2018

Cara Merubah Ekstensi File (File Ekstension) Di Microsoft Windows

Dalam Windows banyak jenis file yang sanggup diakses oleh pengguna, cara merubah ekstensi file baik itu file pribadi maupun file sistem. Masing – masing Jenis file tersebut dibedakan dengan memakai sebuah huruf biar menjadi pembeda dan ciri masing – masing file, huruf ini disebut dengan file ekstension. File ekstension yaitu penanda sebuah file dengan tujuan pengguna sanggup mengenali jenis file atau warta dari file tersebut. Ekstensi file biasanya sanggup dilihat di kepingan simpulan nama file dengan awalan titik (.) dan diteruskan dengan jenis file tersebut. Contoh contohnya file tersebut berupa gambar biasanya diberi nama Gambar.jpg, .jpg adalah ekstensi dari file tersebut yang menunjukan bahwa file tersebut berupa gambar yang sanggup diakses pengguna dengan aplikasi pengolah gambar.


Secara Default dari Windows, keberadaan file ekstension ini tidak ditampilkan. File hanya ditampilkan nama saja oleh Windows dan ekstensi biasanya sanggup dilihat di properties dari file tersebut. File ekstension sendiri sanggup diubah sesuai kebutuhan pengguna, file ekstension sanggup dirubah kalau ada alasan tertentu atau kondisi yang memungkinkan untuk melaksanakan perubahan. Terdapat cara yang sanggup dilakukan pengguna untuk merubah ekstensi file di Microsoft Windows, melalui goresan pena ini kami akan membahas hal tersebut.


Cara Merubah Ekstensi File


Dalam Windows banyak jenis file yang sanggup diakses oleh pengguna Cara Merubah Ekstensi File (File Ekstension) di Microsoft Windows


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merubah file ekstension, pastikan bahwa file ekstension di Windows telah terlihat dengan melaksanakan pengaturan pada Windows Ekplorer sebagai berikut.



  • Pada Windows Eksplorer untuk Windows 8, 8.1, 10 pada tab view, cek pada pilihan file ekstension untuk menampilkan file ekstension secara otomatis.

  • Pada Windows Eksplorer untuk Windows 7 Ke atas pilih sajian file >> folder options, kemudian pada tab view hilangkan cek pada “Hide ekstension for known file types”, kemudian Klik OK.


Jika langkah tersebut telah dilakukan, anda sanggup eksklusif merubah file ekstension dengan cara sebagai berikut.



  • Pada Windows Eksplorer, pilih file yang akan diubah ekstensinya, contohnya file “Gambar.jpg”

  • Klik kanan file kemudian pilih rename, atau sanggup tekan tombol F2 untuk melaksanakan rename

  • Rename ekstensi file yang akan diubah tadi, contohnya “Gambar.jpg” menjadi “Gambar.png”

  • Jika ada obrolan konfirmasi rename file, klik yes

  • File berhasil dirubah ekstensinya sesuai dengan yang diinginkan, anda sanggup lakukan cek file tersebut dengan membukanya atau melihat properties nya


Tidak Semua File Bisa Diubah File Ekstension


Perlu diperhatikan bagi anda, tidak semua file sanggup dilakukan perubahan ekstensi begitu saja dengan metode melaksanakan rename. Ada beberapa alasan yang mendasari sebab kalau file yang dirubah ekstensinya sanggup saja menciptakan sistem operasi galau untuk memproses file tersebut, contohnya anda merubah file kegiatan (.exe) menjadi file gambar (.jpg) maka saat file tersebut dibuka maka tidak akan muncul apapun pada software pengolah gambar sebab intinya file tersebut bukanlah gambar murni.


Baca juga : Cara mengatasi bunyi laptop yang tiba-tiba hilang


Keberadaan file ekstension juga sebaiknya dibiarkan begitu saja tanpa seharusnya dirubah oleh pengguna. Akan tetapi ada beberapa jenis file yang sanggup dirubah ekstensinya, contohnya file teks (.txt) menjadi file HTML (.html) yang sanggup dibuka di web browser. Jika anda ingin merubah file ekstension dengan benar maka sebaiknya memakai software yang sanggup melaksanakan hal tersebut terlebih dahulu, contohnya merubah JPG ke PNG sanggup dilakukan dengan software pengolah gambar menyerupai Microsoft Paint atau Adobe Photoshop.


Demikian artikel kami mengenai cara merubah ekstensi file di Microsoft Windows, kami sarankan hati – hati dalam merubah ekstensi file biar file tetap sanggup diakses oleh anda. Semoga goresan pena kami bermanfaat dan menjadi materi warta bagi anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com